Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan membahas Membuat Motor Kencang Tanpa Bore Up . Sebenernya kalo lo mau bikin motor lo jadi kencang
banyak yang harus lo rubah tetapi gw disini coba menjelaskannya secara
simple and gak banyak robahan pada tunggangan standar lo bro…!
Membuat Motor Kencang Tanpa Bore Up. Kalo gw boleh jujur sama kalian,gw mengibaratkan motor itu
sebagai cewek atau yang lo anggap special,jd kalo lo mau ngerubah
tunggangan lo,pikirin dulu dampaknya biar ga jadi hal yang sia-sia.
JURUS PERTAMA :
Gambar di samping ada 3 buah karburator,kemarin gw telah beri ulasan di tips korek mesin yang gw buat,tetapi gw belum kasih tau kalian mana yang di sebut karburator.
Gambar diatas saya beri nomor urut 1 sampai 3 sebenarnya pada gambar
1sampai 3 semua itu gambar karburator bukan ukuran standar bawaan
motor,di blog gw yang lalu gw bilang bikin motor lo jadi kenceng bisa
maenin karburator aja dengan cara mengganti sepuyernya dengan ukuran
yang lebih besar ,tapi gw saranin buat motor yang benar-benar standar lo
naikin spuyer jangan terlalu besar minimal lo naikin 5 sampai maksimal
10,tapi kalo lo mau rombak yang agak ekstrim lo bisa lemer karbu
lo,biasanya ada batasan buat ngelemer karbu lo,gw saranin lo lemer 1,5
sampai 2mm,itu juga ga bisa lo kerjain sendiri lo musti singgah ke
tukang bubut.
Jadi gak bisa sembarangan and lo anggap enteng karna kalo lemer karbu
resikonya sangat besar,karbu lo gak bisa di balikin jadi standar lagi
dan kalo salah sedikit aja pada lemeran lo itu berakibat motor lo susah
di seting dalam arti kata jadi ngawur tu setingan,jadi gw saranin buat
pemula lo cukup main sepuyer aja karna gak beresiko tinggi dan bisa di
balikin jadi standar lagi.
JURUS KEDUA :
Di atas lo bisa liat, itu yang di namain CDI atau
banyak orang awam bilang perangkat pengapian tapi sekali lagi gw minta
maaf sama kalian karena semua contoh gambar tersebut gw ambil dari INTERNET semua,karna gw gak punya kamera digital maklum orang susah.
Buat yang satu ini gw gak bisa ngasih penjelasan yang kongkrit karna
dalam pembelajaran gw CDI atau perangkat pengapian ini sudah di buat
permanen,kita semua gak bisa ngerubah apa lagi kutak kutik tu CDI bisa
gak idup motor lo alias MAMPUS,tapi semua itu ada jalan keluarnya ,lo
liatkan gambar diatas ada 2 CDI,yang gak ada logonya itu CDI standar
pabrik and yang satunya CDI racing,setiap motor standar biasanya
perangkat CDInya menggunakan CDI yang LIMITER sehingga
kita tidak bisa geber motor hingga maksimal karna sudah dipatok hanya
bisa digeber misalkan Cuma 10000rpm gak bisa lebih ,sedangkan CDI racing
pada gambar yang ada disamping gambar CDI standar tersebut menganut
sistim CDI unlimiter artinya rpm yang di hasilkan gak dipatok bahkan bisa melampaui rpm standarnya.
Oleh karna itu gw saranin ma kalian jangan main-main sama perangkat
yang satu ini,mending langsung lo ganti aja CDI yang standar ama yang RACING kalo
lo mau ngedapetin rpm yang maksimal,kan udah banyak perangkat CDI yang
di jual di TOKO AKSESORIES,tapi gw punya temen yang bisa ngatasin
masalah lo sama perangkat pengapian ini,karna temen gw ini bisa bikin
CDI standar jadi CDI racing.
JURUS KETIGA :
Yang ketiga ini adalah NOKEN AS atau bahasa mekaniknya CAMPSAFT,NOKEN
AS ini berfungsi untuk mengatur keluar masuknya pasokan bahan bakar
yang akan diproses sampai menghasilkan tenaga pada mesin motor
kalian,dalam dunia balap motor ini adalah perangkat sakti buat para
tuning mesin ,karna perangkat ini sangat-sangat sensitive jika salah korek sedikit aja motor langsung ogah lari alias lemot,para mekanik punya jurus masing-masing dalam memodifikasi NOKEN AS.
Tapi gw punya bocoran sedikit buat lo bro yang suka bikin kencang
motor apalagi bagi para jago balap liar,moga-moga bocoran gw ini bisa lo
terapin ama tunggangan lo,sebelum lo korek NOKEN AS,lo harus paham dulu apa aja yang harus lo perhatiin.
Pertama –tama lo ukur camp standarnya baik yang IN maupun yang EX dengan alat ukur yang namanya SIKMAT,trus lo catat LIFT nya berapa trusLSA nya
juga,kalau untuk motor standar korek kita tidak perlu EXTRIM untuk
memangkas campnya,cukup mengambil 0,5mm dari ukuran standar motor udah
sangar,tapi dalam hal ini lo bro jangan salah tanggap jangan lo pikir
kalo lo udah pangkas CAMP nya motor lo langsung ngacir,lo harus
(KUDU)ngukurKOMPRESI motor lo karna CAMP yang dah lo ubah tadi membutuhkan pasokan bahan bakar yang gak sedikit lagi,jadi OTOMATIS KOMPRESI MOTOR harus diukur ulang untuk mendapatkan POWER yang MAKSIMAL.
Setelah diubah ukur KOMPRESI menggunakan Alat ukur KOMPRESI yang dinamakan (BURED),karna
dengan mengukur KOMPRESI ulang kita dapat mengetahui perbandingan
KOMPRESI standar dengan setelah kita rubah,karna kelebihan KOMPRESI juga
gak bagus,mengakibatkan motor galak di bawah atasnya mandek juga bisa
mengakibatkan kemacetan padaSEHER (PISTON),sebelum mencoba trik di atas alangkah baiknya kalian mempelajari dahulu cara-cara tuning CAMP agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari,
Sekian info mengenai Membuat Motor Kencang Tanpa Bore Up .Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...
EmoticonEmoticon