Loading...

Jumat, 22 April 2016

Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak. Bro & Sis mungkin pernah atau bahkan merasa aneh kenapa bearing atau laher roda motor yang kita tunggangi cepat rusak. Namun sebelum kita menelusuri apa penyebab bearing rusak gak ada salahnya kita mengenal siapa bearing ini Bro & Sis. 
Baca juga : Bagian-bagian Bearing dan Fungsinya .

Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Sederhananya bearing terdiri dari 3 bagian, seperti yang terlihat di gambar atas bagian yang pertama yaitu bagian luar lingkaran besi, kedua bagian tengah yaitu bagian yang terdiri dari bola-bola besi (pelor), dan ketiga bagian dalam lingkaran atau yang disebut poros bearing.
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.

 Biasanya bagian bola besi ini yang paling rawan rusak karena berputar mengikuti poros bearing sesuai dengan putaran roda motor, sedikit saja cacat yang ada di salah satu bola besi akan mengakibatkan poros atau bagian luar bearing terkikis.
Posisi bearing
Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa bearing atau laher roda motor yang kita tunggangi cepat rusak, yang pertama memang jalan yang dilalui motor tersebut terlalu ekstrim, bergelombang, atau bahkan berlubang sehingga bearing sering terkena hantam dan cacat.
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Kedua karena seal atau tutup pelindung karet rusak ( lihat gambar atas). Penyebabnya karena karet sudah getas yang menyebabkan debu dan air masuk ke bearing sehingga bearing menjadi berkarat.
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Ketiga karena terjadi kesalahan pemasangan bearing, dalam memodifikasi sering kali bagian roda ini diganti dengan velg & ban gambot atau velg & ban kecil (ban cacing) dan kadang bearing tidak pas dipasangkan kedalam wadah, mangkuk, atau teromol velg. Selain itu ada bagian yang kadang lupa dipasang yaitu collar atau bos as yang berada di tengah di antara kedua bearing kanan dan kiri bearing, coba kita lihat gambar di bawah :
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Di gambar tersebut terlihat bagian bagian poros bearing (panah hijau) dan bos as (panah merah), agar lebih jelas posisi bos as Bro & Sis bisa lihat gambar di bawah ini :
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Di gambar atas posisi bos as ada di nomer 2 dan bearing nomer 3, di antara poros bearing dan bos as tidak boleh ada sela, karena kalau ada akan mengakibatkan poros bearing kanan dan kiri tertekan kedalam waktu pemasangan apalagi bos as tidak dipasang. Mungkin bisa digambarkan seperti ini :
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Di gambar atas terlihat poros kedua bearing tertekan ke dalam jika bos as tidak dipasangkan, akibatnya posisi poros bearing tidak lagi sejajar dengan bagian luar bearing dan akhirnya bola-bola besi keluar dari bearing. hal yang sama pun terjadi jika bos as terlalu kecil, karenanya jika Bro & Sis ingin memodifikasi perlu diperhatikan panjang bos as haruslah sama dengan panjang bagian tengah teromol roda atau velg seperti ini :
Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak.
Sekian info mengenai Penyebab laher atau bearing roda motor cepat rusak. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon