Loading...

Selasa, 17 Oktober 2023

Efek Pemasangan V-belt Terbalik, Ini Akibatnya

Tags

Hallo brother Efek Pemasangan V-belt Terbalik, Ini Akibatnya - Karena kepraktisannya Pengguna motor matic dari tahun ke tahun semakin meningkat, Tetapi dibalik itu tidak banyak yang tahu bahwa ada komponen yang sangat penting dalam laju motor ini, yaitu V-Belt. Letaknya yang tertutup membuat banyak orang tidak tahu bagaimana V-Belt ini bekerja dan hal teknis lainnya. Pemasangan V-Belt yang tidak tepat pasti akan menimbulkan masalah pada motor itu sendiri. 
 
 
Efek Pemasangan V-belt Terbalik, Ini Akibatnya

Kali ini tipsmontir akan  sedikit mengulas bagaimana tentang V-Belt dan apa akibatnya bila terbalik dalam pemasangannya.

Efek Pemasangan V-belt Terbalik, Ini Akibatnya   

Berdasarkan rekomendasi pabrikan, standar pemakaian v-belt normalnya antara 20.000 sampai 30.000 km. Namun, penggantian v-belt bisa lebih lama atau lebih cepat dari normalnya tergantung dari pemakaian dan kondisi jalan.

Meski begitu, teman teman wajib memeriksa kondisi v-belt dengan melakukan servis CVT. Kalau pakai patokan bulan, bisa sekitar 4-6 bulan. Kita sebaiknya melakukan servis CVT atau sekedar melakukan pengecekan komponen di area v-belt dan bisa dicek kondisinya apakah masih bagus atau harus melakukan penggantian.

Usai pengecekan kondisi v-belt, pemasangan kembali komponen v-belt juga harus diperhatikan. Jangan sampai dipasang terbalik posisinya, karena efeknya bisa berpengaruh ke performa mesin. Kalau sampai terbalik, efeknya motor  bakal terasa berat atau tertahan saat akselerasi atau gas dibuka., seperti ada slip saat putaran gas dibuka, jadi memang cukup terasa"Jadi kalau ada gejala tarikan berat usai servis CVT coba dicek lagi, jangan-jangan posisinya terbalik v-belt motornya.

Umumnya v-belt memiliki tanda berupa panah atau tulisan buat menunjukkan arah putaran. Nah sebelum dipasang, sebaiknya teman teman perhatikan tanda arah rotasi ini. Pastikan tanda panah rotasi mengarah sesuai dengan arah putaran motor.

Untuk video lebih jelasnya tentang Efek Pemasangan V-belt Terbalik, Ini Akibatnya bisa dilihat di channel youtube saya 
 

 

 Sekian info mengenai Efek Pemasangan V-belt Terbalik, Ini Akibatnya Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon