Hallo
brother Cara Mengecek Dan Memperbaiki Starter Motor - Salah satu komponen pada sepeda motor yang juga memiliki peran cukup vital
adalah starter motor. Jika sepeda motor anda dilengkapi
dengan kick starter mungkin tidak terlalu khawatir, apabila starter motor mati
tidak menjadi suatu masalah berarti. Karena anda masih bisa menyalakan sepeda
motor dengan menggunakan kick starter.
Namun beberapa sepeda motor saat ini ada
yang tidak dilengkapi dengan kick starter. Lalu apa jadinya jika starter motor
mati? jalan satu-satunya adalah dengan cara mendorong. Cara ini tentu sangat
merepotkan anda bukan.
Untuk memperbaiki starter motor, tentu anda harus mengetahui gejala awal dari kerusakan pada starter motor tersebut. Periksalah gejala awal matinya starter motor, seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika tombol starter di tekan. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara pemeriksaannya simak ulasanya berikut ini.
Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor
1.Aki atau Baterai
Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah sumbernya, yakni baterai. . Jika elektrik starter tidak berfungsi akibat aki soak, bisa dideteksi dari fungsi komponen kelistrikan lain. Misalnya dari klakson atau lampu-lampu yang enggak berfungsi normal.
Bahkan aki lemah juga bisa bikin bendik bersuara tek… tek… tek….
Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak
2.Rangkaian Starter
Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan menggunakan amplas halus.
3.Relay Starter atau Bendik
Lanjut ke switch starter atau bendik , Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. yang tugasnya menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter. Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin.
Untuk memastikan bendik yang rusak, bisa kok dijumper langsung dengan cara
menghubungkan tangkai obeng di kedua terminal kabel di bendik. Bila mesin mau hidup, jelas bendik starter yang rusak rusak. dan harus di
ganti dengan yang baru.
4.Motor Starter (dinamo)
Untuk memperbaiki starter motor, tentu anda harus mengetahui gejala awal dari kerusakan pada starter motor tersebut. Periksalah gejala awal matinya starter motor, seperti suaranya yang kasar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali ketika tombol starter di tekan. Apabila saat tombol starter ditekan namun motor starter tidak berputar maka besar kemungkinan disebabkan oleh aki motor yang lemah. Kerusakan starter motor bisa terjadi pada empat komponen yakni aki atau baterai, rangkaian, relay starter, dan motor starter itu sendiri. Untuk cara pemeriksaannya simak ulasanya berikut ini.
Cara Pemeriksaan dan Cara Memperbaiki Starter Motor
1.Aki atau Baterai
Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam tidak mau berputar maka pertama kali yang harus dicek adalah sumbernya, yakni baterai. . Jika elektrik starter tidak berfungsi akibat aki soak, bisa dideteksi dari fungsi komponen kelistrikan lain. Misalnya dari klakson atau lampu-lampu yang enggak berfungsi normal.
Bahkan aki lemah juga bisa bikin bendik bersuara tek… tek… tek….
Gunakan multimeter atau avo meter dan periksa tegangan baterai. Tegangan baterai yang baik adalah tidak kurang dari 12 volt. Jika kurang maka ada dua kemungkinan yakni sistem pengisian yang bermasalah atau memang baterai sudah rusak
2.Rangkaian Starter
Jika ternyata tegangan baterai masih bagus maka langkah selanjutnya adalah periksa rangkaianya. Periksa rangkaian starter mulai dari kabel yang putus, socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Caranya dengan menggunakan multimeter, periksa apakah arus listrik mengalir atau tidak. Jika ada kabel yang putus sebaiknya diganti yang baru atau jika terpaksa anda bisa menyambungnya kembali, jika tombol starter kotor bersihkan dengan menggunakan amplas halus.
3.Relay Starter atau Bendik
Lanjut ke switch starter atau bendik , Komponen yang satu ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menghubungkan arus listrik yang cukup tinggi dari baterai menuju motor starter. yang tugasnya menyambung arus listrik dari aki ke dinamo starter. Bentuknya ada kabel dari aki dan satunya lagi ke dinamo starter di dekat mesin.
Ciri-ciri bendik rusak, saat tombol starter ditekan
biasanya cuma terdengar bunyi cetak-cetak. Kalaupun ada arus dari bendik,
dipastikan sudah tidak kuat memutar dinamo starter, makanya mesin enggak
bakalan menyala.
4.Motor Starter (dinamo)
Kerusakan pada motor starter memang jarang terjadi. Periksa dengan menggunakan multimeter dengan cara probe (+) dihubungkan dengan kabel yang menuju motor starter dan probe (-) dihubungkan dengan massa. Tekan tombol starter dan periksa apakah ada arus listrik yang mengalir atau tidak. Jika ada, maka bisa dipastikan motor starter mati. Kerusakan pada motor starter ini ada dua kemungkinan yakni sikat (brush) sudah haus atau kumparan putus. Jika hanya brushnya saja yang sudah haus, anda bisa menggantinya dengan yang baru, namun jika ternyata kumparan (spull) putus sebaiknya dibawa ke tukang servis dinamo.
Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Mengecek Dan Memperbaiki Starter Motor bisa dilihat di channel youtube saya
EmoticonEmoticon