Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan membahas Artikel modifikasi motor satria. Pergerakan
gaya modifikasi motor dari tahun ke tahun memang mengalami perubahan
tren, umumnya mengikuti aura memodifikasi itu sendiri.Namun tak terlepas dari aksesoris yang pada dasarnya mengikuti tren dari tahun ke tahun sesuai dengan fungsional dan kebutuhan.Berhubung
12 bulan di 2009 hampir terlewati, tentu banyak isyarat dari penggemar
otomotif dalam menyongsong dunia modifikasi di 2010. Apakah ada
perubahan dengan tren modifikasi di 2010?
Artikel modifikasi motor satria . Nah,
rumah yang biasa menjagal sepeda motor di bilangan Ragunan, Tauco
Costum mengisyaratkan bakal banyak perubahan dalam merombak si kuda besi
di tahun depan. Yups apa aja sih brow ?Begini,
Topo Goedel Atmodjo selaku pimpinan bengkel mengatakan transisi gaya
memodifikasi akan terjadi pada motor bebek di 2010 yang umumnya bakal
menjadi bebek berpenampilan klimis namun tetap menantang."Konsep
modifikasi motor bebek di tahun bakal ke arah European Style yang lebih
kearah minimalis, namun tetap mengeluarkan auranya," kata Topo kepada
detikOto, Kamis (10/12/2009).
Konsep Eropa minimalis yang dimaksud Topo adalah gaya
modifikasi yang tidak terlalu berubah total alias merombak bodi motor
100 persen. Sebab menurutnya di 2010 para penikmati modifikator lebih
menyukai aura modifikasi yang apa adanya. "Paling hanya menambah aksesoris dan yang pantas diaplikasikan pada motornya," katanya.
Enggak
cuma bodi saja yang minimalis, mesin juga lanjut Topo bakal tampil apa
adanya, karena dinilai untuk memenuhi mobilitas sehari-hari. "Mesin
enggak banyak berubah kok bro, di 2010 kemungkinan banyak orang yang
tidak merombak mesin bawaan pabrik," jelas pria berjambul itu.
Dan
untuk warnanya, motor bebek yang telah dimodifikasi tentu masih
menggunakan warna-warna cerah untuk memikat perhatian. Beitu juga dengan
konsep ban yang lebar dibelakang bakal masih diaplikasikan oleh
modifikator tanah air. "Tak lepas ban-ban lebar juga masih digandrungi di 2010," tandasnya. Berbeda
dengan motor batangan, sebut saja Scorpio, V-Xion, Tiger dan lain-lain.
Nah, untuk konsep motor laki itu Topo yang juga sering keluar masuk
tipi itu mengungkapkan akan sering menggunakan konsep Streetfighter.
Enggak cuma velg gede doang, tampilan bodi juga akan tampil sangar namun
masih memikirkan unsur keselamatan.
Tahun 2010 motor batangan gayanya lebih ekstrem dengan warna-warna mencolok seperti merah dan biru. Namun
untuk daily use atau yang sekadar ingin terlihat beda, tarikan garis
tajam yang biasa menempel pada konsep motor tersebut dikurangi dengan
alasan safety untuk pengendara lainnya. "Bodi cenderung lebih di-improve
agar tidak terlihat ekstrem, tapi tetap mencolok dan terlihat beda,"
ujarnya. Dan
untuk menunjang bodi streetfighter, grafisnya cenderung simpel dengan
stripping di kedua sisi bodi saja. "Airbrush masih tetap digunakan
dengan warna-warna yang disesuaikan," imbuhnya. Sedangkan untuk
mengorek-ngorek mesin pada kons streetfighter juga akan mulai
ditinggalkan. "Alasan safety dan fungsional," tutupnya.
Tren modif motor itu sendiri selalu berubah setiap tahunnya. Dan seperti halnya tren mode, beberapa gaya modifikasi pun mengalami perputaran yang berulang kembali di suatu waktu. Namun, selain mengikuti tren yang sedang berlangsung, ada baiknya memodifikasi motor sesuai dengan karakter dan hobi diri sendiri.Hal itulah yang perlu diperhatikan pertama kali sebelum mendandani motor, sehingga akan lebih mudah menentukan jenis aksesori yang akan ditambah atau diganti pada bodi motor Anda. Aliran gaya modifikasi motor yang bisa dipilih pun sangat beragam, seperti klasik, custom, balap, touring, dan masih banyak lagi. Sebelum melakukannya, Anda bisa membuat gambar modifikasi terlebih dahulu untuk memudahkan proses modifikasi selanjutnya.
Sebagai contoh, jika senang dengan yang berbau klasik, menambah windshield, whitestripe pada bagian ban, serta ukuran spion yang sedikit besar akan memberi kesan klasik yang lebih kental. Lain halnya bagi mereka yang gemar touring ke berbagai tempat, mendandani motornya sesuai dengan kebutuhan hobi merupakan sebuah keharusan. Anda bisa melakukan tips modif motor pada jok anda. Misalnya dengan menambah boks di bagian belakang jok atau meletakkannya di bagian kiri dan kanan motor.
Besar kotak boks ini pun bervariasi, ada yang 28 liter, 33 liter, dan seterusnya. Sementara jika diletakkan di sisi motor biasanya menggunakan ukuran 21 liter. Di sisi lain, ada pula yang melakukan modifikasi tangki yaitu dengan menggunakan fairing di bagian tersebut sehingga mengentalkan kesan motor balap, sesuai dengan obsesi pemiliknya.
Masih di seputar bodi, modifikasi biasa dilakukan pada bagian stang, menambahkan airbrush untuk memberi sentuhan unik pada motor, hingga pemilihan jok motor. Untuk bagian roda, motif velg bisa diganti sesuai dengan gaya modifikasi yang dipilih pengendara.
Selanjutnya Anda juga bisa melakukan modifikasi ban. Sebagai contoh, pada motor touring akan lebih baik menggunakan ban berukuran besar yang memberi kenyamanan lebih untuk berkendara jarak jauh, dengan motif ban yang memiliki daya tapak lebih baik. Sekarang, gaya apa yang ingin Anda pakai untuk mendandani motor?
Sekian info mengenai Artikel modifikasi motor satria. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon