Loading...

Jumat, 22 April 2016

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

Hallo brother ... salam satu hati ...  kali ini tedymotor akan  membahas Beberapa Penyebab Motor Terasa BergetarPernahkah anda mengalami sepeda motor yang tengah dikendarai terasa bergetar? Apa sih sebenarnya penyebab dari getaran tersebut? Bagaimana pula cara mengatasi bunyi dari sepeda motor yang bergetar?
Masalah sepeda motor yang bergetar pernah dirasakan oleh hampir semua pemilik kendaraan roda dua. Karena getarannya cukup kuat, hal ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan menimbulkan suara berisik. Itu sebabnya, anda harus memperbaikinya segera sehingga berkendaraa motor menjadi nyaman kembali.

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar


 Penyebab Motor Terasa Bergetar

1. Periksa seluruh kekencangan mur baut

Baut dan mur yang kurang kencang membuat getar karena bagian yang tidak di-baut kuat
masih dapat bergerak. Kencang kan kembali atau bila perlu ganti baru agar kekencangan mur baut lebih optimal. Biasanya terletak di footstep, knalpot, dan baut mesin (engine mounting).

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

2. Leher knalpot patah

Kejadian ini pernah saya alami. Walaupun baut sudah kencang betul, getaran di putaran atas sangat terasa. Hal ini terjadi karena adanya pulsa gas buang yang mendorong leher hingga timbul bunyi-bunyian dan menimbulkan getaran.

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

3. Velg dan jari-jari

Velg yang jari jarinya bengkok menyebabkan roda tidak lurus saat berputar.Semakin parah kondisi bengkok nya jari jari, maka semakin keras getaran-nya. Cara mengetahuinya sangat mudah, putar roda dan lihat lurus dari depan atau belakang.Jika ban terlihat berputar oleng/tidak lurus berarti jari jari sudah bengkok, bawa dan setel velg ke tukang agar normal kembali.

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

4. Bantalan crankshaft aus

Bantalan poros engkol (crankshaft) yang aus adalah penyebab motor terasa bergetar keras saat dikendarai. Poros engkol adalah sparepart mesin yang bobotnya lebih berat dan dilengkapi dengan balans. Karena bantalan yang aus akan membuat putaran poros engkol menjadi tidak seimbang dan tidak stabil.Jika bantalan poros engkol ini sudah aus akan ditandai oleh getaran mesin tinggi, apalagi saat putaran mesin semakin tinggi. Untuk kasus ini penanganan-nya tergolong berat, karena harus membongkar mesin keseluruhan (turun mesin). Namun harga bantalan crankshaft tidaklah terlalu mahal, dan sebaiknya diganti dengan yang orisinal pabrik.

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

Jika motor Anda mengalami getaran lebih keras dari biasanya sebaiknya segera ditangani. Karena selain membuat tidak nyaman dikendarai, pada poin nomor dua bisa menyebabkan kerusakan merembet ke part yang lain.

5. Laher roda

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar
Laher roda yang rusak membuat setir bergerak dan bergetar. Pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya.

Sekian info mengenai Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon