Loading...

Senin, 18 April 2016

Cara Membuat Charger Ponsel Di Motor

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas Cara Membuat Charger Ponsel Di Motor . Perangkat handphone sekarang telah menjadi kebutuhan kita setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, saudara dan juga keluarga. Kemanapun kita pergi pasti kita membawa Hp yang kita miliki. Mungkin di atara kalian merasa kesal ketika smartphone yang anda gunakan kehabisan baterai pada waktu di perjalanan. 

Jika anda membawa powe bank mungkin bisa tikda menjadi kendala, nah kalau kamu tidak membawa power bank pastinya anda akan bingung kan mau mencarger di mana ? Han untuk itu anda juga bisa bereksperimen untuk membuat carger di sepeda motor. Ya, Dengan itu anda bisa mencarger smartphone anda ketika anda berada di perjalanan.

Untuk membuat carger Handphone di motor bukanlah hal yang sulit, bahan – bahan nya juga bisa di temukan di toko – toko yang menyediakan barang elektronik. Akan teteapi ada sebagian yang harus anda mengerti terlebih dahulu, pada dasarnya baterai/aki motor merupakan power bank yang bisa anda pakai untuk kebutuhan apa saja  yang berkaitan dengan kelistrikan. Pada sepeda motor, baterai/aki Sejatinya berfungsi untuk sumber arus listrik seperti lampu, starter dan juga masih banyak lainnya.

Cara Membuat Charger Ponsel Di Motor


Lalu apakah baterai pada sepeda motor mampu di gunakan untuk mengeces ponsel anda ? Tentu saja bisa. Akan tetapi kita harus menyediakan rangkaian. Pada aki motor pada umumnya mempunyai arus tegangan 12 v, nah sedangkan pada input tegangan ponsel adalah sekitar 3.7 v saja. Jika kita langsung menghubungkan dari baterai ke smartphone tetntu saja akan berlebihan tegangan atau arus yang di alirkan ke ponsel kita. Nah, Maka dari itu anda perlukan sebuah rangkaian regulator supaya bisa mengurangi tegangan/stepdown dari tegangan 12 Volt baterai nenjadi 3.7 V. Bagai manakah untuk membuatnya ? 

langkah pembuatan carger hp di sepeda motor.

Bahan yang harus anda siapkan :
  • Saklar
  • sekring
  • kabel
  • box
  • USB
  • PCB matrik
  • Capasitor  juga 220uf/16v dan elco 2200uf/25v
Cara – cara Untuk membuat Charger handphone di sepeda motor :
  • Pertama anda siapkan dulu solder dan juga tenolnya, serta bahan – bahan di atas. Selanjutnya tata bahan bahan di PCB dan rangkai seperti gambar yang ada di bawah ini.
Cara Membuat Charger Ponsel Di Motor

Solderlah rangkaian tersebut serapih mungkin
  • Pastikan saklar, sekring kabel in dan USB di kabel out
  • Nah, yang harus anda perhatikan yaitu di USB yang anda pakai biasanya mempunyai empat kaki. Pada kaki kanan ialah plus (+) dan kaki kiri min (-), Nah sedangkan pada 2 kali yang terletak di tengan tidak usah di gunakan.

Cara Membuat Charger Ponsel Di Motor


Masukan rangkaian tersebut ke dalam box supaya terlihat rapih.
Bagai mana mudah bukan untuk membuat carger ponsel di sepeda motor ? Pada rangkaian di atas yaitu menggunakan dua buah IC yang bertujuan agar memastikan arus tegangan yang masuk ke IC7805 ialah 12 v. ini bermaksud supaya IC7805 tak terlalu panas di karenakan tegangan dari baterai/aki motor bisa lebih dari 12 Volt.

Sekian info mengenai Cara Membuat Charger Ponsel Di Motor . Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon