Loading...

Jumat, 22 April 2016

Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?

Hallo brother Kenapa Fuel Pump Bisa Macet Fuel pump ? tentunya sudah tidak asing lagi buat kang bro,bisa dikatakan sebagai jantungnya motor. Jika jantung manusia berhenti maka akan meninggal sama dengan motor jika fuel pump mati maka motor mogok.Lalu kenapa fuel pump bisa macet ?
Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?



Kenapa Fuel Pump Bisa Macet. Fuel pump salah satu komponen penting di motor injeksi,karena fungsi fuel pump untuk memompa bahan bakar dengan tekanan tinggi  menuju selang dan diteruskan ke injektor untuk dikabutkan ke intake manifold sebelum menuju ke ruang bakar.



Penyebab fuel pump bisa macet ?


Fuel pump terdapat komponen yang sangat peka terhadap kotoran yaitu pompa fuel pump,jika kotoran masuk maka fuel pump akan macet.Lalu apa saja yang menyebabkan fuel pump bisa macet ?
Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?



1.Faktor bahan bakar.
Bahan bakar menjadi faktor utama atas kinerja fuel pump,jika bensin kotor maka akan cepat menimbulkan endapan didasar tangki jika endapan sudah menumpuk maka filter fuel pump akan cepat kotor dan kotoran bisa masuk ke pompa fuel pump yang berakibat pompa macet.Masih jadi dilema di indonesia karena kualitas bahan bakar yang belum terjamin kualitasnya terutama untuk premium.
Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?
2.Sumber tenaga ( aki ).
Faktor kedua yang menyebabkan fuel pump macet karena tegangan yang dibutuhkan untuk menggerakkan pompa tidak cukup atau aki soak,jika aki soak atau tegangan dari spul bermasalah maka fuel pump tidak akan bisa bergerak.
Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?
3.Campuran bahan bakar ( oktan boster).
Untuk motor injeksi tidak dianjurkan untuk memakai campuran bahan bakar contohnya oktan boster,jika menggunakan campuran bahan bakar gunakan yang sesuai anjuran pabrikan atau produk pabrikan,karena sudah banyak kejadian yang memakai oktan boster fuel pump jadi macet.Bahan Oktan boster yang tidak bisa tercampur sempurna dengan bensin maka akan meninggalkan endapan seperti lumpur di dasar tangki,nach endapan ini yang bikin macet.
Untuk campuran bahan bakar dari pabrikan pada umumnya bukan penambah oktan tapi berfungsi mengurangi kerak atau karbon diruang bakar.
Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?
4.Tangki bocor (air masuk tangki)
Tangki bocor maksudnya celah yang menyebabkan air bisa masuk kedalam tangki,biasanya lewat tutup tangki.Ini bisa dari faktor desain tangki (faktor pabrikan) bisa juga karena umur tangki yang sudah tua dan tutup tangki jadilonggar.Kalau air masuk ke tangki apalagi dalam jumlah buanyak,hanya pasrah…pasti fuel pump macet.
Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ?
5.Faktor pabrikan.
Nach yang satu ini yang namanya produksi manusia pasti ada kekurangannya,yang sempurna cuma TUHAN.Jika kesalahan ada pada faktor kualitas part yang kurang bagus biasanya akan bermasalah saat motor masih berumur 1 tahunan (motor baru).Jika memang fuel pump macet karena faktor pabrikan maka kita bisa claim ke pabrikan tersebut sesuai aturan yang berlaku tentunya,jangan asal main claim tanpa tahu penyebabnya apa bisa macet ?.Jika karena faktor kesalahan perawatan kita tanggung sendiri.
Sekian info mengenai  Kenapa Fuel Pump Bisa Macet ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon