Loading...

Selasa, 19 April 2016

Memasang Ruji Sepeda Motor

Tags

Hallo brother Memasang Ruji Sepeda Motor - Pernah beli ruji krom dan terpaksa harus ke tukang velg untuk masang? Ya, ternyata pasang ruji sendiri tidak terlalu sulit dan bisa dipelajari. 

Memasang Ruji Sepeda Motor
Memasang Ruji Sepeda Motor. Walaupun kelihatannya rumit, ruji2 itu dipasang dengan urutan yang selalu sama dan asal anda memasangnya sesuai dengan urutannya, pasti bisa.Bagi para pemula yang iseng pengen belajar pasang ruji silahkan baca, kalau ke tukang velg paling2 bayar 10.000 per ban untuk masang doank.

tutorial Memasang Ruji

Supaya tutorial ini jadi mudah diikuti, kita sepakati dulu istilah2 dan penamaan bagiannya. Mana atas mana bawah terserah, asal tetap konsisten.

Untuk pemula akan lebih mudah mencoba dengan tromol belakang karena jarak antar sisi lebih jauh sehingga lebih mudah memasukkan ruji ke lubangnya. Perhatikan gambar, saat anda beli ruji, ada 2 set, jika ruji 72 ya ada 36 ruji head panjang, dan 36 ruji head pendek. 


Pertama kali pisahkan dulu 2 set tersebut supaya lebih mudah untuk memasangnya nanti.
Khusus motor yang depan cakram belakang tromol, ruji depan pasti lebih panjang, ini simpel tapi kalau sampai anda salah beli ya mending beli lagi, karena untuk men-drat lagi repot sekali. Pertama kali saya mencoba pasang ruji, saya tidak tau teorinya, jadi asal pasang, akhirnya banyak ruji yang terbalik karena baru saya sadari bahwa ada 2 set ruji head panjang dan pendek.

Ok, mari kita mulai:

Mula2 siapkan semua bagian. Untuk memasang ini tidak perlu alat khusus kecuali kunci ruji (bentuknya lingkaran dengan coakan2 ukuran 8-14 untuk masing2 ukuran mur ruji). Tapi jika tidak berniat men setel sekalian, cukup dengan tangan saja, kalaupun perlu mungkin hanya ganjal untuk menopang velg (posisi velg ada di tengah tromol, harus ditopang supaya nantinya center.

Untuk tutorial ini saya memakai tromol Honda GL Pro dan ruji krom 36.

Memasang Ruji Sepeda Motor


Sedikit tips, jika anda ingin punya ruji krom, pertimbangkan ini: harga untuk meng-krom ruji (ukuran apapun) sekitar 1.200 per buah, 72 ruji berarti 72x1.200 = 86.400, jika anda beli langsung ruji krom variasi harganya 25.000 per set, depang belakang 25.000 x 2 = 50.000 (kadang korting jadi 45.000) dengan hasil krom yang relatif sama bagusnya. Selain itu kromer akan bilang jika ruji asli anda sudah agak karatan maka hasilnya tidak akan bisa terlalu bagus (agak ngeles), jadi silahkan pilih.

Jika ingin bagian dalam velg anda lebih awet, gunakan primer surfacer atau meni setelah diamplas pada bagian dalam. Ini akan membantu anda mencegah karat karena walaupun sepertinya rapat, bagian2 ini rawan terkena sisipan air dari lubang2 ruji. Jika tidak punya primer gunakan saja cat besi, paling2 8.000 di toko besi sebelah komplek.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memasukkan ruji ke dalam tromol. Ingat: JANGAN TERBALIK, berikut ini petunjuk cara memasangnya. Pasang ruji dengan head pendek dari luar (supaya nantinya posisi ruji ada di dalam), dan pasang ruji dengan head panjang dari dalam (supaya rujinya ada di luar). Lakukan selang seling: luar-dalam-luar dst.

Memasang Ruji Sepeda Motor

ruji head pendek dari luar & ruji head panjang dari dalam

Memasang Ruji Sepeda Motor

Pasang selang seling: dalam-luar-dalam-luar dst.
Jadinya setelah beberapa terpasang:



Memasang Ruji Sepeda Motor



Okay, bagaimana anda tau bahwa masangnya tadi sudah benar apa belum?


Memasang Ruji Sepeda Motor

Ini yang terjadi jika anda keliru memasukkan ruji (tertukar antara head panjang dan head pendek). Paling kentara jika terjadi keiru memasukkan ruji head pendek dari dalam, karena headnya kurang panjang maka ruji tidak bisa terposisi dengan baik. Terlihat ruji head pendek yang keliru terpasang teracung ke atas (yang benar agak ke bawah). Jika keliru ruji head panjang terpasang dari luar, maka saat dikencangkan ruji tersebut tidak akan rapat karena koplok2.

Memasang Ruji Sepeda Motor

Sesudah itu pasang semua ruji dengan urutan yang benar. Sekarang untuk memudahkan pemasangan nanti, jangan biarkan ruji2 yang sudah terpasang di tromol kocar kacir tidak beraturan, tapi posisikan seperti layaknya ruji yang akan terpasang, terutama arahnya dulu. 

Begini cara mengaturnya:

Ruji atas luar ke kanan.
Atas dalam ke kiri.
Bawah dalam ke kanan.
Bawah luar ke kiri.

Alias setiap kali berganti sisi arahnya berbalik. Ruji paling atas boleh ke kiri, asal urutan semua susunan di bawahnya ikut dibalik, tergantung posisi tromol akan dipasang terbalik atau tidak (biasanya jika ingin membalik posisi cakram depan kiri jadi di kanan, tromol belakang jarang sekali dibalik).

Memasang Ruji Sepeda Motor

Jika anda bingung, coba tengok motor anda yang lain yang ada velg rujinya, coba saja perhatikan posisi pengaturan rujinya, sedikit ketelitian anda akan menguasainya dengan mudah.

Sekian info mengenai Memasang Ruji Sepeda Motor ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon