Spesifikasi Honda BeAT eSP – Berbicara tentang dunia otomotif khususnya motor pasti ga ada matinya ya bro dan sis? Lihat saja pada akhir-akhir ini pabrikan-pabrikan otomotif yang memproduksi motor di Indonesia sedang gencar-gencarnya menelurkan produk terbarunya untuk konsumen otomotif di tanah air. Dengan makin banyaknya produk motor misal skuter matik malah membuat bingung konsumen, namun dengan hal tersebut juga akan membuat persaingan begitu sempurna dan mengharuskan konsumen tetap selektif dalam membeli produk kendaraan roda dua yang akan dipakainya.
Setelah 2 pabrikan yang telah terlebih dahulu menelurkan produk skuter matiknya yaitu Suzuki dengan Suzuki Address 110nya dan Yamaha dengan Yamaha Mio M3 Blue Core 125nya. Kini pabrikan yang berasal pada negara yang sama yakni Jepang tidak mau kalah dengan kedua pesaing tersebut. Pabrikan otomotif yang tidak mau kalah ini adalah Honda, yang telah merilis skuter matik terbaru yaitu All New Honda BeAT eSP series pada akhir tahun 2014 yang lalu.
Nah kali ini aku akan membahas produk terbaru pabrikan otomotif yang memproduksi motor dengan lambang sayap sebelah yaitu All New Honda BeAT eSP terbaru. Bagi anda sekalian yang memang memburu Honda BeAT eSP ini maka review kali ini wajib anda simak!
PT Astra Honda Motor (AHM) sebenarnya meluncurkan skuter matik ‘BeAT’nya dengan 2 model yang berbeda. Namun pada kesempatan review kali ini Mas Sena akan membahas salah satu modelnya yaitu All New Honda BeAT eSP. Untuk All New Honda BeAT eSP yang diluncurkan baru-baru ini ditujukan bagi anak muda yang sporty dan trendy terutama kaum wanita yang umumnya tidak memiliki postur tubuh yang tinggi, namun tidak menutup juga bahwa All New Honda BeAT eSP ini dipakai untuk kalangan lainnya.
Dan untuk eSP series tersebut merupakan rangkaian teknologi terbaru yang ditetapkan Honda sejak tahun 2011 melalui Honda PCX 125 yang memiliki teknologi terbaik dan ramah lingkungan. Peluncuran produk skutik Honda terbaru ini dilakukan pada tanggal 11 Desember 2014 bersamaan dengan peresmian pabrik terbaru PT AHM di Karawang, Jawa Barat.
Nah motor terbaru Honda ini siap bersaing dengan Blue Core Yamaha dengan teknologi eSP yang dapat meningkatkan performa mesin. Bro semua penasaran dengan teknologi Enchanced Smart Power yang terdapat pada motor ini? Baiklah, untuk lebih lengkapnya marilah simak ulasan review Mas Sena mengenai All New Honda BeAT eSP pada segmen-segmen dibawah ini!
Baca juga : Spesifikasi dan Harga Honda BeAT POP eSP
Setelah 2 pabrikan yang telah terlebih dahulu menelurkan produk skuter matiknya yaitu Suzuki dengan Suzuki Address 110nya dan Yamaha dengan Yamaha Mio M3 Blue Core 125nya. Kini pabrikan yang berasal pada negara yang sama yakni Jepang tidak mau kalah dengan kedua pesaing tersebut. Pabrikan otomotif yang tidak mau kalah ini adalah Honda, yang telah merilis skuter matik terbaru yaitu All New Honda BeAT eSP series pada akhir tahun 2014 yang lalu.
Nah kali ini aku akan membahas produk terbaru pabrikan otomotif yang memproduksi motor dengan lambang sayap sebelah yaitu All New Honda BeAT eSP terbaru. Bagi anda sekalian yang memang memburu Honda BeAT eSP ini maka review kali ini wajib anda simak!
PT Astra Honda Motor (AHM) sebenarnya meluncurkan skuter matik ‘BeAT’nya dengan 2 model yang berbeda. Namun pada kesempatan review kali ini Mas Sena akan membahas salah satu modelnya yaitu All New Honda BeAT eSP. Untuk All New Honda BeAT eSP yang diluncurkan baru-baru ini ditujukan bagi anak muda yang sporty dan trendy terutama kaum wanita yang umumnya tidak memiliki postur tubuh yang tinggi, namun tidak menutup juga bahwa All New Honda BeAT eSP ini dipakai untuk kalangan lainnya.
Dan untuk eSP series tersebut merupakan rangkaian teknologi terbaru yang ditetapkan Honda sejak tahun 2011 melalui Honda PCX 125 yang memiliki teknologi terbaik dan ramah lingkungan. Peluncuran produk skutik Honda terbaru ini dilakukan pada tanggal 11 Desember 2014 bersamaan dengan peresmian pabrik terbaru PT AHM di Karawang, Jawa Barat.
Nah motor terbaru Honda ini siap bersaing dengan Blue Core Yamaha dengan teknologi eSP yang dapat meningkatkan performa mesin. Bro semua penasaran dengan teknologi Enchanced Smart Power yang terdapat pada motor ini? Baiklah, untuk lebih lengkapnya marilah simak ulasan review Mas Sena mengenai All New Honda BeAT eSP pada segmen-segmen dibawah ini!
Spesifikasi Honda BeAT eSP
Sebelum kita masuk pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini marilah kita bahas pada sisi tampilan atau desain dari All New Honda BeAT eSP lebih dahulu ya bro dan sis. Sebenarnya spesifikasi All New Honda BeAT eSP ini memiliki desain dan dimensi yang hampir sama dengan BeAT lawas dengan perubahan minor change saja yaitu stripingnya saja.
Untuk dimensi skutik ini memiliki ukuran 1.873x678x1.074mm berketinggian 740mm dari jok dan mempunyai berat kosong 94 kg membuat Honda BeAT eSP ini terasa cukup mungil, mudah dan ringan untuk dikendarai. Dengan menggunakan kaki-kaki yang berukuran cukup besar yaitu 80/90 pada bagian depan serta 90/90 pada bagian belakang dengan velg berukuran 14 inci membuat berkendara semakin nyaman dan stabil. Sistem suspensi yang disematkan pada spesifikasi Honda BeAT eSP dengan bagian depannya berjenis teleskopik serta bagian belakang berjenis monoshock membuat sensasi berkendara lebih stabil bahkan untuk bermanuver dijalanan sekalipun.
Untuk dimensi skutik ini memiliki ukuran 1.873x678x1.074mm berketinggian 740mm dari jok dan mempunyai berat kosong 94 kg membuat Honda BeAT eSP ini terasa cukup mungil, mudah dan ringan untuk dikendarai. Dengan menggunakan kaki-kaki yang berukuran cukup besar yaitu 80/90 pada bagian depan serta 90/90 pada bagian belakang dengan velg berukuran 14 inci membuat berkendara semakin nyaman dan stabil. Sistem suspensi yang disematkan pada spesifikasi Honda BeAT eSP dengan bagian depannya berjenis teleskopik serta bagian belakang berjenis monoshock membuat sensasi berkendara lebih stabil bahkan untuk bermanuver dijalanan sekalipun.
Desain yang dianut pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini memang terlihat sporty dan trendi karena buritan yang begitu sederhana dan cukup berani. Terlihat sayap bagian samping skutik ini memiliki 2 layer dengan warna dan material berbeda sama seperti BeAT lawas. Rak tempat penyimpanan barang dibawah stang kemudi pun membuat penyimpanan barang berukuran kecil lebih praktis dan mudah dijangkau.
Bagian dasar body Honda BeAT eSP ini pun terlihat sama seperti generasi sebelumnya.Desain Lampu utama yang disandingkan dengan lampu sein menjadikan tampilan motor skuter matik ini lebih ‘Eye Catching’ atau enak dipandang. Pada bagian belakang skutik ini pun memiliki bentuk desain ‘Rear End’ yang hampir sama dengan BeAT terlihat stop lamp skutik ini memiliki bentuk menggembung seperti terlihat hampir sama namun tetap menjadikan tampilan belakang body Honda BeAT eSP ini sporty dan trendy. Untuk desain speedo meter pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini terlihat lebih modern dengan memiliki beberapa panel yaitu indikator FI, indikator mesin, indikator lampu, indikator kecepatan dan trip meter, serta indikator lampu sein yang dirasa lebih spoty dan informatif dan sudah cukup baik untuk memantau kondisi motor saat berkendara.
Dengan kapasitas penyimpanan bahan bakar hingga 3.7 liter pun dirasa sudah cukup untuk berkendara dengan perjalanan panjang dan lama. Namun kapasitas bagasi motor mungil ini memang tidak besar yaitu berkapasitas 11 liter yang sanggup menampung barang dengan kuantitas yang tidak banyak karena faktor ukuran dimensi skutik ini sendiri.
Bagian dasar body Honda BeAT eSP ini pun terlihat sama seperti generasi sebelumnya.Desain Lampu utama yang disandingkan dengan lampu sein menjadikan tampilan motor skuter matik ini lebih ‘Eye Catching’ atau enak dipandang. Pada bagian belakang skutik ini pun memiliki bentuk desain ‘Rear End’ yang hampir sama dengan BeAT terlihat stop lamp skutik ini memiliki bentuk menggembung seperti terlihat hampir sama namun tetap menjadikan tampilan belakang body Honda BeAT eSP ini sporty dan trendy. Untuk desain speedo meter pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini terlihat lebih modern dengan memiliki beberapa panel yaitu indikator FI, indikator mesin, indikator lampu, indikator kecepatan dan trip meter, serta indikator lampu sein yang dirasa lebih spoty dan informatif dan sudah cukup baik untuk memantau kondisi motor saat berkendara.
Dengan kapasitas penyimpanan bahan bakar hingga 3.7 liter pun dirasa sudah cukup untuk berkendara dengan perjalanan panjang dan lama. Namun kapasitas bagasi motor mungil ini memang tidak besar yaitu berkapasitas 11 liter yang sanggup menampung barang dengan kuantitas yang tidak banyak karena faktor ukuran dimensi skutik ini sendiri.
Beralih ke sektor dapur pacu dari spesifikasi Honda BeAT eSP yang memiliki perbedaan dengan BeAT lawas. Mesin yang diusung masih berkapasitas 108.2 cc SOHC namun dicangkoki teknologi terbaru yaitu eSP yang telah diterapkan pada motor skutik PCX 150 dapat memuntahkan tenaga hingga 8.68 PS pada putaran mesin 7500 rpm serta torsi sebesar 9.01 Nm yang membuat Honda BeAT eSP ini terasa begitu responsif.
Didukung dengan transmisi otomatis berjenis V-Matic membuat sistem berkendara lebih nyaman dan mudah. Bahkan dengan teknologi mesin terbaru yaitu Enhanced Smart Power (eSP) yang telah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3 membuat Honda BeAT eSP ini semakin bertenaga, irit dan ramah lingkungan. Dengan teknologi terbaru pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini, top speednya juga lebih terangkat menjadi 94 km/jam sedangkan untuk top speed Beat lawas hanya mampu meraih kecepatan 89 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih efisien, klaim pihak Honda dengan 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 63 km dengan menggunakan metode pengujian ECE R40. Sedangkan untuk BeAT lawas hanya mampu menempuh jarak hingga 58 km saja dengan 1 liter bensinya.
Didukung dengan transmisi otomatis berjenis V-Matic membuat sistem berkendara lebih nyaman dan mudah. Bahkan dengan teknologi mesin terbaru yaitu Enhanced Smart Power (eSP) yang telah memenuhi standar emisi gas buang Euro 3 membuat Honda BeAT eSP ini semakin bertenaga, irit dan ramah lingkungan. Dengan teknologi terbaru pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini, top speednya juga lebih terangkat menjadi 94 km/jam sedangkan untuk top speed Beat lawas hanya mampu meraih kecepatan 89 km/jam. Untuk konsumsi bahan bakarnya pun menjadi lebih efisien, klaim pihak Honda dengan 1 liter bensin dapat menempuh jarak hingga 63 km dengan menggunakan metode pengujian ECE R40. Sedangkan untuk BeAT lawas hanya mampu menempuh jarak hingga 58 km saja dengan 1 liter bensinya.
Selain spesifikasi Honda BeAT eSP diatas skutik ini pun memiliki berbagai macam fitur. Yang paling diunggulkan adalah ACG Starter yang membuat BeAT pada saat dinyalakan dengan menggunakan starter electrik bersuara lebih halus. Sebelumnya BeAT lawas menghasilkan suara ‘bletak’ yang cukup keras pada saat dihidupkan menggunakan starter elektrik. Fitur lawas lainnya pun ditemukan pada Honda BeAT eSP ini diantaranya yaitu Parking Brake Lock yang membuat skuter matik ini dapat berhenti pada saat dijalan atau parkiran yang memiliki tingkat kemiringan yang cukup tinggi.
Magnetic Shutter Key yang membuat sistem keamanan penguncian kendaraan lebih terjamin. Side Switch Stand merupakan fitur trend seter skutik saat ini yang berguna agar mesin Honda BeAT eSP tidak mau dihidupkan ketika standar samping masih dalam keadaan menyangga. Ada juga fitur optional yang ditemukan pada beberapa versi saja yakni versi CBS (Combi Brake System) yang akan sangat berguna bagi pengendara pemula yang belum paham dengan sistem pengereman yang tepat. Dan fitur ISS (Idling Stop System) yang ikut dihadirkan pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini yang akan mematikan mesin secara otomatif pada saat berhenti misalnya dilampu merah dan akan kembali hidup ketika gas ditarik lagi.
Magnetic Shutter Key yang membuat sistem keamanan penguncian kendaraan lebih terjamin. Side Switch Stand merupakan fitur trend seter skutik saat ini yang berguna agar mesin Honda BeAT eSP tidak mau dihidupkan ketika standar samping masih dalam keadaan menyangga. Ada juga fitur optional yang ditemukan pada beberapa versi saja yakni versi CBS (Combi Brake System) yang akan sangat berguna bagi pengendara pemula yang belum paham dengan sistem pengereman yang tepat. Dan fitur ISS (Idling Stop System) yang ikut dihadirkan pada spesifikasi Honda BeAT eSP ini yang akan mematikan mesin secara otomatif pada saat berhenti misalnya dilampu merah dan akan kembali hidup ketika gas ditarik lagi.
Honda BeAT FI eSP
| |||
Tipe | All New Honda BeAT eSP CBS | All New Honda BeAT eSP CBS ISS | All New Honda BeAT eSP CW |
Dimensi | |||
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.873 x 678 x 1.074 mm | 1.873 x 678 x 1.074 mm | 1.873 x 678 x 1.074 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.256 mm | 1.256 mm | 1.256 mm |
Jarak terendah ke tanah | 140 mm | 140 mm | 140 mm |
Berat kosong | 95 kg | 95 kg | 94 kg |
Kapasitas tangki bahan bakar | 3,7 liter | 3,7 liter | 3,7 liter |
Rangka | |||
rangka | Tulang punggung | Tulang punggung | Tulang punggung |
Tipe suspensi depan | Teleskopik | Teleskopik | Teleskopik |
Tipe suspensi belakang | Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal | Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal | Lengan ayun dengan peredam kejut tunggal |
Ukuran Ban Depan | 80/90 – 14 M/C 40P | 80/90 – 14 M/C 40P | 80/90 – 14 M/C 40P |
Ukuran Ban Belakang | 90/90 – 14 M/C 46P | 90/90 – 14 M/C 46P | 90/90 – 14 M/C 46P |
Rem Depan | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal – sistem pengereman CBS | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal – sistem pengereman CBS ISS | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol – sistem pengereman CBS | Tromol – sistem pengereman CBS ISS | Tromol |
Mesin | |||
mesin | 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP | 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP | 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP |
Kelas | 110 | 110 | 110 |
Volume Langkah | 108,2 cm3 | 108,2 cm3 | 108,2 cm3 |
Diameter X Langkah | 50 x 55,1 mm | 50 x 55,1 mm | 50 x 55,1 mm |
Perbandingan Kompresi | 9,5 : 1 | 9,5 : 1 | 9,5 : 1 |
Daya Maksimum | 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm | 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm | 6.38 kW (8.68 PS) / 7.500 rpm |
Torsi Maksimum | 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm | 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm | 9,01 Nm (0,92 kgf.m) / 6.500 rpm |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 0,7 liter pada penggantian periodik | 0,7 liter pada penggantian periodik | 0,7 liter pada penggantian periodik |
Tipe Kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | Otomatis, sentrifugal, tipe kering |
Tipe Transmsi | Otomatis, V-Matic | Otomatis, V-Matic | Otomatis, V-Matic |
Pola Pengoperan Gigi | – | – | – |
Tipe Starter | ACG Starter, pedal & elekterik | ACG Starter, pedal & elekterik | ACG Starter, pedal & elekterik |
Kelistrikan | |||
Tipe Battery | Battery 12V-3Ah, tipe MF | Battery 12V-5Ah, tipe MF | Battery 12V-3Ah, tipe MF |
Busi | NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9 | NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9 | NGK MR9C-9N / Denso V27EPR-N9 |
Pengapian | Full Transisterized, Baterai | Full Transisterized, Baterai | Full Transisterized, Baterai |
Itulah ulasan lengkap mengenai skutik terbaru yaitu All New Honda BeAT eSP, sangat lengkap dan menarik bukan? Setelah membahas skutik mungil dari Honda ini mulai dari sisi desain sampai dengan dapur pacunya maka kurang lengkap apabila Mas Sena tidak memberikan informasi harga Honda BeAT eSP terbaru ini.
Namun sebelum Mas Sena membisikan harga Honda BeAT eSP kepada bro dan sista sekalian, Mas Sena akan memberikan sedikit kesimpulan pada akhir segmen ini. All New Honda BeAT eSP ini memiliki dimensi yang cukup mungil dan memiliki desain yang begitu sporty dan trendy membuat skutik Honda yang satu ini sangat nyaman dan mudah untuk dikendarai.
Dengan desain striping yang begitu berwarna pun akan membuat pengendara akan lebih ekspresif. Bahkan dengan berbagai macam fitur yang dijejali, yang paling menonjol adalah eSP serta ACG membuat sensasi berkendara menjadi lebih nyaman karena begitu bertenaga, irit dan ramah lingkungannya mesin dari skuter matik ini. Nah dengan keistimewaan-keistimewaan tersebut membuat skuter matik Honda yang satu ini sangat direkomendasikan untuk pengguna yang sedang mencari motor matik yang irit dan responsif
Sekian info mengenai Spesifikasi Honda BeAT eSP Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para Riders, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon