Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan membahas Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng satria fu . Pada umumnya mesin sepeda motor 4tak menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol / kruck as pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder / deksel,tapi ada juga yang menggunakan push rod,seperti pada motor honda CG.
Maka pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan,pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara melepas dan memasang kembali rantai keteng.
Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng
langkah pertama untuk melepas rantai keteng adalah mesin harus ditopkan terlebih dahulu,bagaimana caranya ? gampang mas bro,tinggal putar maghnit kekiri sebanyak dua putaran,untuk memudahkan anda melihat tanda top yang harus anda buka :
1.buka tutup tanda top pada bak maghnit, tulisan "T"pada maghnit harus lurus dengan garis/coakan pada bak maghnit.
2.buka tutup gigi/gear timing pada kop silinder,tanda titik pada gear harus lurus dengan garis/coakan pada kop silinder.
3.buka tutup klep,pada posisi top kedua roker arm/templar harus netral / tidak menekan klep.
4.untuk lebih meyakinkan lagi,buka busi dan cek apakah piston berada diatas/TMA,pada posisi top piston harus diatas/TMA.
Setelah anda yakin mesin pada posisi top,barulah anda lepas bak maghnit,maghnit,gear starter dan komponen lain yang ada di bagian bak maghnit.
Kemudian anda lepas baut gear timing pada kop silinder,lepas penekan rantai keteng/otomatis timing.barulah anda lepas rantai keteng
Kalau anda serius menyimak langkah melepas rantai keteng,pada proses pemasangannya tidaklah sulit,ya tinggal pasang aja dengan catatan anda yakin posisi top mesin tadi tidak berubah.pada proses pemasangan yang harus diperhatikan adalah tanda top,asal anda teliti yakin anda pasti bisa.setelah proses pemasangan rantai keteng selesai,cek setelan klep bila perlu stel klep.
Pemasangan rantai keteng yang tidak pas pada topnya menyebabkan mesin susah dihidupkan,kalaupun bisa hidup,motor akan mrepet/mrebet alias tidak normal.
parahnya lagi klep bisa bengkok.kalau ini terjadi anda harus merelakan uang untuk beli klep baru dan membayar ongkos bengkel.makanya pada proses pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan.jangan asal-asalan,ok kawan.
Sekian info mengenai Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng satria fu semoga berguna bagi para riders yang budiman, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Maka pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan,pada postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara melepas dan memasang kembali rantai keteng.
Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng
- MELEPAS
langkah pertama untuk melepas rantai keteng adalah mesin harus ditopkan terlebih dahulu,bagaimana caranya ? gampang mas bro,tinggal putar maghnit kekiri sebanyak dua putaran,untuk memudahkan anda melihat tanda top yang harus anda buka :
1.buka tutup tanda top pada bak maghnit, tulisan "T"pada maghnit harus lurus dengan garis/coakan pada bak maghnit.
2.buka tutup gigi/gear timing pada kop silinder,tanda titik pada gear harus lurus dengan garis/coakan pada kop silinder.
3.buka tutup klep,pada posisi top kedua roker arm/templar harus netral / tidak menekan klep.
4.untuk lebih meyakinkan lagi,buka busi dan cek apakah piston berada diatas/TMA,pada posisi top piston harus diatas/TMA.
Setelah anda yakin mesin pada posisi top,barulah anda lepas bak maghnit,maghnit,gear starter dan komponen lain yang ada di bagian bak maghnit.
Kemudian anda lepas baut gear timing pada kop silinder,lepas penekan rantai keteng/otomatis timing.barulah anda lepas rantai keteng
- MEMASANG
Kalau anda serius menyimak langkah melepas rantai keteng,pada proses pemasangannya tidaklah sulit,ya tinggal pasang aja dengan catatan anda yakin posisi top mesin tadi tidak berubah.pada proses pemasangan yang harus diperhatikan adalah tanda top,asal anda teliti yakin anda pasti bisa.setelah proses pemasangan rantai keteng selesai,cek setelan klep bila perlu stel klep.
Pemasangan rantai keteng yang tidak pas pada topnya menyebabkan mesin susah dihidupkan,kalaupun bisa hidup,motor akan mrepet/mrebet alias tidak normal.
parahnya lagi klep bisa bengkok.kalau ini terjadi anda harus merelakan uang untuk beli klep baru dan membayar ongkos bengkel.makanya pada proses pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar diperhatikan.jangan asal-asalan,ok kawan.
Sekian info mengenai Cara Melepas dan Memasang Rantai Keteng satria fu semoga berguna bagi para riders yang budiman, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon