Loading...

Sabtu, 21 Mei 2016

Cara memperbaiki mesin motor yg kena banjir (tanpa overhoul)

Hallo brother Cara memperbaiki mesin motor yg kena banjir (tanpa overhoul) - Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia kerap menimbulkan banjir. Hal ini pula membuat para pemilik kendaraan khususnya sepeda motor nekat, untuk menerobos banjir.

Memperbaiki mesin motor yg kena banjir (tanpa overhoul). Padahal, meski telah mengetahui risikonya, namun ternyata hal itu tak membuat kapok. Sepeda motor yang menerabas banjir bisa menjadi mogok. Mulai sistem kelistrikan yang basah hingga dapur pacu yang kemasukkan air.

Cara memperbaiki mesin motor yg kena banjir (tanpa overhoul)

Jika sepeda motor sudah mogok, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah tidak menyalakan mesin. Kenapa? Karena menghidupkan mesin dapat membuat air dan kotoran masuk ke dalam mesin. Hal tersebut bisa menyebabkan water hammer, piston bisa jebol. Jika air menyerang sistem kelistrikan, efeknya membuat konslet.

tips/cara memperbaiki  motor yg kena banjir bongkar mesin

kayaknya topik postingan ini cocok untuk daerah yg sering dilanda banjir, banyak yg ngalamin motornya masuk air dan mati mendadak akibat terendam banjir ataupun kecebur dalam sungai.

- Buka dan lepaskan busa penyaring udara dari tempatnya lalu keringkan hingga sekering-keringnya, bisa memakai kain penyerap air.


- Selanjutnya bersihkan dan keringkan area coil dan busi, periksa dan pastikan kabel2 penghubung ke busi benar2 sudah kering.


- Bagian ini yg paling penting yaitu menguras oli dari mesin sampai habis caranya buka baut pembuang oli letaknya biasanya dibagian bawah mesin, jangan lupa bersihkan pula filter oli .


- Sekarang mesinnya harus di isi oli khusus yg larut dalam air seperti: 
Esso Kutwell 30, 40,45 atau 50 , Mobilmet
122/110, Shell Dromus B . atau TOTAL Lactuca LT2. tujuannya agar sisa2 air dalam bak mesin dapat akan menyatu dengan oli khusus tsb. Isikan sampai 1 liter, walau biasanya 0,9 liter.


- lalu cobalah engkol/kick starter sampai 30 kali tanpa menghidupkan kunci kontak atau dalam posisi mesin mati.


- Selanjutnya kuras kembali oli tsb sampai habis dengan membuka baut pembuangan oli, gunakan kompressor udara agar lebih cepat, liat warna olinya jika berwarna putih susu itu menandakan ada air yg terlarut di dalam oli. biarkan selama kurang lebih 1 jam agar oli benar2 habis terkuras.


- Hampir selesai, selanjutnya isi kembali oli mesin tsb dengan oli buatan pertamina yaitu ENDURO atau Mesran Super 20W50 dan coba hidupkan mesin dengan starter kaki dan biarkan tetap hidup selama 1 jam agar mesin benar2 panas.


- Kuras kembali oli tsb sampai habis dan pastikan filter oli bebas air


- langkah terakhir isikan kembali oli yg sama yaitu ENDURO dan MESRAN SUPER 20w50 dan hidupkan kembali mesin motor anda seperti biasanya.


- Selamat....jika anda mengikuti langkah diatas dengan benar kini motor anda kembali normal tanpa bongkar mesin. jangan lupa baca 
Tips Aman Menghadapi Banjir Saat Berkendara.

Sekian info mengenai  Cara memperbaiki mesin motor yg kena banjir (tanpa overhoul) ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon