Rantai kamprat yang terlalu kendor atau tegang bisa menyebabkan beberapa hal yang mengganggu kinerja pada motor, efek dari hal itu antara lain:
2. Terbuka dan tertutupnya katup tidak tepat pada "saat"nya,
3. Motor agak sukar di stater,
4. Motor tersendat-sendat terutama pada saat putaran tinggi,
5. Suara mesin berisik,
6. Bagian-bagian yang dekat dengan rantai akan mendapatkan gesekan,
7. Motor tidak bisa langsam atau motor sering mati pada putaran rendah.
2. Motor agak sukar / berat untuk distater,
3. Motor tidak bisa stasioner / handel gas jika dilepas motor akan mati,
4. Suara motor mengaung-aung terutama pada saat motor dalam putaran tinggi,
5. Motor cepat panas / over heating,
6. Noken As dan dudukannya cepat aus,
7. Gigi Noken As / Cam Sproket cepat aus,
8. Cam Chain atau rantai kamprat cepat aus atau memanjang (mulur),
9. Tensioner cepat aus,
10. Gigi Kruk As / Timing Sproket cepat aus.
Akibat dari rantai kamprat motor yang terlalu kendor:
1. Putaran dari Kruk As ke Noken As menjadi terlambat,2. Terbuka dan tertutupnya katup tidak tepat pada "saat"nya,
3. Motor agak sukar di stater,
4. Motor tersendat-sendat terutama pada saat putaran tinggi,
5. Suara mesin berisik,
6. Bagian-bagian yang dekat dengan rantai akan mendapatkan gesekan,
7. Motor tidak bisa langsam atau motor sering mati pada putaran rendah.
Akibat dari rantai kamprat yang terlalu tegang:
1. Terlalu berat / seret Kruk As untuk memutar Noken As sehingga menyebabkan semua putaran mesin menjadi berat,2. Motor agak sukar / berat untuk distater,
3. Motor tidak bisa stasioner / handel gas jika dilepas motor akan mati,
4. Suara motor mengaung-aung terutama pada saat motor dalam putaran tinggi,
5. Motor cepat panas / over heating,
6. Noken As dan dudukannya cepat aus,
7. Gigi Noken As / Cam Sproket cepat aus,
8. Cam Chain atau rantai kamprat cepat aus atau memanjang (mulur),
9. Tensioner cepat aus,
10. Gigi Kruk As / Timing Sproket cepat aus.
EmoticonEmoticon