Loading...

Senin, 09 Mei 2016

Tips Ketika Motor Matik Mati Mendadak Karena Hilang Kompresi

Brosis sekalian, pernah mengalami motor matik kita tiba tiba mati mendadak saat kita mengendarainya?? Padahal biasanya biasa saja tidak ada yang aneh dengan motornya? Hal serupa dialami oleh rekan kerja saya (sebut saja Bunga) yang sehari hari menyemplak motor matik. Sudah tiga kali dia mengalami mati mendadak ini gan… padahal motor kreditannya masih berumur setahunan lho….wah piye gan ini??

Nah, beberapa waktu lalu teman saya ini curhat mengenai masalahnya ini setelah mogok. Tapi karena saya bukan mekanik gan…ya sudah coba saya tanya mbah google dulu dan mencari referensi. Dan akhirnya ketemu juga…dan ternyata sudah banyak yang bahas.
Jadi, kemungkinan salah satu penyebabnya adalah karena hilang kompresi gan…Masalah hilang kompresi ini yang paling sering kali terjadi pada motor motor matik karena memang karakter matik yang memiliki RPM tinggi. Ketika kita menurunkan throttle, tiba tiba motor mati seperti hilang tenaga.
Jika hal ini terjadi, jangan panik dulu gan. Coba dulu pertolongan pertama berikut ini….
- Jika motor matikmu mati, pinggirkan motor ke tepi jalan kemudian standar tengah.
- Coba di stater kaki/engkolan dulu. Jika diengkol terasa ringan (ngeloss) bisa dipastikan motor anda mengalami hilang kompresi.
-Selanjutnya, buka gas secara penuh sambil di barengi dengan men starter atau diengkol. Lakukan hal ini sampai motor hidup kembali. Dengan membuka gas penuh, ini akan membantu untuk pemasukan bahan bakar ke ruang bakar dan juga membantu kompresi naik agar motor bisa hidup kembali.
Untuk kasus pada motor teman saya tadi untungnya cukup dengan cara diatas sudah bisa jalan lagi. Tapi bagaimana jika masih belum bisa hidup?? Mungkin perlu tips lanjutan berikut ini gan…
1. Lepas dek tengah yang berada didepan mesin pakai obeng (+)
2.Buka busi dan masukkan sedikit oli kira kira 5 cc saja melalui lubang busi.
3. Coba di engkol perlahan agar merata, lalu pasang kembali businya.
4.Setelah busi dipasang kembali, coba di engkol lagi gan….
Kalau keluar asap putih jangan kaget, itu karena oli tadi yang ikut terbakar di dalam mesin.
Nah, jika masih gagal maning…gunakan cara terakhir ini gan…
√ Dorong ke bengkel terdekat biar di cek disana.
Apa penyebab hilangnya kompresi ini??
Ada beberapa penyebab hilangnya kompresi ini antara lain:
– Setelan klep yang terlalu rapat dengan kompresi tinggi.
– Kerak pada dinding mesin yang protol atau ngelonthok dan menyumbat klep.
– Kurangnya asupan BBM. Jika asupan BBM terlalu sedikit, silinder akan memuai karena kepanasan, dan ring piston tidak akan mampu meng cover pemuaian tersebut dan hasilnya Loss kompresi.
Last, untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut yang harus dilakukan adalah merawat motor matik secara teratur gan. Gunakan bensin yang bebas timbal, minimal minum Pertalite gan…
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Tips Ketika Motor Matik Mati Mendadak Karena Hilang Kompresi . Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon