Loading...

Senin, 09 Mei 2016

Motor mogok akibat Kompresi Bocor

Hallo brother Motor mogok akibat Kompresi Bocor Motor mogok itu gak kenal waktu, gak kenal kepentingan, gak kenal panas hujan siang malam, masih baru atau sudah lama, mogok ya mogok aja.. hehe..

Motor mogok akibat Kompresi Bocor

Motor mogok akibat Kompresi Bocor. oke langsung aja ke bahasan pokok kali ini saya akan mencoba mengupas kayak bawang aja di kupas, mengupas saudaranya membahas,sebenarnya tulisan ini sudah lama sekali ada didalam draft, lansung saja ya .

Penyebab motor lost compression/ kompresi bocor
Barang kali ada beberapa teman sudah menemui, atau bahkan mengalaminya, motor kesayangan tiba- mati total, nah motor atau mesin itu untuk bisa hidup dengan ada 3 syarat utama

1. Kompresi yang baik,
2. Bahan bakar yang baik,
3. Pengapian yang bak, 
Kali ini kita akan membahas yang nomer 1 aja dulu, yg no 2 n 3 nanti ya,,, hehe

Kompresi apa sih kompresi, kompresi tu kalau bahasa jawanya ma tekanan, hehe, iya benar sekali kompresi itu tekanan yang berada di ruang bakar, tekanan itu didapat dari naik turunya piston. Baca juga : Atasi Motor Mogok Alasannya Bensin Tidak Naik


na tekanan tersebut ada batas setandarnya biasanya kalau mesin 4 tak 1 cylinder kurang lebih sekitar 600 Kpa ke atas, artinya apabila mesin kompresinya dibawah 600 Kpa besar kemungkinan mesin tidak mau hidup, istilah ini disebut dengan lost compression atau kompresi yang bocor, akibat kompresi yang bocor maka bahan bakar dan udara tidak bisa terbakar dengan baik atau tidak bisa di mampatkan sehingga tidak terjadi ledakan di ruang bakar.


Motor mogok akibat Kompresi Bocor

Kira-kira apa penyebab lost compression, banyak hal, diantaranya ruang bakar yang kotor, ring piston yang sudah lemah, paking cylinder head yang bocor, klep yang bengkok dll, yang paling sering terjadi adalah ruang bakar yang kotor, ruang bakar yang kotor juga banyak penyebabnya, yaitu bahan bakar yang jelek,


setingan bahan bakar dan udara yang tidak tepat, cara pakai, nah cara pakai juga berpengaruh lho.. iya karena klo motor biasa di ajak pelan maka di dalam mesin pembakaran yang tidak ideal, ada istilah self cleaning dalam ruang bakar, self cleaning adalah pembersihan kerak pada ruang bakar, pembersihan ini terjadi npada suhu sekitar 350-400 derajat celcius.




makanya kenapa klo naik mtornya pelan jarang akan terjadi suhu segitu,  biasanya ini terjadi pada motor matic dan penggunanya cewe, maka ga ada salahnya ya minimum seminggu sekali motornya di geber ya g usah kenceng kenceng cukup 100 km/jam aja hehe, g ngajarin kebut-kebutan lho ya... tp ini sekali kali, 
kemudian untuk mencegah terjadinya penumpukan kerak atau kotoran pada ruang bakar sekali kali dikasih minumnya yang enak, jangan orangnya aja yang makan minum enak, sekali kali motor di beliin pertamax or pertamax plus, di oplos jg gpp.

Indikasi motor lost compression atau kompresibocor adalah, kalau pagi susah hidup, trus tenaganya ngedrop, mesin sering mati mati, semua fungsi kelistrikan normal (kayak electric stater, klakson dll), trus di kick stater/ stater kaki terasa ringan seperti tidak ada tendangan balik gtu...

Itu tadi beberapa penyebab motor lost compression
sekarang cara mengatasi dalam kondisi darurat, kalau memang indikasi seperti diatas maka cara simpel mengatasinya adalah memberikan oli ke ruang bakar melalui lubang busi, kenapa mesti oli karena salah astu fungsi oli adalah sebagai perapat, jadi biar rapet ga ada kebocoran, cara ngisi olinya gimana ???


kalau kondisinya di tengah jalan misalnya, coba cari sedotan apa aja, tapi jangan sedotan aqua kecil itu ma kekecilan hehe,, cari selang aki atau sedotan yang aga besar kemudian sedot oli mesin sedikit aja ya kira-kira 50 cc cukup lah, lalu masukkkan ke lubang busi, setelah itu pasang businya, lakukan kick stater beberapa kali, kemudian ON kan kunci kontaknya, kalau masih belum hidup coba di buka sedikit gasnya, kalau sudah beberapa kai sudah di kick stater maupun electric stater belum hidup juga, langkah terakhir adalah di bawa kebengkel terdekat untuk pengecekan lebih lanjut.. hehe. jangan lupa baca  Penyebab utama busi cepat mati bisa karena bensin kelewat boros 

Sekian info mengenai Motor mogok akibat Kompresi Bocor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon