Loading...

Jumat, 24 Juni 2016

Cara Baca Spesifikasi Ban

Tags

Hallo brother Cara Baca Spesifikasi Ban - Ban pada sebuah kendaraan (terutama di jalan raya) merupakan komponen wajib yang harus ada. Mungkin sesekali seorang pengendara motor mengganti ban motornya, entah karena sudah rusak, bocor ataupun karena sekedar ingin merubah penampilan motor dengan ban baru yang berbeda.


Cara Baca Spesifikasi Ban

Spesifikasi Ban . Pada saat mengganti ban, mungkin pernah kita lihat disana tertera kode-kode pada bagian samping ban tersebut, apa sih makna kode tersebut?
Baiklah, untuk memperjelas pemahaman mari kita lihat gambar dibawah ini:
Cara Baca Spesifikasi Ban

Ukuran Ban

Pada saat membeli ban baru (terutama tanpa sample ban lama). Kita akan ditanya oleh penjual ban “Mau yang ukuran berapa?”.
Ada dua buah standar ukuran yang digunakan oleh pabrikan ban, beberapa toko mungkin ada yang menyebut nilai “2.50-17” dan sebagian besar toko lainya menyebut nilai “100/90-18”.
Kedua nilai ini benar tetapi mengacu pada dua buah standar internasional yang berbeda.

UNTUK BAN DENGAN UKURAN 2.50-17 MEMPUNYAI ARTI SEBAGAI BERIKUT:

  • Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 2.50 inch,
  • Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 17 inch,
  • Apabila setelah nilai 2.50 diikuti dengan garis miring dengan nilai lainya semisal 2.50/60, maka tebal atau rasio tinggi ban adalah 60% dari tapak ban = 60% x 2.50 inch.

UNTUK BAN DENGAN UKURAN 100/90-18 MEMPUNYAI ARTI SEBAGAI BERIKUT:

  • Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 100mm,
  • Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 18 inch,
  • Rasio tebal/tinggi ban (Aspect Ratio) adalah 90% dari lebar tapak ban atau 90% x 100mm = 90mm.

Maksimum Beban dan Kecepatan (Service Description)

Beban maksimal dan kecepatan biasanya ditulis menjadi satu di dalam tanda dalam kurung, misal “(73W)”. Angka “73” merupakan indeks beban (Load Index) dan Huruf “W” merupakan simbol kecepatannya (Speed Symbol).
Untuk mengartikan simbol dan indeks diatas dapat dilihat dari tabel berikut ini:
maksimum beban dan kecepatan
Intinya kalau memungkinkan pakailah ban tubeless karena walau bukan anti bocor tapi minimal masih bisa jalan sampai bengkel terdekat kalau mendadak kena paku.
Sekian info mengenai Cara Baca Spesifikasi Ban Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua . kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon