Loading...

Minggu, 02 Februari 2020

Begini Cara Kerja Kiprok Di Motor, bila rusak aki bisa tekor

Hallo brother Begini Cara Kerja Kiprok Di Motor, bila rusak aki bisa tekor -Banyak pemilik motor, lebih memperhatikan aki dibanding kiprok. Padahal salah satu komponen kelistrikan yang memiliki peran penting pada sepeda motor  yang bisa membuat aki cepat rusak maupun awet, adalah kiprok. atau bahasa lainnya Regulator Rectifier



Cara Kerja Kiprok Di Motor. Dari definisi masing-masing kata Regulator Rectifier , bisa diketahui kalau. Rectifier sendiri maknanya yaitu penyearah, di mana tegangan listrik yang dihasilkan oleh mesin berarus AC (alternating current), diubah menjadi arus DC (direct current). Dengan itu, listrik baru bisa masuk dan disimpan ke dalam aki. 

Cara Kerja Kiprok Di Motor,


Listrik yang dihasilkan oleh spul itu berarus AC, sementara listrik yang bisa disimpan di dalam aki itu arus DC. Jadi tidak mungkin dari spul langsung ke aki tanpa terlebih dahulu disearahkan melalui kiprok tersebut. Jika kiprok rusak, jelas saja alur sistem kelistrikan tidak akan berjalan baik. Sementara pada kendaraan dengan sistem injeksi, kelistrikan punya posisi vital. Seperti salah satunya, tanpa adanya asupan listrik baik, injektor bahan bakar (yang digerakkan oleh listrik) tidak bisa bekerja maksimal, dan sepeda motor bisa mogok.

Cara Kerja Kiprok Di Motor,

Regulator sendiri yaitu alat pengatur, dalam hal ini tentu terkait kelistrikan. Jadi, ketika aki sudah penuh terisi, oleh listrik yang dihasilkan oleh putaran mesin, maka secara otomatis kiprok akan menghentikan pasokan listrik ke aki dan membuangnya ketempat lain.
Ketika sepeda motor dikendarai, tentu mesin akan terus berputar, dan selama itu juga listrik tak henti dihasilkan. Namun aki memiliki batas waktu tertentu sampai akhirnya terisi penuh, dan tidak lagi butuh pasokan. 

Saat itu terjadi, kiprok kemudian mengatur aliran listrik, dengan mengalihkannya ke bagian sepeda motor yang lain. Supaya tidak terjadi overcharge pada aki, yang bisa membuatnya rusak Karena begitu pentingnya kirpok terhadap pada sepeda motor. Diharapkan ketika sedang melakukan servis rutin atau baru mengganti aki, sebaiknya periksa tegangannya, apakah normal atau tidak. Sehingga kondisi kiprok bisa terus terpantau, sedang rusak atau masih baik.


Untuk video lebih jelasnya tentang Begini Cara Kerja Kiprok Di Motor, bila rusak aki bisa tekor bisa dilihat di channel youtube saya 





Sekian info mengenai Begini Cara Kerja Kiprok Di Motor, bila rusak aki bisa tekor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon