Cara mengemudi Mobil Matic -Mobil dengan transmisi otomatis atau
yang dikenal dengan mobil matic memang banyak diminati. Pasalnya dalam
mengendari mobil matic ini tidak ribet karena hanya memainkan pedal gas
dan rem. Selain itu mobil matic bisa membuat lebih sabar bagi para
pengendaranya dalam menghadapi tekanan psikologis akibat kemacetan yang
terjadi. Kendati demikian ternyata masih banyak orang yang masih belum
paham dalam mengendarai mobil matic.
Cara mengemudi Mobil Matic yang benar harus dipahami betul oleh setiap pemiliknya agar didapatkan
kinerja dan kenyamanan yang optimal. Untuk itu pahamilah fungsi dari
moda pengoperasian pada mobil matic yakni P, R, N , D, D-3, D-2, dan L.
Berikut adalah fungsi ketujuh moda pengoperasian pada mobil matic:
- P (parkir)
Pada saat tuas transmisi berada pada posisi P, maka mesin mobil bisa hidup namun mobil tidak akan berjalan meski pedal gas ditekan. Hal ini dikarenakan tekanan oli di transmisi akan di alirkan kembali ke bak penampungan, sehingga penggerak transmisi belum bekerja. Bayangkan saja jika tidak ada moda parkir, ketika berada di tempat parkir yang dipenuhi kendaraan tanpa sengaja anda menginjak pedal gas tentunya akan sangat beresiko. Jadi ketika anda sedang berada diparkiran pastikan tuas transimi berada pada posisi P. - R (reserve)
Ketika anda menggeser tuas transmisi ke posisi R, maka memungkinkan kendaraan akan berjalan mundur. - N (neutral)
Sama seperti posisi P, saat tuas transmisi berada di posisi N mesin mobil tetap hidup namun kendaraan tidak berjalan. Posisi N dipilih saat sedang berhenti sejenak seperti saat lampu merah. - D (drive)
Ketika anda akan menjalankan mobil maka pilihlah pada posisi D. Tidak seperti pada transmisi manual, pada mobil matic ini perpindahan percepatan berlangsung secara otomatis. Jadi anda tinggal menekan pedal gas, maka perpindahan percepatan percepatan akan terjadi secara otomatis seiring kecepatan mobil. Saat anda ingin mendahului kendaraan lain, lakukanlah akselerasi maka saat itu TPS (sensor bukaan throttle) akan mengirim sinyal ke ECU agar posisi gear lebih rendah. - D-3 / OD
Banyak yang masih bingung cara mengemudi mobil matic pada posisi D-3 ini. Padahal fungsinya cukup sederhana yakni membatasi percepatan mobil pada gear 3rd. Pada moda D-3 ini akan sangat membantu ketika akan berakselerasi tanpa harus menekan pedal gas lebih dalam. - D-2 (intermediate)
Funsinya hampir sama dengan D-3 yakni membatasi percepatan transmisi pada gear 2st. Dengan memilih posisi 2st ini juga akan membantu pada saat melaju di turunan karena terjadi engine breaking. - L (low)
Posisi L ini sangat membantu ketika anda sedang melintasi jalanan yang menanjak. Fungsinya adalah membatasi percepatan transmisi pada gear 1st saja.
Memahami cara mengemudi mobil matic dengan memahami fungsi setiap posisi transmisi
diatas akan sangat membantu anda dalam mengemudikan mobil matic. Dengan
demikian perjalanan anda dengan mobil matic akan lebih nyaman dan aman.
Selamat mencoba.
Berikut ini adalah beberapa informasi Tip dan Trik Mekanik Motor , plus Artikel Keren
Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: TEDYMOTOR PATI ( 08526499125 )
EmoticonEmoticon