Loading...

Minggu, 20 Maret 2016

Cara Menghitung Ratio Gear Pada Trasmisi

Hallo brother Cara Menghitung Ratio Gear Pada Trasmisi Gigi Dalam Transmisi Juga Berperan Penting Dalam Percepatan Sepeda Motor Anda, SeBelum Kita Lanjut Kita Terlebi Dahulu Mengenai Apa Itu Ratio gear atau perbandingan gigi.

Cara Menghitung Ratio Gear Pada Trasmisi

Ratio gear atau perbandingan gigi


Perbandingan Gigi Adalah angka yang menunjukkan tingkat ukuran besar kecilnya antara gigi- gigi pada transmisi. Ratio gear ini akan menentukan percepatan yang dihasilkan dari kombinasi gigi - gigi pada transmisi , pada masing - masing tingkat percepatan.



 Pada tranmisi sepeda motor umumnya menggunakan kombinasi dua gear untuk menghasilkan suatu tingkat percepatan .sementara pada mobil umumnya menggunakan kombinasi empat gigi atau lebih untuk menghasilkan satu tingkat percepatan. Misalkan pada kecepatan gigi 1 , maka perubahan percepatan dari kopling ke poros keluaran transmisi menggunakan kombinasi 4 gigi ( untuk mobil). 



Gigi - gigi ini memiliki jumlah mata gigi yang berbeda pada tiap - tiap gigi. Jumlah mata gigi yang berbeda - beda inilah yang akan menghasilkan perbedaan putaran dan tenaga pada transmisi.

Pembahasan Mengenai cara menghitung ratio gear pada transmisi :



1. kombinasi 2 gigi
Untuk kombinasi dua gigi kita menggunakan rumus :
ratio gear = B : A

2. kombinasi 4 gigi
Untuk kombinasi 4 gigi kita menggunakan rumus :
ratio gear = (B : A ) x ( D : C )

3.kombinasi 5 gigi 
Untuk kombinasi lima gigi kita menggunakan rumus ;
ratio gear = ( B : A ) x (E : C ) x ( D : E )

Contoh :
jumlah roda gigi A adalah 10 , B = 30 , C =20 , D = 40

ratio gear = ( 30 : 10 ) x ( 40 : 20 )
               = 3 x2
               = 6

Jadi Kesdimpulan-Nya Adalah adalah:

6 , maksudnya adalah 6 kali putaran kopling akan menghasilkan 1 kali putaran output pada poros keluaran transmisi.

Sekian info mengenai Cara Menghitung Ratio Gear Pada Trasmisi Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon