Loading...

Sabtu, 19 Maret 2016

Fungsi Dan Cara Kerja Komponen Kopling

Hallo brother Fungsi Dan Cara Kerja Komponen Kopling - Kata kopling berasal dari kata serapan coupling yang kata dasarnya adalah couple, artinya pasangan . Namun pengertian kopling di Indonesia berbeda dengan coupling di luar negeri. Kopling di negara kita lebih identik dengan clutch.



Kopling Motor . Pengertian coupling pada kendaraan bermotor adalah hubungan antara engkol dan roda, dimana engkol yang terhubung dengan roda dapat menghasilkan tenaga mesin.




Komponen-Kopling (clutch) Dan Fungsinya



Kopling adalah suatu alat yang hanya dapat ditemukan pada kendaraan dengan transmisi manual. sebelumnya baca Perbedaan Kopling Manual dan Kopling Otomatis. Kopling terletak antara bagian belakang mesin dengan ujung depan transmisi.
  • fungsi Kopling
Kopling mengatur transfer gaya putar/torsi dari mesin ke pemindah daya. Jika pedal kopling ditekan/diinjak, tidak ada gaya putar yang ditransfer dari mesin ke komponen yang lain dari pemindah daya. Jika pedal kopling dilepas, gaya putar/torsi dari mesin ditransfer oleh pemindah daya ke roda penggerak.
  • Cara Kerja Kopling
Prinsip dasar bagaimana kopling bekerja seperti yang diilustrasikan pada gambar berikut ini. Jika pedal kopling ditekan (diinjak) Selama disc yang lain (driven disc) tidak berhubungan dengan drive disc, maka tidak ada torsi yang ditransfer dari mesing ke pemindah daya. Jika pedal kopling dilepas, Drive disc dan driven disc bersinggungan. Drive disc pada saat ini dapat memutar driven disc yang berhubungan dengan poros input transmisi. Sebagai hasilnya, torsi/gaya putar dari mesin ditransfer melalui kopling ke pemindah daya.
  • Komponen-komponen dari Kopling (Clutch)
Komponen utama dari kopling mulai dari roda gila (flywheel) adalah sebagai berikut :
1. Driven plate (juga dikenal sebagai piringan kopling, pelat kopling atau friction disc/piringan gesek)
2. Clutch pressure plate (plat penekan) dan covernya
3. Clutch release atau throwout bearing
4. Clutch release fork

Tabel Komponen utama kopling dan fungsinya

Clutch release mechanism
Mekanisme Pembebas kopling
(Kabel, hubungan atau hidrolik)
Memungkinkan pengendara mengkopling dengan pedal kaki.
Clutch fork
Tuas/garpu kopling
Adalah tuas yang memberi gaya bearing pembebas melawan plat penekan
Pressure Plate
Plat penekan
Plat yang ditekan dengan spring(per) memberi gaya plat kopling melawan roda gila (flywheel)
Clutch disc
Pelat kopling
Piringan gesek yang dipasangkan ke poros input transmisi. Memuat permukaan gesek(kasar) antara roda gila dengan plat penekan.
Flywheel
Roda gila
Memberikan suatu permukaan gesek (kasar) pada plat kopling
Pilot bearing
(ring atau bearing)
Mendukung/menyangga bagian ujung depan dari poros input transmisi

Terdapat bervariasi desain dan bentuk dari komponen-komponen ini, akan tetapi fungsi dari masing-masing adalah sama.
1. Singgle plate clutch (Kopling plat tunggal).
2. Multy plate clutch (kopling multiplat). Digunakan pada kendaraan-kendaraan berat.
  • Ketidakberesan kopling
Gejala-gejala berikut ini menandakan bahwa terjadi kesalahan pada rangkaian kopling/kopling set (clutch assembly) :


1. Kopling selip pada saat dibebani
2. Bergetar
3. Gerakan kendaraan yang mengejut
4. Suara berisik yang tidak lazim
5. Tidak ada gerakan
6. Suara berisik pada saat pemindahan gigi 

Sekian info mengenai 
Fungsi Dan Cara Kerja Komponen Kopling Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon