Hallo brother Perbedaan Kopling Manual dan Kopling Otomatis - Kopling pada sepeda motor bertugas sebagai penghubung dan pemutus tenaga dari kruk-as ke transmisi (gigi perseneling). Untuk kopling yang biasa dipakai di Indonesia menurut cara kerjanya ada 2, yaitu kopling manual dan kopling otomatis. Dan pada umumnya kopling motor di Indonesia memakai tipe basah dan memakai sistem plat ganda/majemuk yang berarti plat kopling terendam oli dan memakai banyak plat kopling.
Perbedaan Kopling . Kopling pada sepeda motor bertugas sebagai penghubung serta pemutus tenaga dari Poros Engkol ke transmisi (gigi perseneling). Untuk kopling yang umum digunakan di Indonesia menurut langkah kerjanya ada 2, yakni kopling manual serta kopling automatis. Serta biasanya kopling motor di Indonesia menggunakan type basah serta menggunakan system plat ganda/majemuk yang bermakna plat kopling terendam oli serta menggunakan banyak plat kopling.
Perbedaan Kopling Manual dan Kopling Otomatis
- Cara Kerja Kopling Manual
Kopling manual cara kerjanya diatur oleh sebuah tuas yang biasa disebut dengan handle kopling, dengan cara menarik handle kopling bila handle kopling bebas (tidak ditarik) maka plat tekan dan plat gesek dipijit oleh piringan penekan (cluth pressure palte) dengan bantuan pegas kopling sehingga tenaga putar dari poros engkol sampai pada roda belakang.
Sedangkan bila handle kopling pada batang kemudi ditarik maka kawat kopling akan menarik alat pembebas kopling, alat pembebas ini akan menekan batang tekan (pushrod). Pudhrod ini akan mendorong piringan penekan ke arah berlawanan dengan arah gaya pegas kopling akibatnya plat gesek dan plat tekan akan saling merenggang dan putaran rumah kopling tidak diteruskan pada poros utama.- Cara Kerja Kopling Otomatis (Kopling sentrifugal)
Langkah kerjanya ketika putaran mesin rendah (stasioner), style sentrifugal serta kampas kopling, pemberat jadi kecil hingga sepatu kopling lepas dari tempat tinggal kopling serta tertarik ke arah poros engkol, mengakibatkan tempat tinggal kopling yang terkait dengan gigi pertama penggerak jadi bebas pada poros engkol.
Waktu putaran mesin jadi tambah, style sentrifugal makin besar hingga mendorong kanvas kopling meraih tempat tinggal kopling dimana stylenya semakin besar dari style tarik pengembali. Tempat tinggal kopling turut berputar serta melanjutkan ke tenaga gigi pertama yang digerakkan.
Sedang kopling ke-2 diletakkan berbarengan primary driven gear pada poros center (countershaft) serta terkait segera dengan mekanisme pemindah gigi transmisi/persnelling. Ketika gigi persnelling dipindahkan oleh pedal pemindah gigi, kopling ke-2 dibebaskan oleh gerakan poros pemindah gigi (gear shifting shaft).
Kopling terhubung dan terlepas dengan menggunakan gaya sentrifugal, yang timbul karena gaya dari poros engkol. Saat kecepatan mesin rendah maka kopling secara otomatis terputus dan pada saat kecepatan mesin tinggi kopling terhubung. Tipe kopling in banyak dipakai pada sepeda motor bebek dan skuter.
Sekian info mengenai Perbedaan Kopling Manual dan Kopling Otomatis Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...
EmoticonEmoticon