Hallo brother Teknologi Motogp - Dengan kecepatan segitu tentu tentu motor di motogp memerlukan teknologi yang handal baik untuk kemanan pembalap maupun kemampuan motor itu sendiri. Mulai dari mesin sebagai penghasil tenaga, rangka, dan ban sebagai penyalur tenaga yang mebuat motor bisa melaju dengan kecepatan tinggi, dan juga helem serta baju pengaman yang dikenakan pembalap sangat menarik untuk di ketahui.
Teknologi MotoGP. Sepeda motor untuk motogp di buat khusus dan memenuhi standar yang
dibuat oleh penyelengara motogp. Satu lagi motor dengan kapasitas 800 cc
dengan putaran mesin antara 17500 – 18000 ini tidak untuk dijual di
pasaran dan tidak boleh di tunggangi dijalanan.
Sepeda motor motogp di buat dari material yang bermutu tinggi dan
harga yang selangit seperti, titanium, serat karbon yang di perkuat. Selain itu motor motogp di persenjatai dengan perangkat elektronik
yang canggih termasuk telemetri, engine management systems, kontrol
traksi, rem cakram karbon, dan teknologi mesin modern yang diadopsi dari
teknologi mesin mobil F1.
Teknologi Mesin motogp
Mesin Motogp yang digunakan adalah tipe empat
langkah (4 tak), bisa terdiri dari dua selinder sampai enam selinder dan
mempunyai berat minimal untuk masing-masing jumlah silinder.
- 2 selinder kebawah berat minimal 133 kg
- 3 selinder 140.5 kg
- 4 selinder148 kg
- 5 selinder 155.5 kg
- 6 selinder atau lebih berat minimal 163 kg
Rem motogp
Dengan kecepatan puncak yang bisa mencapai 347
km/jam, rem merupakan senjata yang sangat di perlukan oleh para rider di
motogp. Dengan rem yang mumpuni di tambah dengan skill, pembalap bisa
melakukan overtaking di tikungan.
Rem motor di motogp harus memenuhi ringan, kuat dan
tahan panas. Material yang digunakan biasanya serat karbon atau baja
untuk cakramnya. Sebagai perbandingan untuk diameter yang sama cakram
karbon beratnya 750 gram sampai 800 gram, sedangkan baja 1200 gram
sampai 1600 gram.
Selain bahan, desain rem motogp sangat komplit karena
akan mempengaruhi stabilitas saat pengereman, selain itu rem untuk
masing-masing team di jatah 6 sampai 8 per musim dan di buat oleh dua
pabrikan Brembo dan Nissin.
Ban Motogp
Ban merupakan salah satu bagian vital dari motor. Ban
berfungsi penahan beban baik saat akselerasi maupun pengereman, meredam
getaran, halus saat mengelinding, daya cengkram yang baik dan tentu
saja ketahanannya.
Ban motogp dari dua macam ada wet tyres untuk
lintasan basah dan slick tyres untuk lintasan kering. Untuk sekali
balapan ban ini mampu bertahan untuk jarak 120 km. Untuk lintasan kering ban motogp mempunyai ulirnya
halus, permukaan kontaknya ke aspal maksimal sehingga membberikan daya
cengkram yang maksimal. Ulir pada ban berfungsi untuk meningkatkan daya cengkram (menyerap energi saat karet terdeformasi).
Untuk membuat Ban digunakan berbagai bahan seperti
pigmen, zat-zat kimia, kurang-lebih 30 jenis karet yang berbeda,
benang-benang, kawat dan sebagainya. Proses lalu dimulai dengan
mencampurkan bahan-bahan dasar karet dengan oli proses, warna hitam
karbon, pigmen, anti-oksidan, akselerator dan berbagai zat tambahan
lainnya. Masing-masing dari bahan ini menambahkan sifat tertentu pada
campuran ini.
Helem pembalap Motogp
Saat melaju dengan kecepatan sampai 340 km/jam tentu
pembalap motogp perlu perlindungan ekstra, mulai dari baju sampai helem
sebagai pelindung kepala. Helem untuk pembalap motogp harus ringan, tahan
benturan, nyaman, serta aerodinamis agar tidak mempengaruhi pembalap
saat melaju dengan kencang. Helem terdiri empat komponen utama yaitu, pelindung luar, bagian dalam, kaca depan dan mekanisme penguat.
Bahan helem terbuat dari fibre glass, karbon, dan
campuran Kevlar dan polyurethane yang berfungsi untuk menenyerap energi
saat terjadi benturan. Kaca helem selain berfungsi untuk melindungi mata
pembalap dari debu atau partikel. Selain itu kaca helem juga di rancang
untuk meminimalkan pengaruh kabut atau hujan pada penglihatan pembalap. Sistem ventilasi helem juga di desain sedemikian rupa sehingga di dalam helem terasa kering dan nyaman saat di gunakan.
Sekian info mengenai Teknologi Motogp ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...
EmoticonEmoticon