Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan membahas Yamaha Mio Tiba-tiba Mogok, Ini Salah Satu Penyebabnya . Pernah ngalamin motor saat riding tiba2 mogok, setelah didiamkan sekitar 5 menitan motor bisa hidup lagi ?, itu tanda2 kompresi di ruang bakar sudah berkurang. Lalu apa yang bisa membuat tekanan kompresi berkurang ? monggo dibahas bareng…
Penyebab Yamaha Mio Tiba-tiba Mogok
Salah satu gejala jika kompresi motor berkurang adalah jika motor
saat diajak riding tiba2 mati mendadak dan setelah didiamkan kurang
lebih 5 menit motor bisa hidup lagi atau kompresi dipancing dengan cara
memasukkan oli mesin ke ruang bakar agar kompresi kembali padat, setelah
motor hidup knalpot langsung ngebul asap putih karena proses mancing
kompresi pakai oli mesin tadi. Jika motor sudah seperti itu tanda2nya
kompresi berkurang. Tekanan kompresi di ruang bakar dikisaran 1.100
-1.200 psi.
Jika sudah ada gejala seperti diatas segeralah ke bengkel langganan
untuk pengecekan lebih lanjut. Motor seperti mio 2006 ini ataupun matic
moped dan sport dari pihak pabrikan dianjurkan untuk service besar
setiap 30ribu km atau motor diatas umur 3 tahun. Terutama untuk motor
yang minum premium kerak yang timbul lebih cepat dan lebih banyak, jika
kerak sudah menumpuk justru kompresi akan terlalu tinggi dan akan timbul
over heating.
Efek yang kedua karena kerak menumpuk kotorannya akan menggesek ring
piston dan piston dengan dinding cylinder akibatnya kompresi berkurang
seperti kejadian diatas. Contoh gambar piston yang sudah bocor seperti
gambar dibawah ini, ini motor mio dengan 45rb km. Kondisi ring piston
sudah aus makanya ada kerak yang nempel di dinding piston posisinya
dibawah ring piston tampak kecoklatan, untuk kondisi normal…kerak hanya
diatas ring piston saja. Kondisi seperti ini jarang yang menimbulkan
asap ngebul putih di knalpot karena hanya bocor halus saja tahu2 oli
mesin sudah habis tanpa kita sadari.
Last, selalu cek kondisi motor kita tanyakan ke mekanik apakah motor
sudah perlu service besar apa belum jika perlu minta ke mekanik untuk
mengecek kondisi kompresi menggunakan alat compression gauge.
baca juga Fungsi motor starter
Sekian info mengenai Yamaha Mio Tiba-tiba Mogok, Ini Salah Satu Penyebabnya Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Penyebab Yamaha Mio Tiba-tiba Mogok
Salah satu gejala jika kompresi motor berkurang adalah jika motor saat diajak riding tiba2 mati mendadak dan setelah didiamkan kurang lebih 5 menit motor bisa hidup lagi atau kompresi dipancing dengan cara memasukkan oli mesin ke ruang bakar agar kompresi kembali padat, setelah motor hidup knalpot langsung ngebul asap putih karena proses mancing kompresi pakai oli mesin tadi. Jika motor sudah seperti itu tanda2nya kompresi berkurang. Tekanan kompresi di ruang bakar dikisaran 1.100 -1.200 psi.
Jika sudah ada gejala seperti diatas segeralah ke bengkel langganan untuk pengecekan lebih lanjut. Motor seperti mio 2006 ini ataupun matic moped dan sport dari pihak pabrikan dianjurkan untuk service besar setiap 30ribu km atau motor diatas umur 3 tahun. Terutama untuk motor yang minum premium kerak yang timbul lebih cepat dan lebih banyak, jika kerak sudah menumpuk justru kompresi akan terlalu tinggi dan akan timbul over heating.
Efek yang kedua karena kerak menumpuk kotorannya akan menggesek ring piston dan piston dengan dinding cylinder akibatnya kompresi berkurang seperti kejadian diatas. Contoh gambar piston yang sudah bocor seperti gambar dibawah ini, ini motor mio dengan 45rb km. Kondisi ring piston sudah aus makanya ada kerak yang nempel di dinding piston posisinya dibawah ring piston tampak kecoklatan, untuk kondisi normal…kerak hanya diatas ring piston saja. Kondisi seperti ini jarang yang menimbulkan asap ngebul putih di knalpot karena hanya bocor halus saja tahu2 oli mesin sudah habis tanpa kita sadari.
Last, selalu cek kondisi motor kita tanyakan ke mekanik apakah motor sudah perlu service besar apa belum jika perlu minta ke mekanik untuk mengecek kondisi kompresi menggunakan alat compression gauge.
baca juga Fungsi motor starter
Sekian info mengenai Yamaha Mio Tiba-tiba Mogok, Ini Salah Satu Penyebabnya Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon