Loading...

Senin, 18 April 2016

Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Sepeda Motor

Tags

Buat motor yang pakai sistem perslening manual atau kopling, pastinya ada sistem rantai yang nyambung ke gear motor. Gear motor sendiri ada dua, sob. Ada yang di belakang tepatnya bareng ban belakang, ada yang di depan tempatnya bareng mesin.

Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Sepeda Motor

Memasang dan Melepas Rantai Keteng Sepeda Motor. Nah, rantai yang bareng mesin ini biasa disebut 'keteng'. Buat yang biasanya sering bongkar pasang jeroan mesin motor pastinya nggak asing sama istilah ini. Buat yang belom paham Untuk yang belum tahu, rantai keteng berfungsi menyalurkan tenaga dari kruk as ke noken as atau camshaft.

Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Sepeda Motor

Pada dasarnya mesin sepeda motor dengan langkah torsi 4 tak telah menggunakan rantai keteng untuk menghubungkan putaran poros engkol atau di sebut juga dengan kruck as pada bak mesin dengan noken as pada kop silinder, akan tetapi ada juga yang memakai push rod, seperti motor Honda CG. Maka pemasakan rantai keteng ini harus benar – benar di perhatikan. Nah pada informasi kali ini kami akan membagikan cara untuk memasang dan melepas rantai keteng.
  • Cara Memasang Rantai Keteng 
Untuk langkah memasang rantai keteng pertama yang harus anda perhatikan yaitu pada posisi top mesin tidak berubah. Setelah pemasangan rantai keteng selesai, langkah selanjutnya anda cek setelan klep dan jika perlu anda setel klep. Untuk pemasangan rantai keteng yang tidak pas atau tidak rekomended pada Top nya masin akan susah di hidupkan, kalaupun bisa hidup mesin akan berebet alias tidak normal.
Yang paranhnya lagi klep akan mengalami bengkok. Maka dari itu pada langkah atau proses pemasangan rantai keteng ini harus teliti. Jika hal tersebut terjadi anda harus mengeluarkan uang untuk membeli klep yang baru dan membayar ongkos pada mekanik bengkel. Nah maka dari itu pemasangan rantai keteng harus benar – benar di perhatikan, jangan sampai anda memasangnya dengan asal – asalan.
  • Cara Melepas Rantai Keteng 
Cara pertama yang harus anda lakukan yaitu mesin harus di topkan terlebih dahulu, nah bagi anda yang ingin tau bagai mana caranya anda bisa lihat di bawah ini. Akan tetapi anda hrus memutar magnet kekiri sebanyak dua putaran, Nah, untuk memudahkan anda melihat tanda top yang ahrus anda buka yaitu
  • Pertama buka terlebih dahulu tutup tanda top pada bak maghnit, tulisan T pada maghnit harus sejajar dengan garis atau coakan pada bak maghnit.
  • Setelah itu buka tutup gigi atau yang di sebut dengan gear timing pada kop silinder, tanda titik pada gear harus sejajar dnegan coakan pada kop silinder.
  • Langkah selanjutnya yaitu buka tutup klep. Pada posisi top kedua roker arm/temlar harus metral dan tidak menekan klep.
  • Nah, untuk lebih meyakinkan lagi, anda harus membuka busi dan cek apakah piston berada di atas TMA, pada keberadaan top piston hrus berada di TMA (titik mati atas).
  • Jika anda yakin mesin dalam keadaan posisi top, brulah anda lepas bak maghnit, maghnit, gear starter dan juga komponen lain yang berada pada bagian bak maghnit.
  • Setelah itu anda lepas baut gear timing pada kop silinder, dan lepas penekan rantai keteng/otomatis timing. Nah barulah anda bisa melepas rantai keteng.
Sekian info mengenai Cara Memasang dan Melepas Rantai Keteng Sepeda Motor ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon