Loading...

Senin, 18 April 2016

Membuat Charger Aki Sepeda Motor Dengan Sederhana

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas Membuat Charger Aki Sepeda Motor Dengan Sederhana . Membuat Charger Aki Sepeda Motor Dengan Sederhana – Pembahasan kali ini yakni bagai mana sih cara membuat carger aki kering ? Tentu saja caranya sangat mudah sekali. untuk memenuhi kebutuhan mengisi baterai aki sepeda motor yang sering daya arus nya lemah atau juga tekor. Nah, kali ini kami akan memberikan informasi cara membuat charger aki dengan menggunakan trafo 5 ampere.

Ya, tentunya dengan menggunakan trafo yang ampere nya besar akan mempercepat proses pengisian arus baterai dari pada trafo yang ampere nya kecil. Lantas apa saja kah bahan – bahan yang di gunakan untuk pembuatan charger aki kering ? Berikut ini adalah bahan – bahan dan cara pembuatannya.

cara membuat carger aki kering 

Bahan – Bahan yang di perlukan untuk membuat charger aki kering :
  • Kabel secukupnya
  • Diode 4 kaki (kiprok) 6 ampere lebih besar ampernya akan lebih baik dan bagus dalam lengisian
  • Trafo
  • Penjepit ke baterai aki kering
Nah, jika bahan – bahan di atas sudah anda persiapkan, setelah itu anda tinggal merakitnya saja supaya menjadi charger aki yang sederhana yang bisa anda gunakan untuk mencharger aki kering pada speda motor anda.
Cara membuat charger aki kering
Kelebihan yang telah saya buat pada artikel kai ini yaitu terdapat pada trafo yang saya gunakan yakni trafo yang sering di sebut dengan orang pasaran yakni trafo donat, ya kenapa di bilang trafo donat ? karena bentuk trafo tersebut memiliki bentuk seperti kue donat, fungsinya sih sama saja dengan trafo yang memiliki bentuk seperti donat. Akan tetapi arus yang di hasilkan trafo tersebut lebih murni dari pada trafo biasa.
Trafo dengan bentuk donat ini tidak mempunyai qutput sebesar 12v namun yang ada hanya 23v yang terendah 4,5v. Jika kita menggunakan yang kekuatan 23v sebgai charger aki tentunya akan malah merusak baterai aki, kenapa bisa merusak ? karena kapasitas tersebut melebihi voltek dari baterai aki dan kalau menggunakan 4,5v juga akan mengakibatkan proses pengisian baterai cukup memakan waktu lama.
Nah, disini akan saya modifikasi sedikit mengenai trafo donat, dimana qutputnya tidak ada yang 12v AC. Saya akan membuat qutput 12v. Contoh seperti gambar di atas.
Cara untuk meodifikasinya cukup gampang sekali yakni tinggal melilitkan kabel lain ke trafo tersebut sampai mendapat tegangan 12v. dan kabel yang saya gunakan ialah kabel yang sering di pakai untuk instalasi listril rumah yakni kabel YM, dengan diameter 1,5. Untuk ukuran panjang kabel yang saya gunakan agar mampu menghasilkan arus 12v ialah kurang lebih sekitar tujuh meter. Bagi anda yang ingin mengetahui cara perakitannya anda bisa kunjung situs http://youtu.be/KOnilCKMbe4.
Sekian info mengenai Membuat Charger Aki Sepeda Motor Dengan Sederhana . Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon