Hallo brother...salam satu hati... kali ini tedymotor akan membahas CARA MENYETEL KATUP. Tekanan kompresi di dalam ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup.Jika celah katup lebih kecil dari standar, maka katup akan lebih cepat membuka, namun menjadi lambat menutup. Akibat keterlambatan menutup ini akan membuat tekanan kompresi menjadi bocor, karena saat langkah kompresi, yaitu piston bergerak ke atas, katup masuk belum benar- benar menutup.
CARA MENYETEL KATUP . Jika celah katup melebihi standar, maka katup akan terlambat membuka dan lebih cepat menutup. Hal ini akan mengakibatkan campuran bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi sedikit. Dan secara otomotis maka pembakaran yang terjadi menjadi sedikit dan menghasilkan tenaga yang sedikit pula, karena jumlah campuran bensin dan udara yang masuk sedikit. Maka dari itu penyetelan celah katup wajib dilakukan untuk mendapatkan tenaga mesin yang maksimal.
Adapun penyetelan celah katup yaitu dengan menggunakan alat yang bernama fuller gauge. Alat ini berupa lembaran plat - plat, yang ketebalannya berbeda - beda sesuai dengan ukuran yang tercantum pada masing plat- plat tersebut. Penyetelan celah katup ini yaitu dengan mengendorkan mur pengunci dan memasangkan fuller di antara celah rocker arm dan katup.
Plat dari fuller gauge yang dipasangkan di antara celah rocker arm dan katup adalah plat yang ketebalan ukurannya sesuai dengan standar celah katup dari sepeda motor Anda. Celah katup sepeda motor tidak lah selalu sama, namun biasanya untuk celah katup masuk dan celah katup buang ada yang sama , namun ada juga sepeda motor yang celah katup masuk dengan katup buangnya berbeda.
Panduan Menyetel Katup / Klep
A. Alat &Bahan:
1. obeng
2. puller gauge
3. kunci ring 12mm
4. kunci ring 17mm & 19mm
2).katup yang di stel katup In & Ex dengan ukuran yang sama.
3).pully di putar 180’.
B. Langkah kerja
- menyetel katup cara ke-1:
1).putar pully top silinder 1 dengan cara coakan pully bagian dalam persis pada
angka 0.
2).katup yang di stel no:1,2,3,5 dengan celah katup 0,30mm & 0,20mm.
3).putar pully 360’ top silinder 4.
4).katup yang di stel no; 4,6,7,8 dengan cara yang sama, katup Ex=0,30mm &
In=0,20mm
1).pully di putar top silinder 1 katup yang sama.- menyetel katup cara ke-2:
2).katup yang di stel katup In & Ex dengan ukuran yang sama.
3).pully di putar 180’.
4).katup yang di stel silinder no 3 Ex & In dengan ukuran yang sama.
5).pully di putar 180’.
6).katup yang di stel no:4 (Ex & In) dengan ukuran yang sama.
7).pully di putar 180’ katup yang di stel no 2 (Ex & In) dengan ukuran yang sama.
Dari keterangan cara menyetel katup 2 tadi berarti katup di stel di setiap silinder berdasarkan FO:1,3,4,2.
FO adalah urutan pengapian.ketentuan top silinder 1, ujung rotor pada distributor mengarah pada busi. susunan katup pada mobil toyota kijang/sejenisnya..(ex,in,in,ex,ex,in,in,ex)
Dari keterangan cara menyetel katup 2 tadi berarti katup di stel di setiap silinder berdasarkan FO:1,3,4,2.
FO adalah urutan pengapian.ketentuan top silinder 1, ujung rotor pada distributor mengarah pada busi. susunan katup pada mobil toyota kijang/sejenisnya..(ex,in,in,ex,ex,in,in,ex)
Jangan lupa baca panduan stel klep motor 4 tak.
Sekian info mengenai CARA MENYETEL KATUP Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother, jikaberguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon