Loading...

Rabu, 13 April 2016

Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet . Rem Pada motor merupakan alat kendaraan yang sangat vital, dengan adanya rem, kita bisa berhenti ketika di jalan ada masalah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa fungsi dari rem yakni untuk menghentikan laju kendaraan atau memperlambat laju kendaraan.


Coba anda bayangkan jika pada sepeda motor tidak ada system pengereman, pasti anda akan celaka bukan. Jangan samai mengalami hal tersebut di karenakan rem motor anda rusak. Jika rem anda mengalami kerusakan segeralah anda perbaiki agar anda berkendara lebih aman.
Kami akan memberikan informasi mengenai kendala pada rem sepeda motor yang kerap terjadi yakni, terkadang tuas rem terasa keras atau berat dan ketika tuas rem di lepas terkadang tuas rem tidak normal mengembalikan ke semula, hal tersebut pasti mengganggu kenyamanan anda ketika berkendara.

Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet

Hal tersebut di karenakan pada saat cakram terus bergesekan dengan kancas rem bukannya berhenti akan teteapi motor tetap melaju begitu saja. Dan pada saat di bongkar keadaan piston pada cakram macet. Lantas bagai manakah cara untuk memperbaikinya ? Berikut ini adalah cara memperbaiki rem cakram yang macet.
Cara Memperbaiki Rem Cakram Macet :
  1. Pertama posisikan sepeda motor pada keadaan standar tengah
  2. Selanjutnya anda lepas roda depan dengan melepas baut yang mengikat ban depan tersebut.
  3. Setelah ban sudah di copot, lalu lepaskan caliper dari dudukan yang berada di shockbeker.
  4. Lepaskan selang rem dari caliper dan keluarkanlah minyak rem, untuk menampung minyak rem gunakan wadah. Hati – hati hindarilah minyak rem tersebut agar tidak terkena cat pada bodi motor karena jika kena minyak rem bodi motor anda akan rusak dan jika mengenai tangan anda akan iritas dan gatai – gatal.
  5. Setelah minyak rem sudah keluar semua, bersihkan piston rem dari kotoran atau karat yang menempel. Selanjutnya periksa dari kemungkinan luka atau terkena goresan, jika korosin/karat yang menempel sudah di bersihkan,gunakanlah kompon untuk membersihkannya, selain mampu membersihkan karat kompon ini juga mampu menghaluskan permukaan piston yang telah tergores tipis, jika goresan piston rem terlalu dalam lakukan penggantian piston yang baru agar minyak rem tidak bocor.
  6. Selain itu anda juga harus membersihkan silinder rem dari kotoran atau karat menggunakan kompon jika kotoran yang anda bersihkan lumayan cukup susah hilangnya.
  7. Setelah semuanya telah di bersihkan, pasang kembali piston yang tadi sudah di bersihkan dengan menggunakan kompon dan jangan lupa isi kembali minyak rem yang baru ke dalam master silinder rem. Setelah minyak rem sudah di isi dalam master silinder rem, langkah selanjutnya yaitu pasang kembali rem cakram dan roda. Jika roda sudah di pasang langkah selanjutnya yaitu membliding atau menyetel pengereman tersebut dengan membuang angin yang masuk. Setelah selesai membliding Lakukan pengetesan di jalan. Hal tersebut untuk mengecek apakah rem cakram motor anda berfungsi atau tidak.
Sekian info mengenai  Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para sobat semua. kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon