Loading...

Rabu, 13 April 2016

Cara Mudah Memperbaiki Klep Bocor Pada Sepeda Motor

Tags

Hallo brother Cara Mudah Memperbaiki Klep Bocor Pada Sepeda Motor - Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada katup atau klep ialah kebocoran pada katup yang berdampak pada kompresi yang menjadi lemah. 

Memperbaiki Klep Bocor . Dari pengalaman yang pernah kami dapatkan yang sering terjadi klep bocor yaitu klep atau katup IN. Penyebab terjadinya kebocoran yaitu karena kerak kotoran yang sudah menumpuk di manifold lubang IN akibat saringan udara yang tidak pernah di rawat atau di bersihkan.
Memperbaiki Klep Bocor Pada Sepeda Motor

Untuk kerusakan kaptup atau klep yang nyangkut banyak terjadi pada sepeda motor matic, seperti Yamaha mio dan juga Honda vario. Lantas bagai manakah cara untuk memperbaiki masalah tersebut tanpa menyekir ulang ? berikut ini kami berikan tips dan triknya.
Artikel rekomendasi : Cara Skur Klep / Katup Dengan Benar
Cara Mudah Memperbaiki Klep Bocor 

Cara memperbaiki katup atau klep yang bocor mudah saja, ada dua cara yang harus anda lakukan yaitu
Untuk cara pertama yaitu :
Pertama caba anda hidupkan terlebih dahulu motor dengan menggunakan kick starter dan pada posisi grip gas di putar penuh. Selah berulang – ulang dengan penuh tenaga supaya putaran yang di hasilkan cukup kencang. Pada saat terdengar mesin akan hidup namun berat, maka anda jangan melepas grip gas, tahan dulu sehingga mesin meraung. Baru anda lebas dan di biarkan untuk langsam.
Untuk cara yang ke dua yaitu :
Jika cara pertama anda lakukan tidak berhasil maka, cara yang ke dua yang harus anda lakukan sebagai berikut.
  • Pertama anda harus membuka karburator
  • Selanjutya anda buka manifold IN
  • Maka akan terlihat posisi buka tutup katup. Aturlah posisi katup pada posisi menutup.
  • Setelah itu masukanlah sedikit oli mesin ke lubang saluran klep atau anda bisa juga menyemprotkan carburetor cleaner,
  • Selanjutnya coba selah mesin, semprot atau berikan oli mesin lagi secukupnya ( jangan banyak – banyak ) hingga kompresi balik
  • Jika di rasa sudah ada sedikit tekanan kompresi , pasang kembali manifold dan karburator.
  • Setelah itu buka dan bersihkanlah busi, setelah bersih pasang kembali
  • Dan coba anda selah kembali dengan grip gas di putar sedikit penuh
  • Apabila mesin hidup dan mengeluarkan asap putih dari knalpot, itu tidak akan lama, nanti juga akan hilang sendiri asap warna putihnya.
Jika yang terdapat kebocoran adalah katup EX maka langkah – langkahnya juga sama seperti di atas hanya saja yang di buka adalah knalpot.
Sekian info mengenai  Cara Mudah Memperbaiki Klep Bocor Pada Sepeda Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon