Loading...

Kamis, 07 April 2016

Idle Speed Censor (ISC) pada motor

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas  Idle Speed Censor (ISC) pada motor . Pengertian & Fungsi Idle Speed Control ( ISC ) Valve -  Berfungsi untuk mengatur volume udara yang masuk kemesin saat idle, langsam atau putaran mesin tanpa beban, dengan cara bypass katup gas atau throtle valve dalam kondisi tertutup. Engine ECU ( Elektronic Control Unit ) bekerja untuk mengontrol kerja ISC valve dengan input sinyal berasal dari berbagai sensor.
Idle Speed Censor (ISC)
Speed Control ( ISC ) Valve
ISC atau Idle Speed Sensor merupakan teknologi yang mendukung Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J.
ISC hanya bekerja pada saat idle dimana katup butterfly premier dan katup butterfly sekunder tertutup secara sempurna. Aliran Udara antara kedua katup tersebut akan melalui celah ISC.
ISC bekerja dengan bergerak secara steping motor maju dan mundur berdasarkan kondisi temperatur mesin. Saat kondisi suhu mesin dingin, jalur ISC terbuka penuh dan sehingga semakin banyak udara yang dapat melalui jalur ISC. Kalau kondisi temperatur mesin meningkat jalur ISC akan semakin menutup sesuai steping motor dan temperatur mesin, sehingga udara yang melalui jalur ISC semakin sedikit.

Idle speed control difungsikan untuk mengatur besarnya udara yang diberikan pada saat putaran idle. Idle speed control dipasangkan pada sisi bagian bawah throttle chamber. ECU hanya mengoperasikan katup ISC untuk membuat idle-up dan memberikan umpan balik untuk mencapai target putaran idling.

Beberapa fungsi Idle Speed Control ( ISC ) valve antara lain adalah:
  • Warming UP mesin kondisi dingin, ketika pagi-pagi saat mesin dinyalakan langsam naik hingga 2000 rpm misalnya, ISC valve membuka lebih lebar dan bekerjanya  dikontrol oleh ECU yang mendapatkan sinyal dari water temperatur sensor atau sensor temperatur air pendingin.
  • Idle Up saat AC mobil dinyalakan
  • IdleUp saat beban ektrikal bertambah contoh nyala lampu besar atau pemanas kaca belakang
  • Idle Up karena beban transmisi otomatis
  • Idle up difungsikan untuk menjaga putaran mesin tetap stabil, ketika ac mobil dinyalakan  sementara jika idle up tidak bekerja mesin akan bergetar karena beban mesin bertambah untuk memutar kompressor ac
Sekian info mengenai Idle Speed Censor (ISC) pada motor . Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon