Loading...

Jumat, 13 Mei 2016

jenis jenis rem cakram menurut tipe caliper

Hallo brother jenis jenis rem cakram menurut tipe caliper - Rem cakram (disc brake) pada dasarnya terdiri dari cakram yang terbuat besi tuang (disc rotor) yang berputar dengan roda dan bahan gesek (dalam hal ini disc pad, atau yang biasa kita sebut dengan kampas rem) yang mendorong dan menjepit disk brake.

jenis jenis rem cakram menurut tipe caliper

Rem cakram menurut tipe caliper. Daya pengereman dihasilkan oleh adanya gesekan antara  pad (kampas) dan cakram (disc). Pada bahasan ini akan diterangkan mengenai jenis jenis rem cakram menurut tipe caliper  dan pada  artikel sebelumnya telah kujelaskan tentang kelebihan rem cakram dengan rem tromol.

Tipe-tipe caliper rem cakram.

(1) Tipe caliper tetap ( Fixed caliper)
Sebuah tipe fixed caliper mempunyai sepasang piston untuk mendorong rotor rem cakram pada kedua sisinya.

(2) Tipe caliper mengambang (Floating caliper)
Sebuah tipe floating caliper tertempel pada piston hanya pada satu sisi dari caliper. Piston berperan sebagai pembuat tekanan hidrolik, dan apabila bantalan rem cakram ditekan, caliper akan bergerak ke arah yang berbeda dari piston, dan mendorong rotor rem cakram dari kedua sisinya.

Akibatnya, caliper akan menghentikan perputaran roda. Ada beberapa jenis floating caliper, tergantung dari metode menempelkan caliper ke piringan putar. Jenis yang pertama adalah full floating caliper. dan yang kedua adalah semi floating caliper.

Sekian info mengenai jenis jenis rem cakram menurut tipe caliper Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon