Loading...

Senin, 16 Mei 2016

mengenal ciri-ciri piringan cakram motor yang wajib di ganti?

Hallo brother mengenal ciri-ciri piringan cakram motor yang wajib di ganti? - Cakram merupakan elamen penting dalam sebuah sepeda motor. fungsinya sebagai media pengereman. cakram dinilai lebih baik dalam hal pengereman dibandingkan tromol.

mengenal ciri-ciri piringan cakram motor yang wajib di ganti?


Ciri-ciri piringan cakram motor. Cakram motor merupakan media yang bergesekan langsung dengan kampas rem ketika di lakukan pengereman. maka tak heran jika lama kelamaan cakram dan kampas akan menjadi aus akan tetapi kampas rem lah yang memiliki tingkat keausan yang lebih besar.


taukah kamu ciri-ciri cakram motor yang wajib di ganti? berikut ulasanya :


bahan cakram sendiri bermacam macam antara lain terbuat dari besi dan alumunium. Meski terbuat dari komponen yang kuat dan keras,disk brake atau piringan rem (cakram) bisa saja mengalami kondisi tidak normal (bengkok).lama keausan sebuah cakram tergantung dari tebal dan bahan cakram itu sendiri. 

Biasanya ini terjadi karena gembok cakram yang lupa dibuka ketika akan berkendara, sehingga mengalami benturan.Selain itu, bisa juga karena kanvas rem yang terlalu menjepit, yang lama kelamaan membuat cakram bengkok. Namun, jika piranti pengereman ini (cakram) bengkok, ternyata bisa diperbaiki dengan dipres.Ini biasanya jika pemilik kendaraan belum memiliki dana untuk membeli cakram yang asli. Jadi terlebih dahulu dipres. Apalagi kondisi cakramnya masih bagus dan asli bawaan pabrik, lebih baik dipres. 

perbaikan ini juga bisa dilakukan hanya pada produk cakram asli bawaan pabrik, karena mutu bahannya yang bagus, jadi ketika dipres tidak akan bermasalah dan aman. Berbeda dengan cakramaftermarket.

Pengepresan juga dilakukan tanpa diketok, tapi menggunakan mesin, jadi akan aman. Namun, jika cakram tidak hanya bengkok tapi sudah tipis karena terkikis, memang sebaiknya diganti saja untuk keselamatan,
  • Pinggiran atau sisi carkam bergelombang
sisi cakram yang bergelombang dapat disebabkan beberapa hal salah satunya kebiasaan pengguna motor itu sendiri yang suka mengerem dengan cara ditekan dan dilepaskan berulang ulang atau tidak statis. sehingga cakram atau kampas berkurang tetapi tidak rata. bisa juga di sebabkan karena kampas rem yang kurang pas ketika menghimpit cakram.
Sisi cakram menipis

sisi cakram semakin menipis disebabkan karena penggunaan pengereman itu sendiri, umur cakram yang sudah tua jadi memang saatnya di ganti. saran saya jangan paksakan kampas rem yang sudah aus untuk mengerem karena permukaan kampas rem yang sudah aus dapat menggores cakram sehingga cakram semakin menipis.
  • Lubang baut cakram semakin melebar.
Ini juga biasanya disebabkan umur cakaram yang sudah lama dalam penggunaannya. Gejala ini ditandai dengan kurang pakemnya rem ketika dilakukan pengereman atau adanya gerakan atau bunyi seperti terpentok sesuatu ketika mengerem..
  • Cakram tidak rata atau bengkok
hal ini biasanya disebabkan kurang pas atau kurang sejajarnya antara kaliper dan cakram. bisa juga karena motor terjatuh sehingga cakram bengkok. Ciri-cirinya cakram akan otomatis mengerem pada sisi cakram tertentu dan motor terasa berat ketika berjalan karena cakram mengerem secara otomatis. silahkan baca Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet

Segeralah ganti cakram kamu ketika cakram sudah mulai bermasalah atau memiliki ciri-ciri di atas. Karena sistem pengereman merupakan hal terpenting ketika berkendara.

Sekian info mengenai mengenal ciri-ciri piringan cakram motor yang wajib di ganti?  ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon