Hallo brother Cara Cerdas Membaca Kerusakan Motor Injeksi Honda melalui lampu Indikator - Jaman sekarang emang udah jamannya injeksi. Enggak diragukan lagi kalau motor berteknologi injeksi punya performa pembakaran yang lebih optimal. Ibaratnya sih tiap tetes bensin yang terbakar berbanding lurus dengan performa yang dikeluarkan. Alhasil motor lebih irit tapi mampu ngacir tanpa kendala.
Membaca Kerusakan Motor Injeksi . Hanya saja jaman sekarang masih ada saja yang meragukan performa motor dengan teknologi injeksi. Misalnya di Honda yaitu teknologi PGM-FI. Pasti banyak nih yang udah menggunakan motor dengan teknologi PGM-FI kan? silahkan baca disini Honda PGM-FI, 7 Keunggulan Sistem Teknologi Terbaru PGM-FI.
Sepeda motor berteknologi injeksi biasanya dilengkapi dengan lampu indikator pada panel speedometer. Lampu yang disebut MIL (Malfunction Indicator Light) ini berfungsi sebagai pemberitahu kondisi mesin, khususnya sensor-sensor pada sepeda motor.
Enaknya system PGM FI adalah bisa langsung ngecek jika memang ada kerusakan pada systemnya. Caranya dengan melihat Malfunction Indicator Lamp atau MIL. Lampunya yang mana? Itu lho yang menyala saat anda memutar kunci kontak ke posisi on. Lampu MIL akan menyala sejenak yang menandakan pompa bensin telah aktif untuk mengucurkan bahan bakar ke injector.
Tapi ketika sistem injeksi tidak normal atau ada kerusakan, maka MIL akan berkedip memberikan kode. Jumlah kedipan itu memberikan pesan, kerusakan yang terjadi sehingga pengendara mengerti akan kerusakan pada sistem injeksinya.
Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi, Anda bisa melakukan penghitungan pada jumlah kedipan yang muncul. Honda sendiri memiliki standar kode yang berupa jumlah dari kedipan MIL tersebut.
"Kedipannya terdiri atas satuan dan puluhan. Untuk satuan lampu berkedip antara 0,3 atau 0,4 detik. Sedangkan puluhan ditandai dengan kedipan lebih lama. Jumlah kedipan ini nantinya akan membentuk kode yang merepresentasikan kerusakan," . Lalu apa saja kode kerusakan tersebut, simak berikut ini.
1 kedipan
Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.
7 kedipan
Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.
8 kedipan
Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.
9 kedipan
Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.
12 kedipan
Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan.
21 kedipan
Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.
29 kedipan
Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila kode ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan.
33 kedipan
Apabila Anda mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa menayala. Pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.
54 kedipan
Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.silahkan baca disini Penjelasan Fitur Bank Angle Sensor pada Motor Honda
Enggak perlu dihafalin semuanya kayak mau ulangan. Setidaknya dengan paham jika MIL terus menerus berkedip, anda harus buru-buru bawa motor Honda kesayangan ke AHASS terdekat. Mekaniknya pasti paham kok. Enaknya lagi, system PGM-FI Honda digaransi selama lima tahun lho. Enggak perlu khawatir kantong jebol. Yang penting bawa aja ke AHASS dulu biar performa motor tetep terjaga.
Sekian info mengenai Cara Cerdas Membaca Kerusakan Motor Injeksi Honda melalui lampu Indikator Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para sobat semua. kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon