Hallo brother Penyebab kabel kopling gampang putus - Ada banyak penyebab kabel gas atau kopling sering putus. Salah satunya, kondisi slang yang rusak. Sebagai pelindung kabel, kondisi slang kerap dilupakan. Padahal, fungsinya sangat penting dan kondisinya bisa dicek dengan mata telanjang.
Penyebab kabel kopling gampang putus . Bagusnya, kondisi slang rem harus terpasang lurus tanpa ada bagian yang tertekuk atau patah. Kalau ada bagian yang patah, kemungkinan besar plat didalam karet pelindung juga ikutan rusak. Ini yang bikin kabel gas atau kopling sering putus karena tergerus saat bergesekan. Selain mengecek lekukan pada slang, kondisi karet pelindung juga diperhatikan. Karet yang terkelupas memudahkan air untuk masuk. Efeknya, plat di dalam slang jadi mudah karat yang bikin kabel jadi tersendat. Plat yang karat juga menjadi salah satu penyebab kabel gas atau kopling sering putus.
Plat yang berkarat tidak bisa dicek dengan mata telanjang. Cara mengeceknya lewat lapisan karet di slang gas atau kopling. Pencet dengan kuku, jika karet sudah keras kemungkinan besar platnya sudah karat dan harus diganti. Untuk mencegahnya, bisa dengan memberikan pelumas pada slang minimal tiga bulan sekali.
Penyebab kabel kopling gampang putus
Penyebab kabel kopling cepet putus selain karena termakan usia juga karena pemakaian parts yang tidak original, yuk kita bahas.
- penggantian per kopling racing yang lebih keras dibanding original.
Jelas akan menambah beban yang ditanggung tali kopling. Di forum ninja 250 banyak yang mengeluh tali kopling cepet putus semenjak ganti per kopling racing
- penggunaan kabel kopling imitasi :
jelas lah keawetannya berkurang, yang ori diselongsongnya ada lapisan plastiknya dan kawatnya lebih tebal/berkualitas.
- penggunaan setang jepit…
loh kok bisa bikin kabel kopling cepet putus? Pengalaman tiger SF dulunya pernah pakai stang jepit, kabel kopling jadi kepanjangen jadi posisinya ga selurus posisi semula tapi lebih ketekuk sehingga tarikan kopling berat.
- penggunaan tuas kopling non ori apalagi produk murah,
biasanya rumah nipel kawat koplingnya kasar dan tajam sehingga saat tuas kopling dimainkan berulang kali akan menggerus kawat kopling . Putus dah… ini yang terjadi beberapa waktu lalu dengan tiger tunggangan SF, akhirnya pulang kerja ga langsung istirahat tapi mbengkel
Ciri-ciri kabel
kopling akan putus biasanya dapat dirasakan saat menarik tuas kopling jadi lebih dalam dari biasanya, lebih berat dan ga mulus (terasa geretan/gesekan), dan kalau parah meski tuas kopling dilepas kawat kopling lambat balik/bahkan macet sehingga bikin kopling selip.
Ini akibat serabut kawat sebagian ada yang putus, jadi saat tuas kopling dilepas nyangkut di selongsong kopling. Kalau sudah gini buruan ganti… daripada putus dijalan berabe. Sebenernya pengen juga sih pasang kopling hidrolis tapi muahalnya ga nahan, yang lokal saja bisa diatas 500 rb apalagi yang bermerk bisa jutaan rupiah… mending pasang prospeed atau koso buat bolot.
Baca juga Tips mengatasi kampas kopling aus.
Sekian info mengenai Penyebab kabel kopling gampang putus Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
Penyebab kabel kopling cepet putus selain karena termakan usia juga karena pemakaian parts yang tidak original, yuk kita bahas.
- penggantian per kopling racing yang lebih keras dibanding original.
Jelas akan menambah beban yang ditanggung tali kopling. Di forum ninja 250 banyak yang mengeluh tali kopling cepet putus semenjak ganti per kopling racing
- penggunaan kabel kopling imitasi :
jelas lah keawetannya berkurang, yang ori diselongsongnya ada lapisan plastiknya dan kawatnya lebih tebal/berkualitas.
- penggunaan setang jepit…
loh kok bisa bikin kabel kopling cepet putus? Pengalaman tiger SF dulunya pernah pakai stang jepit, kabel kopling jadi kepanjangen jadi posisinya ga selurus posisi semula tapi lebih ketekuk sehingga tarikan kopling berat.
- penggunaan tuas kopling non ori apalagi produk murah,
biasanya rumah nipel kawat koplingnya kasar dan tajam sehingga saat tuas kopling dimainkan berulang kali akan menggerus kawat kopling . Putus dah… ini yang terjadi beberapa waktu lalu dengan tiger tunggangan SF, akhirnya pulang kerja ga langsung istirahat tapi mbengkel
Ciri-ciri kabel
kopling akan putus biasanya dapat dirasakan saat menarik tuas kopling jadi lebih dalam dari biasanya, lebih berat dan ga mulus (terasa geretan/gesekan), dan kalau parah meski tuas kopling dilepas kawat kopling lambat balik/bahkan macet sehingga bikin kopling selip.
Ini akibat serabut kawat sebagian ada yang putus, jadi saat tuas kopling dilepas nyangkut di selongsong kopling. Kalau sudah gini buruan ganti… daripada putus dijalan berabe. Sebenernya pengen juga sih pasang kopling hidrolis tapi muahalnya ga nahan, yang lokal saja bisa diatas 500 rb apalagi yang bermerk bisa jutaan rupiah… mending pasang prospeed atau koso buat bolot.
Baca juga Tips mengatasi kampas kopling aus.
Sekian info mengenai Penyebab kabel kopling gampang putus Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon