Loading...

Jumat, 27 Mei 2016

Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan.

Hallo brother Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan. - pengguna motor injeksi pasti tahu kan perangkat yang satu ini, Benar.. LAS (Lean Angle Sensor) pada motor injeksi YAMAHA (Vixion ) dan BAS (Bank Angle Sensor ) pada motor injeksi HONDA, tapi untuk varian Suprax helm in FI dan Spacy FI sudah ditiadakan.

 pengertian dan fungsi dari sensor pada motor injeksi

Sensor Kemiringan Motor (Lean Angle Sensor dan Bank Angle Sensor). - Sensor ini bertugas mendeteksi kemiringan motor, atau yang lebih tepatnya berfungsi ketika terjadi kecelakaan jikamotor anda ambruk, otomatis sudut kemiringan motor anda kurang dari 65 derajat, maka sensor ini akan mengirimkan sinyal ke ECU / ECM untuk menonakifkan semua sistem mesin kemudian mesinmati secara otomatis, Lean Angle Sensor untuk motor brand yamaha, dan Bank Angle Sensoruntuk motor brand honda, tetapi sistem kerjanya sama, sensor ini terdapat dibawah jok motor.


Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan


Cara ini sebagai safety bagi pengendara supaya mesin tidak menyala saat motor terjatuh (terjadi kecelakaan). Karena bisa berbahaya bukan.?

Terus apa perbedaannya.? (Nih tak kasih tahu ya)



LAS pada V-Ixion. Sensor LAS akan bekerja pada sudut 65 derajat ± 10 derajat selama 2 detik (motor diasumsikan terjatuh). Sedangkan, BAS akan bekerja ketika motor terus berada dalam kondisi miring 55 derajat ± 5 derajat selama minimal 5 detik. 



Diasumsikan motor dalam keadaan terjatuh,kemudian ECM akan menghentikan kerja dari Fuel Pump, Injector, dan Ignition Coil. Ingat ya, jika membongkar sensor LAS dan BAS, jangan sampai lupa posisi pasangnya. Karena jika salah posisi maka mesin tidak akan bisa dinyalakan.

Mungkin ada beberapa Sist Bro yang merasa kesulitan dalam menghidupkan motor injeksi-nya ketika sensor ini bekerja, sensor ini akan bekerja saat motor yang dikendarain terjatuh, terlalu miring, terjungkal. Nah gak usah panik dan emosi sob soalnya emosi malah bikin pikiran ngak karuan.



Meskipun di stater pakai kick stater ngak nyala. Memakai dobel stater (electric stater) juga ngak nyala. Sampai kaki kapalan dan jempol tangan sobek tetep ngak bisa nyala. haduuuuh (gimana nih.?). Terpaksa nyari bengkel resmi yang terdekat.

Nah sekarang bagaimana cara menghidupkannya.?



Nah dari pertanyaan konsumen tersebut nih ak kasih jawabannya biar Sist Bro semua pada ngerti.



Bukan berarti motor injeksi-nya Sist Bro rusak, tetapi untuk menyalakannya cukup mudah kok ngak butuh alat alat khusus (Cukup ditiup aja. hehe). Yang perlu kita lakukan yaitu memainkan  yang namanya kunci kontak (main switch) dengan cara yang pertama kita lihat  posisi kunci kontak padaposisi ON, terus putar aja pada posisi OFF,  setelah itu kita ON-kan lagi kunci kontak.



 Nah sekarang coba deh motornya di stater pasti nyala. (Jebule gampang banget). Gampangannya kita cuma disuruh matiin kunci kontak terus di ON kan lagi kunci kontaknya supaya bisa merefresh / merestart sistem injeksinya. silahkan baca cara cerdas membaca kerusakan motor injeksi honda melalui lampu indikator. 



Sekian info mengenai  Cara Mengatasi Motor Injeksi yang Jatuh dan Sulit di Hidupkan. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother  semua. kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon