Loading...

Selasa, 10 Mei 2016

Tips Mengatasi Rem Motor Tidak Pakem

Tags

Hallo brother ... salam satu hati ... kali ini tedymotor akan  membahas Tips Mengatasi Rem Motor Tidak Pakem Sistem pengereman motor merupakan salah satu system yang penting, terutama karena hal ini yang menjadi tumpuan dalam menjamin keselamatan berkendara di jalan, namun pernahkah merasa Rem motor yang brother gunakan tidak pakem, atau terasa seret ketika melakukan pengereman, kemungkinan ada beberapa hal yang menjadi penyebab antara lain, komponen rem yang tidak bersih, penyetelan yang tidak pas, juga kemungkinan minyak rem motor yang kurang pas.

Mengatasi Rem Motor Tidak Pakem


  • Penyetelan Tuas Rem

Pertama-tama periksalah tuas rem, apabila setelannya kurang pas, lakukan penyetelan tuas/pedal rem dengan mengeset jarak bebas pengereman sekitar 0.5 – 1 cm untuk tuas rem dan 1 – 2 cm untuk pedal rem.

Contoh cairan pembersih Rem

  • Bersihkan Komponen Rem

Tuas/Pedal Rem Motor

Rem Perlu dibersihkan secara berkala,tujuannya adalah untuk membersihkan darikotoran-kotoran yang menempel pada komponen rem yang menyebabkansystem pengereman mennjadi tidak sempurna, untuk itu berikan frekuensi waktu sebulan sekali atau dua bulan sekali untuk membersihkan rem motor.


Bersihkan komponen-komponen penting seperti kampas rem, diskbrake , rumah tromol dari kotoran yang menempel, Gunakan cairan pembersih yang terbuat dari alcohol untuk membersihkannya, atau bisa juga gunakan bensin, jangan menggunakan Oli atau minyak karena akan membuat rem menjadi licin.

  • Ampelas sedikit Bagian Rem

Tujuan dari pengampelasan hampir sama dengan pembersihan pada poin sebelumnya, terkadang terdapat kotoran yang menempel sangat erat dengan komponen rem seperti tanah, bekas semen dll yang susah dibersihkan dengan cairan tadi.

Amplaslah bagian kampas rem dan bagian yang berkaitan langsung dengan kampas rem, namun jangan mengampelas bagian cakram karena akan membuat goresan pada cakram. Ampelas juga bagian rumah tromol dengan menggunakan Ampelas kasar.

  • Bleeding

Bleeding adalah istilah yang digunakan untuk mengeluarkan udara yang terjebak dalam system rem atau di lebih tepatnya di selang rem, dengan cara mengocok dan menahan tuas rem, sambal mengendorkan nipel yang ada di caliper rem sehingga minyak rem motor keluar. Untuk menghindari semburan minyak rem motor sebaiknya pasangkan selang bening sebelum melakukan prosedur tersebut.


Bleeding Minyak rem motor


Lakukan prosedur diatas hingga tidak ada udara yang keluar lagi, setelah itu isi kembali minyak remnya dan kencangkan kembali komponen tersebut.

Sekian info mengenai Tips Mengatasi Rem Motor Tidak Pakem semoga berguna bagi para brother yang budiman, jika berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon