Loading...

Senin, 09 Mei 2016

Tips Untuk Mengatasi Ban Dalam Sepeda Motor Yang Bocor

Tags

Hallo brother Tips Untuk Mengatasi Ban Dalam Sepeda Motor Yang Bocor  - Kendaraan bermotor saat ini sudah menjadi barang kebutuhan yang tidak bisa di lepaskan dari kehidupan sehari-hari, di desa maupun di perkotaan sebagai sarana untuk memudahkan kegiatan perekonomian sebagai alat perpindahan barang dan trasportasi darat dari desa ke kota dan sebaliknya. 

Mengatasi Ban Dalam Bocor . Khususunya sepeda motor, alat transportasi yang serba ringkas dan praktis karena dapat menjangkau lokasi yang tidak bisa di lalui kendaran roda empat, seperti masuk ke gang-gang sempit juga menembus “belantara” kemacetan di ibukota. Tetapi hal itu dapat terganggu jika motor kita mengalami trouble kempes ban, dunia akan serasa kacau, apalagi lokasi jauh dari keramaian, sendirian dan rawan kejahatan , terus tukang tambal ban sangat jauh dari lokasi TKP .

Mengatasi Ban Dalam Sepeda Motor yang Bocor

Untuk ban tipe tubeless hal ini tidak begitu khawatir, selama paku/benda tajam lainnya tidak di cabut ,kempesnya akan lambat dan bisa memacu kendaraannya ke tukang tambal, tapi untuk tipe ban yang menggunakan ban dalam tidak bisa , paku harus di cabut dulu dan motor juga harus di tuntun menuju tukan tambal ban, kecuali kalau bisa nambel sendiri dengan alat-alat tambal ban praktis yang di jual di toko-toko otomotif. Lebih jelasnya baca artikel Tips Merawat dan Menambal Ban Tubeless

Mengatasi Ban Dalam Sepeda Motor Yang Bocor 


Saya punya pengalaman pribadi menangani ban dalam motor saya yang kempes, saat itu lokasi tambal ban dua kilo meter dari tempat kejadian. 

Hal-hal yang perlu dilakukan pada situasi ini adalah :

1. Jangan Panik 
2. Pinggirkan motor ke tepi jalan 
3. Motor di standar tengah 
4. Periksa apakah ada benda tajam yang menancap di ban luar.
5. Jika ada, gunakan tang (alat ini harus selalu dibawa didalam bagasi motor) untuk mencabut benda tajam tersebut, dan periksa lagi apakah masih ada lagi. 
6. Buka mur pengikat pentil di velg dengan tang atau kalau ada kunci pas ukuran 12cm. 
7. Jika sudah lepas, baut pentil (pentil motor) di dorong/ditekan kedalam velg sampai masuk semua, ban luar sambil di goyang-goyangkan agar pentil motor masuk semua. 
8. Simpan mur pentil jangan sampai jatuh.
 9. Motor pun bisa di kendarai perlahan-lahan, akan terasa aneh karena memang akan kurang stabil tapi efektif mengamankan    ban motor dari kerusakan yang lebih parah.
10. Jika mur pentil motor tidak di buka dan di tekan kedalam velg, lalu motor di kendarai terus akan menyebabkan kerusakan, pentil akan robek yang mengakibatkan harus mengganti ban dalam yang harganya jika di tukang tambal kadang mahal banget.

Mengatasi Ban Dalam Sepeda Motor Yang Bocor

Ketika sampai ke tukang tambal ban, dia akan bilang pentilnya sudah copot, mintalah di buka ban dalamnya dan beritahu bahwa pentilnya sudah di masukan ke dalam velg, lalu ban akan di periksa dengan air untuk mencari kebocorannya, jika tidak ada benda tajam lain yang menusuk ban lagi , maka aman, tambalan mungkin akan satu lubang saja, dan pentilpun aman dari robek.

Kerusakan pada ban yang kempes umumnya tertusuk benda tajam, tapi kadang ban dalam kempes dikarenakan juga oleh kualitas dari ban dalam itu sendiri. Ban dalam kualitas bagus biasanya ban orsinil atau ban dalam bermerk lainnya yang sudah teruji di masyarakat. Tapi jika ban kualitas rendah yang harganya juga murah jika tertusuk paku akan langsung meledak. 

Sekian info mengenai Tips Untuk Mengatasi Ban Dalam Sepeda Motor Yang Bocor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon