Loading...

Minggu, 08 Mei 2016

Cara Merawat Vespa Tua Agar Panjang Umur dan Prima

Hallo brother Cara Merawat Vespa Tua Agar Panjang Umur dan Prima -Merawat motor tua tidak bisa disamakan dengan merawat motor keluaran baru, terlebih jika motor tua itu adalah Vespa. 

Merawat Vespa Tua . Untuk merawatnya memerlukan kecakapan dan kesabaran. Selain itu perawatannya juga membutuhkan biaya besar. Kendati demikian Vespa tua tetap menjadi pilihan favorit sebagian masyarakat di Indonesia.

Tips Merawat Vespa 2

Namun bukan berarti kita tak dapat melakukan perawatan sendiri. Ada satu masalah umum yang ditemui pada Vespa, yakni mogok. Hal ini membutuhkan perhatian sendiri agar kita tidak banyak tergantung dengan bengkel.
 cara perawatan Vespa 
  1. Periksa aki
Untuk Vespa keluaran tahun 80-an sudah mengandalkan aki untuk menyalakan mesin. Komponen ini membutuhkan perawatan khusus dan harus dicek secara rutin. Sebab, jika tidak dirawat komponen vital ini akan dihinggapi kerak di bagian kepala aki, sama seperti motor lain. Untuk membersihkannya, lepas kepala aki dan siram dengan air panas, lalu sikat.
  1. Cek busi
Kendala teknis lain yang biasa dijumpai pada Vespa tua terdapat pada bagian busi. Sistem kerja mesin 2 tak memungkinkan munculnya kerak pada busi. Hal tersebut akan membuat busi tidak bekerja secara optimal. Jika tidak ditangani dengan baik, busi bisa saja harus diganti setiap 6 bulan. Agar usia pakai komponen ini lama, bersihkan kerak secara rutin. Perhatikan selalu kondisi busi sebelum berkendara dengan Vespa. Tujuannya agar perjalanan Anda tdak terganggu.
  1. Periksa kran bensin
Beberapa tipe Vespa telah dilengkapi 2 tangki khusus untuk memisahkan antara oli dan bensin. Untuk itu jangan lupakan memeriksa kran bensin. Hal ini bertujuan agar bensin dan oli tidak tercampur sebelum waktunya yang dapat membuat Vespa kesayangan mogok.
  1. Gunakan BBM beroktan tinggi
Motor tua bukan berarti dapat menggunakan bahan bakar oplosan. Agar kondisi motor tetap baik dan prima, dianjurkan untuk memakai bahan bakar sesuai dengan rasio kompresi Vespa Anda. Perlu diketahui, banyak Vespa tua yang menggunakan mesin Vespa generasi yang lebih baru. Contohnya, Excel atau Exlusive sudah mengusung mesin dengan rasio 9,2. Dengan demikian Vespa tersebut memerlukan bahan bakar bensin dengan RON di atas 90. Bila masih mengandalkan mesin lama seperti Sprint, rasio kompresinya hanya 7,5-7,7. Vespea ini masih bisa mengonsumsi bensin beroktan 88.
Silahkan baca : 5 Perbedaan Penting kateristik Pertalite dengan Premium, Pertamax dan Pertamax PlusPerbedaan Bahan Bakar Premium, Pertalite, Pertamax dan Solar
  1. Perhatikan pemakaian oli
Seperti mesin 2 tak, mesin motor Vespa juga membutuhkan oli samping untuk mendukung pelumasan komponen gerak. Agar umur mesin lebih panjang, gunakan oli samping berkualitas dan terpercaya. silahkan baca 5 Fungsi Oli Samping Pada Engine 2 Tak Sepeda Motor
  1. Periksa karburator
Di samping busi dan aki, jangan lupa untuk memeriksa karburator. Salah satu bagian penting dari Vespa ini berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara sebelum masuk ruang bakar. Banyak dijumpai kasus karburator kotor lantaran kualitas BBM dan udara yang tidak memadai. Oleh karenanya karburator harus tetap bersih agar performa Vespa tetap memuaskan.
Selain memeriksa komponen-komponen tersebut, pemilihan bengkel juga tak kalah penting. Pastikan bengkel langganan Anda paham benar seputar mesin Vespa tua.
Sekian info mengenai Cara Merawat Vespa Tua Agar Panjang Umur dan Prima. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih…. 

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon