Loading...

Jumat, 10 Maret 2017

Deteksi Gejala Kerusakan Komponen CVT Motor Matic

Tags

Hallo brother Deteksi Gejala Kerusakan Komponen CVT Motor Matic Sepeda motor jenis skutik punya keunikan dengan adanya CVT. Komponen ini punya tugas seperti rantai yang menyalurkan tenaga mesin menuju roda. Cara kerjanya terbilang lebih rumit dari rantai, karena di dalamnya terdapat banyak komponen-komponen, seperti per CVT, kampas sentrifugal, roller, rumah roller, mangkok kopling, v-belt, dan masih banyak lagi.


Komponen CVT Motor Matic . Jika ada komponen yang mulai rusak atau aus, akan timbul suara-suara tak wajar sebagai kode komponen mana yang bermasalah. Agar tak salah deteksi, Mujiono dari bengkel Tedymotor coba kasih wejangan tentang rusaknya komponen-komponen internal CVT.


Deteksi Gejala Kerusakan Komponen CVT Motor Matic

“Kerusakan pada komponen CVT umumnya berefek pada tarikan dan performa skutik,” kata Mujiono. Tentu berefek juga pada konsumsi bensin yang makin boros. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya.



Deteksi Gejala Kerusakan Komponen CVT

  •  Rumah Roller

Jalur bergerak roller ini bisa tergerus, efeknya pada tarikan yang berat dan tertahan. Kerusakannya diakibatkan usia pakai dan beban overload yang sering dibawa skutik. Disarankan alur roller diberi gemuk secukupnya supaya lebih awet.
  • Roller

Paling sering didapati jadi peyang atau hancur. Gejalanya terdengar bunyi ngrecek-ngrecek di area CVT bagian depan. Solusinya harus ganti roller. “Supaya awet silahkan diberi gemuk terlebih dulu, pengalaman di skutik balap, roller jadi lebih awet,” yakin pria asal Depok ini.

  • Damper Teflon (Slide Pieces)

Berjumlah tiga buah dan punya tugas menahan getaran dari rumah roller. Gejalanya terdengar bunyi klok-klok ketika putaran mesin stationer. Disarankan setiap mengganti roller, damper ini juga ikut diganti.

  • V-Belt
Berbahan karet dan selalu terkena panas, lama-lama pasti getas. Gejala rusaknya harus dilihat langsung, silahkan baca Mendeteksi Kerusakan Van Belt Motor Matic jika sudah retak-retak lebih baik langsung ganti baru. Jika tidak, sewaktu-waktu v-belt bisa putus dan skutik tak bisa bergerak.
  • Kampas Sentrifugal
Sering dengar bunyi mendecit? Ini karena kampas sudah tipis. Tanda lainnya mesin sudah teriak tapi kecepatan skutik tak terlalu tinggi. Solusinya harus ganti. “Untuk Mio bisa pakai kampas BeAT, lebih murah karena dijual kampasnya aja, kalo beli khusus Mio harus satu paket dengan dudukanya,” saran pebengkel ini . baca juga Waspadai Bunyi Cit Cit CVT Motor Mio.

Sekian info mengenai Deteksi Gejala Kerusakan Komponen CVT Motor Matic ingat utamakan selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon