Hallo brother Cara Kerja ECU (Engine Control Unit) Unit Kontrol Mesin Motor Matic - Engine Control Unit (ECU) adalah alat control elektronik yang berfungsi untuk mengendalikan serangkaian actuator pada mesin pembakaran dalam, seperti: ignition dan injection. Secara singkat, ECU merupakan otak dari suatu kendaraan yang telah di-computerize.
Cara Kerja ECU . Selain sebagai fungsi control, ECU juga berfungsi sebagai alat protection system pada suatu kendaraan. Jika terdapat sesuatu yang hal yang aneh, maka sensor akan mengirimkan sinyal kepada ECU untuk mematikan seluruh sistem yang ada pada kendaraan tersebut.
ECU ini biasa juga disebut dengan istilah ECM (Engine Control Module). Dalam meningkatkan kinerja mesin, ECU merupakan pilihan yang efisien karena hanya dengan memainkan variasi dari waktu timing dan campuran udara-bahan bakar akan menghasilkan daya yang optimal dari suatu mesin.
Cara Kerja ECU (Engine Control Unit)
Cara kerja ECU atau Unit Kontrol Mesin adalah mengontrol rasio udara dan bahan bakar, waktu pengapian, idle speed, waktu buka tutup katup. Berikut ini detail cara kerjanya.
- Mengontrol Rasio Udara dan Bahan Bakar
Jika Throttle Position Sensor menunjukkan pedal gas ditekan lebih dalam, Mass Flow Sensor (MFS) akan mengukur jumlah udara tambahan yang tersedot ke dalam mesin dan ECU akan menyuntikkan lebih banyak bahan bakar ke dalam mesin. Jika cairan pendingin Engine Coolant Temperature Sensor menunjukkan mesin juga panas, bahan bakan akan diinjeksi lagi.
- Mengontrol Waktu Pengapian
- Mengontrol Kecepatan Mesin Pada Saat Idle
- Mengontrol Durasi Buka Tutup Katup
Misalnya, saat berkendara dengan kecepatan tetap, katup akan membuka dan sedikit bahan bakar akan disuntikkan, katup kemudian menutup. Tapi, ketika Anda tiba-tiba menginjak pedal gas, katup akan membuka kembali sesuai kedalaman pedal yang ditekan dan bahan bakar akan disuntikkan lebih banyak sehingga kecepatan kendaraan Anda dipercepat. ECU akan mengkalkulasi beban mesin pada RPM yang tepat dan memutuskan bagaimana membuka katup: awal, atau terlambat, terbuka lebar, atau hanya setengah terbuka. Pembukaan yang optimal dan waktu selalu tercapai dan pembakaran adalah setepat mungkin.
Teknologi ECU – Engine Control Unit digunakan juga oleh teknologi injeksi Yamaha atau Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI). Teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) dan ECU juga digunakan pada Motor Matic Injeksi Irit Harga Murah – Yamaha Mio J.
Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja ECU (Engine Control Unit) Unit Kontrol Mesin Motor Matic bisa dilihat di channel youtube saya
Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja ECU (Engine Control Unit) Unit Kontrol Mesin Motor Matic bisa dilihat di channel youtube saya
Sekian info mengenai Cara Kerja ECU (Engine Control Unit) Unit Kontrol Mesin Motor Matic ingat utamakan selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua.kalau berguna monggo di share ke rekan-rekan sekalian. Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom di bawah ini…. Terima kasih….
EmoticonEmoticon