Loading...

Senin, 13 Maret 2017

Efek Pembakaran Tidak Sempurna Pada Motor

Tags

Hallo brother Efek Pembakaran Tidak Sempurna Pada Motor  - Pembakaran tidak sempurna pada mesin motor banyak penyebabnya diantaranya, campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang bisa terlalu boros bisa pula terlalu irit. silahkan baca Cara Mudah Setting Main Jet dan Pilot Jet Pada Mesin Karburator . Busi yang sudah lama tidak di ganti pun bisa jadi penyebab tidak sempurnanya pembakaran. Tapi kali ini saya tidak akan membahas mengapa motor pembakarannya tidak sempurnaMelainkan saya akan membahas Efek dari tidak sempurnanya pembakaran pada motor.

Pembakaran Tidak Sempurna . Yang pasti apabila pembakaran tidak sempurna pada mesin motor, motor akan nge-drop tenaganya. Dan yang paling berbahaya adalah polusi yang di timbulkan karena pembakaran tidak sempurna pada mesin. Coba kita praktekan pakai rumus kimia, cia.... sok tahu kimia aja, padahal nilai waktu SMA dapat 4 Wkwkwkwkwk............. (sorry jika salah).




Unsur kimia terbesar yang terkandung dalam bensin adalah C (karbon), H2 (hidrogen) dan S (belerang). Coba kita uraikan satu - persatu:

C (karbon)
Jika pembakaran sempurna menurut reaksi C+O2 = CO2 dan CO2 (karbon dioksida) masih bisa di filter atau di rubah menjadi O2 oleh pepohonan. Tidak berbahaya bagi tubuh manusia.
Jika pembakaran tidak sempurna atau terlalu boros menurut reaksi 2C+O2 = 2CO , gas CO (karbon monoksida) sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Apabila karbon terbakar hanya menjadi CO (karbon monoksida) alias pembakaran tidak sempurna, panas yang di hasilkan hanya 30% di bandingkan apabila karbon terbakar sempurna menjadi CO2 (karbon dioksida)ini yang mengakibatkan nge-dropnya tenaga motor.

H2 (hidrogen)
Hidrogen sering di namakan zat air, pada pembakaran sempurna akan di hasilkan Uap Air menurut reaksi adalah : 2H2+O2 = 2H20

S (sulfur/belerang)
Jika pembakaran sempurna belerang di bakar oksigen (O2) akan menjadi belerang dioksida (SO2). Menurut reaksi S+O2 = SO2. Belerang dioksida bersifat korosif bila bereaksi dengan air dan akan merusat logam yang di laluinya, terutama pada temperatur rendah.


Dampak Pembakaran Tidak Sempurna


Nilai kalor (panas) bahan bakar perlu kita ketahui mas bro. Agar neraca kalor dari motor dapat dibuat. Efisiensi atau tidak kerjanya suatu motor, di tinjau atas dasar nilai kalor bahan bakarnya. Nilai kalor mempunyai hubungan dengan berat jenis. Pada umumnya makin tinggi berat jenis maka makin rendah nilai kalorna. Pembakaran dapat berlangsung dengan sempurna, tetapi  juga dapat tidak sempurna.


Pembakaran kurang sempurna dpat berakibat:

  • Kerugian panas dalam motor menjadi besar, sehingga efisiensi motor menjadi turun. 
  • Sisa pembakaran dapat menyebabkan pegas-pegas piston melekat pada alurnya, Sehingga ia tidak berfungsi lagi sebagai pegas torak.
  • Sisa pebakaran juga dapat melekat di lubang pembuangan antara katub dan dudukannya. Terutama pada katub buang, sehingga katub tidak dapat menutup dengan rapat.
  • Sisi pembakaran yang telah menjadi keras yang melekat antara piston dan dinding silinder menghalangi pelumasan sehingga piston dan silinder mudah aus.
Efisiensi bahan bakar dan efisiensi panas sngat menentukan bagi efisiensi motor itu sendiri.
baca juga Proses Pembakaran Sempurna Pada Mesin
Efek dari pembakaran tidak sempurna bukan hanya tenaga motor yang lebih rendah di bandingkan pembakaran sempurna, melainkan ada yang lebih penting yaitu polusi yang di timbulkan oleh pembakaran tidak sempurna yang sangat berbahaya dan merusak. Maka rawatlah motor anda dengan baik. 

Sekian info mengenai Efek Pembakaran Tidak Sempurna Pada Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon