Loading...

Selasa, 12 Februari 2019

Mengenal Fungsi Tensioner di Rantai Keteng Motor

Tags

Hallo brother Mengenal Fungsi Tensioner di Rantai Keteng Motor - Dalam istilah perbengkelan sebutan untuk salah satu komponen motor yang satu ini sebenarnya bermacam-macam , mulai dari tensioner rantai keteng , tonjokan keteng , stut keteng dan ada juga yang menyebutnya stut kamprat .

Mengenal Fungsi Tensioner di Rantai Keteng Motor

Tensioner di Rantai Keteng Motor. Tensioner sendiri berfungsi sebagai alat untuk memberikan tegangan atau tekanan pada rantai keteng agar rantai yang menempel pada gear tersebut tetap presisi . Jika tegangan rantai keteng tersebut kendor atau longgar akan membuat putaran pada mesin menjadi tidak stabil dan terlebih lagi yang sering membuat risih yaitu munculnya bunyi berisik seperti " tek . . tek . . tekkk . . . " yang di hasilkan oleh mesin .

Mengenal Tensioner di Rantai Keteng Motor

Tensioner motor juga di bagi menjadi 3 macam , yaitu tensioner manual , semi otomatis , dan otomatis (automatic adjuster) .

1. Tensioner Manual 

Dalam hal penyetelannya , yang harus di lakukan adalah melonggarkan dahulu mur pengunci , kemudian kencangkan baut ke arah dalam sampai suara berisik pada rantai keteng hilang . Setelah itu kencangkan kembali mur pengunci baut yang tadi di kendorkan .

2. Tensioner Semi Otomatis

Cara menyetel tensioner ini cukup melonggarkan baut penahan batang tensioner , setelah kendor baut tersebut dengan sendirinya akan masuk ke arah dalam karena adanya gaya pegas yang di hasilkan oleh per tensioner . Jika sudah selesai jangan lupa mengencangkan kembali baut tersebut .

3. Tensioner Otomatis

Untuk sekarang ini kebanyakan motor sudah menggunakan automatic adjuster atau tensioner otomatis (Seperti Satria FU dan Honda Sonic) . Keunggulan tensioner otomatis ini di bandingkan dengan tensioner lainnya adalah dalam hal penyetelannya . Tensioner ini tidak perlu di stel lagi dalam hal pemasangan , karena di dalam tensioner ini sudah terdapat chain guide atau karet serta per tensioner yang berfungsi untuk memberikan tegangan pada rantai keteng .

Akan tetapi Tensioner ini juga mempunyai kekurangan , jika per tensioner sudah mulai kendor atau lemah syahwat mau tidak mau harus di ganti dengan per yang baru . 

Sekian info mengenai  Mengenal Fungsi Tensioner di Rantai Keteng Motor ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon