Loading...

Minggu, 04 Agustus 2019

Cara Kerja Motor 2 Langkah / 2 Tak

Tags

Hallo brother Cara Kerja Motor 2 Langkah / 2 Tak - Motor bensin 2 langkah atau 2 tak merupakan termasuk dalam kategori motor pembakaran dalam (internal combution). Perbedaannya dengan motor 4 langkah atau 4 tak yaitu pada mekanisme kerjanya. 

Cara Kerja Motor 2 Langkah / 2 Tak. Jika motor 4 langkah melakukan 1 kali langkah kerja memerlukan 2 kali putaran poros engkol atau 4 kali naik turun piston,  maka pada motor 2 langkah hanya membutuhkan 1 kali putaran poros engkol atau 2 kali naik turun piston.
Artinya, dalam 1 kali gerakan piston maka akan terjadi 2 langkah proses yang dilakukannya. Yaitu langkah hisap berbarengan dengan langkah kompresi. Sedangkan langkah usaha berbarengan dengan langkah buang. Perlu kita ketahui juga bahwa pada motor 2 langkah tidak mempunyai katup (klep) seperti halnya pada motor 4 langkah. Melainkan pada motor 2 langkah yang berfungsi sebagai penutup dan pembuka saluran masuk dan pembuangan yaitu piston itu sendiri.
Berikut ini cara kerja motor 2 langkah :

Pada sepeda motor 2 tak, terdapat saluran pemasukan, pembuangan, dan pembilasan bahan baker yang diatur oleh piston dalam blok silinder. 

1. Langkah Hisap dan Langkah Kompresi 

 

Pada langkah isap piston bergerak naik dari TMB menuju TMA. Pada saat piston di posisi TMB, bahan baker yang berada dibawah piston didorong dan keluar dari saluran pembilasan. Proses selanjutnya, bahan baker yang keluar dari saluran pembilasan didorong piston sampai mencapai posisi TMA. Pada saat hamper mencapai TMA, piston menutup saluran pembuangan dan saluran pembilasan. Akibatnya, saluran pemasukan bahan baker terbuka yang menyebabkan bahan baker secara otomatis masuk melalui saluran pemasukan di bawah piston. Bahan baker yang telah ada disilinder di tekan naik oleh piston sampai mencapai posisi TMA. Tekanan di silinder meningkat, kemudian bunga api dari busi membakare bahan baker dan udara menjadi letusan.
2. Langkah Usaha dan Buang 
Letusan tersebut menghasilkan tenaga yang digunakan untuk mendorong piston bergerak turun dari TMA menuju TMB. Piston bergerak turun akan mendorong bahan baker yang telah berada di bawah piston menuju saluran pembilasan. Saat piston bergerak turun saluran buang dan saluran pembilasan dalam keadaan terbuka. Gas sisa pembakaran akan terdorong keluar melalui saluran pembuangan menuju knalpot akibat desakan bahan baker dan udara yang masuk dalam silinder melalui saluran pembilasan. Dengan terbuangnya gas sisa hasil pembakaran, kerja mesin 2 tak selesai   untuk satu proses kerja (siklus). Proses up ward stroke dan down ward stroke akan terus bekerja silih berganti.

Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja Motor 2 Langkah / 2 Tak bisa dilihat di channel youtube saya 



Sekian info mengenai Cara Kerja Motor 2 Langkah / 2 Tak Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon