Loading...

Selasa, 16 Juli 2019

Yuk Kenali Jenis Lampu Utama Sepeda Motor

Tags

Hallo brother Yuk Kenali Jenis Lampu Utama Sepeda Motor - Lampu menjadi suatu piranti yang wajib pada kendaraan bermotor khususnya di motor Baik siang maupun malam. fungsinya sebagai penerangan jalan di malam hari, juga sangat efektif untuk mengurangi terjadinya kecelakaan di siang hari,

Jenis Lampu Utama Sepeda Motor. Lampu utama atau biasa disebut headlamp pada motor merupakan salah satu suku cadang motor yang sangat vital. Untuk itu akan sangat menguntungkan bila kita mengetahui macam-macam bohlam yang ada di motor.

 Jenis Lampu Utama Sepeda Motor

Seiring dengan perkembangan teknologi yang maju pesat banyak pabrikan yang membuat jenis lampu utama pada sepeda motor. Berikut Detil dari beberapa jenis lampu utama pada sepeda motor:

Lampu Tungsten

 Image result for jenis Lampu depan motor

Saat ini masih terdapat sepeda motor yang diproduksi di Indonesia, masih menggunakan lampu pijar Tungsten dengan kelistrikan AC maupun DC. Dimana memang banyak keunggulan dari jenis lampu ini, penggunaan lampu jenis ini lebih efisien sehingga pengguaan listrik lebih hemat dan akan berpengaruh pula pada biaya perawatannya juga suku cadangnya yang akan lebih murah. Namun, pada sepeda motor dengan kelistrikan AC, lampu jenis ini penerangannya tidak konsisten, pada saat motor berjalan lambat dengan tekanan gas yang rendah maka lampu ini akan ikut meredup menyesuaikan tekanan gas motor sehingga daya penerangan pada jenis lampu inipun belum begitu sempurna dan rawan rusak.

 Lampu Halogen

Image result for jenis Lampu depan motor

Lampu ini merupakan pengembangan baru dari bohlam pijar Tungsten, dengan pengembangan ini lampu Halogen memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan lampu pijar Tungsten. Fillament lampu Halogen lebih besar dengan tingkat pencahayaan lebih tinggi, penggunaan daya listrik pun cenderung lebih kecil dibanding lampu jenis Tungsten.

Lampu HID

 Image result for Kenali Jenis Lampu Utama Sepeda Motor

Jenis lampu pernah jadi tren pada beberapa waktu lalu, dimana lampu ini sudah menjadi pilihan bagi produsen motor sebagai lampu standard yang digumakan oleh sepeda motor. Jenis lampu HID ini biasa dikenal dengan sebutan Lampu Xenon,hal ini dikarenakan lampu ini memakai gas xenon untuk pencahayaannya. kinerja pada lampu ini lebih konsisten menyala dibanding lampu pijar Tungsten dimana HID ini merupakan penyempurnaan dari beberapa jenis lampu yang lain. Lampu ini tentunya mempunyai kelebihan yang baik dibanding lampu-lampu lain, yakni mempunyai daya terang yang baik karena tanpa menggunakan filament. Penerangan tersebut berasal dari gas xenon, dimana tingkat keterangan lampu ini mencapai 2800 dan 3000 lumen dengan memakai daya 35 watt.

Selain itu lampu ini juga mempunai umur yang panjang bahkan awet hingga 3000 jam, jika dibandingkan dengan bohlam halogen berbeda cukup jauh, dimana bohlam halogen hanya mampu bertahan hingga mencapai 500 jam saja. Dari segi wattnya bohlam halogen lebih besar yakni mencapai 55 watt dengan tingkat penerangannya yang lebih kecil hanya antara 700 sampai 2100 lumen saja.

Lampu LED

Image result for Kenali Jenis Lampu Utama Sepeda Motor

Selain jenis lampu yang disebutkan tadi, ada juga jenis lampu baru yakni LED. Lampu jenis ini, kini sudah jadi salah satu suku cadang OEM sepeda motor. Lampu LED ini mempunyai keunggulan yang cukup baik, seperti lebih hemat energy dan ramah lingkungan. Bentuknya sangat kecil dengan tingkat penerangan yang tinggi, namun lampu ini tidak menghasilkan panas berlebih dan juga tahan lama serta tahan oleh goncangan.

Berikut adalah jenis lampu utama atau headlamp sepeda motor saat ini, teman-teman bisa memilih jenis lampu sesuai dengan kebutuhan. Lampu sebagai penerang utama begitu penting melengkapi perlengkapan pada motor, merawat dan juga mengganti rutin ketika lampu sudah mulai memburuk dapat menentukan keselamatan berkendara anda jadi gunakanlah lampu yang sesuai dengan kebutuhan anda tanpa mengabaikan tingkat keselamatan juga. 


Untuk video lebih jelasnya tentang Yuk Kenali Jenis Lampu Utama Sepeda Motor bisa dilihat di channel youtube saya 


 
Sekian info mengenai Yuk Kenali Jenis Lampu Utama Sepeda Motor ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon