Hallo brother Cara Kerja CVT (Transmisi Matic) Sepeda Motor - Untuk zaman sekarang ini kendaraan roda dua dengan mengguankan transmisi matic lebih diminati
dari pada yang mengguankan transmisi manual, karena memang lebih mudah dalam
mengendarainya.
CVT (Transmisi Matic). Jika
berbicara mengenai motor matic, tentunya kita juga akan
membahas salah satu komponen yang terdapat pada sepeda motor matic
tersebut, yakni komponen yang disebut dengan CVT ( Continous Variable
Transmission ).
CVT ( Continous Variable Transmission ) adalah sebuah sistem yang terdapat pada kendaraan roda dua yang berfungsi untuk mengatur pengaturan rasio pada motor matic tersebut, orang lebih senang menyebutnya transmisi otomatic.
CVT ( Continous Variable Transmission ) adalah sebuah sistem yang terdapat pada kendaraan roda dua yang berfungsi untuk mengatur pengaturan rasio pada motor matic tersebut, orang lebih senang menyebutnya transmisi otomatic.
KOMPONEN CVT


KEUNTUNGAN SISTEM CVT
1. Memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis
2. Perbandingan rasio gigi yang sangat tepat tanpa harus memindahan gigi
3. Tidak akan terjadi hentakan saat perpindahan didi
4. Perpindahan kecepatan yang sangat lembut
KERUGIAN CVT
1. Untuk start pertama dibutuhkan putaran yang tinggi
2. Pembukaan gas cenderung besar, karena dibutuhkan putaran tinggi untuk bisa berjalan dan berpidah rasio
3. Penggunaan bensin lebih boros
4. Karena lebih banyak bekerja pada putaran tinggi dimungkinkan
mesin lebih cepat rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang lebih
5. Pada saat jalan menurun, engine brake yang terjadi sangat kecil, sehingga cenderung mengerem dan rem akan terbakar
6. Karena kecilnya engine breke ini akan menimbulkan motor sulit
dikendalikan saat jalan menurun. untuk itu tidak disarankan menggunakan
motor matic di kondisi jalan menanjak dan menurun bagi yang belum
berpengalaman.
CARA KERJA CVT

SAAT PUTARAN LANGSAM
Saat putaran langsam kopling sentrifugal pada pulley sekunder belum
berhubungan, sehingga putaran dari pulley primer belum dapat diteruskan
ke roda belakang.
SAAT PUTARAN MULAI JALAN
Saat mulai berjalan kompling sentrifugal pada pulley sekunder mulai terhubung dan memutar roda belakang
SAAT PUTARAN MENENGAH
saat putaran menengah besar pulley sekunder dan primer relatif sama, sehingga membuat perbandingan gigi yang sesuai
SAAT PUTARAN TINGGI
Saat putaran tinggi, pulley primer membesar, karena putaran mesin meninggi, oleh karena pulley primer membesar belt lebih banyak tertari ke depan, sehingga pulley sekunder mengecil. perbandingan putaran akan berubah lagi.
SAAT RODA BEBAN BERAT / MENANJAK
Pada saat menanjak, atau beban berat, roda belakang agak tertahan, oleh karena beban sehingga pulley sekunder membesar dan pulley primer mengecil.
Sekian info mengenai Cara Kerja CVT (Transmisi Matic) Sepeda Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau
berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan
silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah
ini ... teimakasih ...
EmoticonEmoticon