Loading...

Selasa, 16 Juli 2019

Cara Kerja CVT (Transmisi Matic) Sepeda Motor

Tags

Hallo brother Cara Kerja CVT (Transmisi Matic) Sepeda Motor - Untuk zaman sekarang ini kendaraan roda dua dengan mengguankan transmisi matic lebih diminati dari pada yang mengguankan transmisi manual, karena memang lebih mudah dalam mengendarainya.

CVT (Transmisi Matic). Jika berbicara mengenai motor matic, tentunya kita juga akan membahas salah satu komponen yang terdapat pada sepeda motor matic tersebut, yakni komponen yang disebut dengan CVT (  Continous Variable Transmission ).

CVT (  Continous Variable Transmission ) adalah sebuah sistem yang terdapat pada kendaraan roda dua yang berfungsi untuk mengatur pengaturan rasio pada motor matic tersebut, orang lebih senang menyebutnya transmisi otomatic.
KOMPONEN CVT
 

KEUNTUNGAN SISTEM CVT

1. Memberikan perubahan kecepatan dan perubahan torsi dari mesin ke roda belakang secara otomatis
2. Perbandingan rasio gigi yang sangat tepat tanpa harus memindahan gigi
3. Tidak akan terjadi hentakan saat perpindahan didi
4. Perpindahan kecepatan yang sangat lembut

KERUGIAN CVT

1. Untuk start pertama dibutuhkan putaran yang tinggi
2. Pembukaan gas cenderung besar, karena dibutuhkan putaran tinggi untuk bisa berjalan dan berpidah rasio
3. Penggunaan bensin lebih boros
4. Karena lebih banyak bekerja pada putaran tinggi dimungkinkan mesin lebih cepat rusak jika tidak mendapatkan perawatan yang lebih
5. Pada saat jalan menurun, engine brake yang terjadi sangat kecil, sehingga cenderung mengerem dan rem akan terbakar
6. Karena kecilnya engine breke ini akan menimbulkan motor sulit dikendalikan saat jalan menurun. untuk itu tidak disarankan menggunakan motor matic di kondisi jalan menanjak dan menurun bagi yang belum berpengalaman.

CARA KERJA CVT


SAAT PUTARAN LANGSAM

Saat putaran langsam kopling sentrifugal pada pulley sekunder belum berhubungan, sehingga putaran dari pulley primer belum dapat diteruskan ke roda belakang. 

SAAT PUTARAN MULAI JALAN

Saat mulai berjalan kompling sentrifugal pada pulley sekunder mulai terhubung dan memutar roda belakang

SAAT PUTARAN MENENGAH

saat putaran menengah besar pulley sekunder dan primer relatif sama, sehingga membuat perbandingan gigi yang sesuai

SAAT PUTARAN TINGGI

Saat putaran tinggi, pulley primer membesar, karena putaran mesin meninggi, oleh karena pulley primer membesar belt lebih banyak tertari ke depan, sehingga pulley sekunder mengecil. perbandingan putaran akan berubah lagi. 

SAAT RODA BEBAN BERAT / MENANJAK

Pada saat menanjak, atau beban berat, roda belakang agak tertahan, oleh karena beban sehingga pulley sekunder membesar dan pulley primer mengecil.

 Sekian info mengenai Cara Kerja CVT (Transmisi Matic) Sepeda Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon