Loading...

Selasa, 30 April 2019

Fungsi Lean Angle Sensor pada sepeda motor Fuel Injection

Tags

Hallo brother Fungsi Lean Angle Sensor pada sepeda motor Fuel Injection -Lean Angle Sensor adalah sebuah sensor yang berfungsi untuk mendeteksi sudut kemiringan motor . Bila sudut kemiringan motor melebih dari batas yang ditentukan , maka ECU akan menghentikan supplay bahan bakar ke Injector sekaligus memutus system kerja Fuel Injection . 


Fungsi Lean Angle Sensor. Hal ini diterapkan pada sepeda motor Injeksi tujuan nya adalah untuk menghindari terjadinya hal yang Fatal saat terjadi kecelakaan ( misalnya motor terbakar ). Dikhawatirkan saat terjadi Accident tersebut , tumpahan bahan bakar dapat menyulut terjadinya kebakaran karena adanya percikan bunga api dari system pengapian.
 
Fungsi Lean Angle Sensor pada sepeda motor Fuel Injection

Cara kerja Lean Angle Sensor sama dengan cara kerja komponen komponen lain pendukung system kerja pada Fuel Injection . Yaitu mengirimkan sinyal berupa tegangan listrik ke Engine Control Unit / ECU . Saat sepeda motor dalam kondisi normal , maka Lean Angle Sensor akan mengirimkan sinyal tersebut hanya sebesar 1 Volt , tetapi saat kondisi sepeda motor sudut kemiringan nya melebihi 65° , maka Lean Angle Sensor akan memberikan sinyal berupa tegangan listrik sebesar 4 Volt .

Hal inilah yang meyebabkan saat sepeda motor tiba tiba terjatuh ato roboh dalam kondisi mesin hidup , maka beberapa saat kemudian mesin akan mati dengan sendirinya. Akan tetapi setelah motor ditegakan kembali , maka beberapa saat kemudian sepeda motor akan kembali dapat dihidupkan .

Sedulur
brother khususnya pengguna Yamaha V-ixion , mungkin pernah memperhatikan komponen yang satu ini . Letaknya berada dibawah Jok , dekat dengan Tools Box , berbentuk kotak berwarna hitam , pada bagian atas ada tulisan “ Up “.   Nach , Komponen itulah yang dinamakan Lean Angle Sensor.


Berikut keterangan Tedymotor seperti dilansir motorplus.com

“Semua motor sport Yamaha sudah pakai sensor itu, kecuali matik,” bilang Slamet Kasianom, Instruktur Yamaha Technical Academy PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Lean Angle Sensor akan memutus arus yang terhubung ke fuel pump ketika sensor membaca kemiringan motor mencapai derajat tertentu. “Rata-rata sih pada kemiringan 65° ke atas. Kecuali R25, pakai 55°,”
 
Untuk video lebih jelasnya tentang Fungsi Lean Angle Sensor pada sepeda motor Fuel Injection bisa dilihat di channel youtube saya 


Sekian info mengenai Fungsi Lean Angle Sensor pada sepeda motor Fuel Injection. Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon