Loading...

Minggu, 09 Februari 2020

Cara Ganti Kanvas Rem Roda Belakang Honda Vario 125

Tags


Hallo brother Cara Ganti Kanvas Rem Roda Belakang Honda Vario 125 - Buat Sobat yang suka oprek motor ataupun yang suka menservis motor kesayangannya sendiri dirumah, berikut saya berikan gambaran cara mengganti kampas rem belakang pada motor matik Vario 125.


Ganti Kanvas Rem. Dalam hal ini melepas roda belakang Honda untuk hal ini terbilang lebih sulit dibandingkan dengan tipe matic lainnya dikarenakan pada motor ini terdapat swing arm yang dimana fungsinya untuk memperkuat dari ketahanan mesin motor tersebut. 

 Ganti Kanvas Rem Roda Belakang Honda Vario 125


Dengan bobot mesin yang terbilang cukup besar hal ini tentu harus ditopang dengan tambahan part contohnya seperti swing arm ini. Nah untuk dapat melepas roda belakang ini perlu sekali teknik khusus agar moment pada pengencangan yang besar di roda serta baut swing arm dan knalpot dapat dilepas tanpa ada masalah.

Ganti Kanvas Rem Roda Belakang Honda Vario 125




Permasalah yang sering dihadapi untuk melepas ban belakang vario 125 ialah pada baut yang momen pengencangannya besar baik pada baut knalpot serta swing armnya pula dengan mur roda belakang yang momennya sampai 100 Nm. Karena terkadang pula yang letaknya di bawah serta sangat mudah terkena air sering kali membuat baut berkarat sehingga akan semakin berat saat melepasnya. 


Untuk langkah yang pertama ialah dengan menyiapkan alat yang tepat, untuk dapat melepas ban belakang Honda vario 125 ini. Seperti menyediakan sejenis pipa atau tuas yang dapat digunakan untuk memperbesar tenaga saat pelepasan baut.


Untuk langkah pengerjaannya terlebih dulu kita lepas knalpot dengan kunci sok 10 dan 14 mm,  

  1. Setelah knalpot dilepas kemudian lepas mur as roda dengan menggunakan kunci sok 24 mm 
  2. Lepas baut pengikat swing arm dengan kunci sok 14 mm kemudian lepas swing arm. 
  3. Kendurkan mur setelan rem agar kampas rem tidak menyenggol atau mengganggu saat roda dilepas dan angkat sedikit fender keatas lalu keluarkan roda. 
  4. Lepas kanvas rem dari dudukannya dan bersihkan debu-debu dengan menggunakan kuas, kalau ada kompresor tinggal disemprot saja dengan angin kompresor. 
  5. kemudian pasang kampas rem yang baru ke dudukannya. 
  6. Bersihkan tromol dari kotoran dan debu yang menempel dengan kuas atau angin kompresor kemudian pasang kembali ke as roda. 
  7. Pasang kembali baut pengikat swing arm dan mur as roda serta knalpot kemudian kencangkan. 
  8. stel jarak handle rem. Lakukan test jalan untuk memastikan semua sudah bekerja dengan normal. 
Untuk video lebih jelasnya tentang Cara ganti kanvas rem rodabelakang Honda Vario 125  bisa dilihat di channel youtube saya 

 



Sekian info mengenai Cara Ganti Kanvas Rem Roda Belakang Honda Vario 125 Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon