Loading...

Minggu, 09 Februari 2020

Bunyi Kletek- Kletek, Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor


Hallo brother Bunyi Kletek-Kletek, Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor - Suku cadang sistem penggerak roda belakang yang sudah memasuki usia pakai secara maksimal sebaiknya perlu dilakukan pengecekan agar dapat dipastikan komponen tersebut masih layak pakai atau perlu dilakukan pergantian.

Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor. Mungkin Anda pernah mendengar roda kendaraan Anda ada suara  kasar pada waktu berjalan dan apalagi buat boncengan suara kasar tersebut terdengar lebih keras. 

Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor

Pada sistem penggerak roda belakang komponen yang dapat menimbulkan bunyi ini ialah  bearing yang ada diroda belakang. jika kondisi seperti ini dibiarkan atau tidak diketahui oleh pemiliknya, maka bagian tromol roda tersebut akan mengalami kerusakan, dimana dapat menimbulkan bunyi-bunyi yang mengganggu saat sepeda motor sedang berjalan

Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor

Untuk itu, agar dapat mengenali rusak atau tidaknya komponen ini, lakukan pembongkaran caranya sangat mudah dan anda bisa melakukan sendiri di rumah. Ok guys langsung saja kita ketutorial

  • Pertama lepas roda belakang lebih dulu pakai kunci ring sesuai dengan ukuran masing2 motornya. 
  • Setelah roda belakang terpisah, lanjut lepas nap gir pada teromol yang ada di tengah-tengah gir belakang.
“Pastikan kelayakan karet sil nap gir diikuti dengan kondisi Laher. Jika sil mulai getas atau robek dan laher Nampak berkarat, sebaiknya kedua part ini diganti dengan yang baru guna menghindari ban belakang goyang dombret. Tapi kalau Cuma kotor cukup dibersihkan dengan cara dicuci pakai air sabun dan dilap kering, Tapi kalau laher rusak, untuk melepas laher nap gir perlu trik khusus, karena posisinya ada di dalam lubang tengah teromol. Buat eksekusi laher nap gir biar mudah lepas, diperlukan bantuan kunci sok ukuran besar atau tangkai kunci sok untuk mendorong laher keluar.

Sebelum laher dikeluarkan, copot dulu sil debu menggunakan obeng min secara perlahan hingga terlepas. Kemudian getok laher perlahan memakai palu dengan cara menyilang dan berputar. Hal ini agar laher bergeser secara merata tanpa miring sedikit pun.

Laher ger ini tugasnya sangat berat guys karena laher nap gir belakang tidak Cuma bertugas mengurangi friksi putaran roda. Tapi juga kerap menerima beban hentak saat mesin berakselarasi memutar roda belakang melalui gir depan-belakang dan rantai. Belum lagi jika sil sudah mulai koyak lalu diacuhkan kondisi kelayakannya. Alhasil, posisi laher yang ngumpet dibelakang swing arm jadi tempat bersarang debu dan kotoran hinggap menggerogoti laher.

“Meskipun sudah dibekali karet sil. Tapi seiring usia pakai ditambah kondisi beban laher, hal tersebut menyebabkan laher jadi kering, aus hingga terjadi oblak. Bisa dipastikan gerak putar gir dan roda belakan ikutan jadi oleng.

Sebelum laher dipasang, biasakan area disekitar laher dibersihkan lebih dulu. Sehingga part yang baru mudah diaplikasi juga lebih maksimal kerjanya,” tutup Dimas yang terkenal ramah.

Selanjutnya kita pasang laker yang baru dan kita tinggal rakit kembali roda belakang kebalikan pada waktu pembongkaran tadi ya guys
Setelah semua terpasang dengan sepurna kita tinggal tes apa masih terdengar suara kasar tersebut. 



Sekian info mengenai Bunyi Kletek-Kletek, Kenali GejalaKerusakan Pada Roda Belakang Motor Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon