Hallo brother Bunyi Kletek-Kletek, Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor - Suku cadang
sistem penggerak roda belakang yang sudah memasuki usia pakai
secara maksimal sebaiknya perlu dilakukan pengecekan agar dapat dipastikan
komponen tersebut masih layak pakai atau perlu dilakukan pergantian.
Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor. Mungkin Anda
pernah mendengar roda kendaraan Anda ada suara
kasar pada waktu berjalan dan apalagi buat boncengan suara kasar
tersebut terdengar lebih keras.
Pada sistem
penggerak roda belakang komponen yang dapat menimbulkan bunyi ini
ialah bearing yang ada diroda belakang. jika
kondisi seperti ini dibiarkan atau tidak diketahui oleh pemiliknya, maka bagian
tromol roda tersebut akan mengalami kerusakan,
dimana dapat menimbulkan bunyi-bunyi yang mengganggu saat sepeda motor sedang
berjalan
Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor
Untuk itu, agar dapat mengenali rusak atau tidaknya
komponen ini, lakukan pembongkaran caranya sangat mudah dan anda bisa melakukan
sendiri di rumah. Ok guys langsung saja kita ketutorial
- Pertama lepas roda belakang lebih dulu pakai kunci ring sesuai dengan ukuran masing2 motornya.
- Setelah roda belakang terpisah, lanjut lepas nap gir pada teromol yang ada di tengah-tengah gir belakang.
“Pastikan kelayakan karet sil nap gir diikuti dengan
kondisi Laher. Jika sil mulai getas atau robek dan laher Nampak berkarat,
sebaiknya kedua part ini diganti dengan yang baru guna menghindari ban
belakang goyang dombret. Tapi kalau Cuma kotor cukup dibersihkan dengan
cara dicuci pakai air sabun dan dilap kering, Tapi kalau laher rusak, untuk melepas laher nap gir
perlu trik khusus, karena posisinya ada di dalam lubang tengah teromol. Buat
eksekusi laher nap gir biar mudah lepas, diperlukan bantuan kunci sok ukuran
besar atau tangkai kunci sok untuk mendorong laher keluar.
Sebelum laher dikeluarkan, copot dulu sil debu
menggunakan obeng min secara perlahan hingga terlepas. Kemudian getok laher
perlahan memakai palu dengan cara menyilang dan berputar. Hal ini agar laher
bergeser secara merata tanpa miring sedikit pun.
Laher ger ini tugasnya sangat berat guys karena laher
nap gir belakang tidak Cuma bertugas mengurangi friksi putaran roda. Tapi juga
kerap menerima beban hentak saat mesin berakselarasi memutar roda belakang
melalui gir depan-belakang dan rantai. Belum lagi jika sil sudah mulai koyak
lalu diacuhkan kondisi kelayakannya. Alhasil, posisi laher yang ngumpet
dibelakang swing arm jadi tempat bersarang debu dan kotoran hinggap
menggerogoti laher.
“Meskipun sudah dibekali karet sil. Tapi seiring usia
pakai ditambah kondisi beban laher, hal tersebut menyebabkan laher jadi kering,
aus hingga terjadi oblak. Bisa dipastikan gerak putar gir dan roda belakan
ikutan jadi oleng.
Sebelum laher dipasang, biasakan area disekitar laher
dibersihkan lebih dulu. Sehingga part yang baru mudah diaplikasi juga lebih
maksimal kerjanya,” tutup Dimas yang terkenal ramah.
Selanjutnya kita pasang laker yang baru dan kita
tinggal rakit kembali roda belakang kebalikan pada waktu pembongkaran tadi ya
guys
Setelah semua terpasang dengan sepurna kita tinggal
tes apa masih terdengar suara kasar tersebut.
Untuk
video lebih jelasnya tentang Bunyi Kletek-Kletek, Kenali Gejala Kerusakan Pada Roda Belakang Motor bisa dilihat di channel youtube saya
EmoticonEmoticon