Hallo
brother Kampas Rem Cakram Motor Berbunyi Berisik..?? Inilah Penyebab Dan Solusinya - Sistem rem sepeda motor merupakan
perangkat yang sangat penting dan memiliki peran yang vital demin menjaga
keselamatan dan keamanan selama berkendara. Banyak pemilik sepeda motor yang
tidak mengetahui penyebab dari muncul atau timbulnya suara tersebut yang
sehingga lebih memilih untuk membiarkannya, padahal suara berisik pada rem
merupakan hal yang terbilang cukup membahayakan dan harus segera dilakukan
perbaikan.
Kampas Rem Cakram Motor Berbunyi Berisik. Melakukan penggantian
kampas rem, ternyata bisa anda lakukan sendiri dirumah. Dengan bantuan tool set
anda bisa melakukan reparasi sepeda motor anda sendiri termasuk mengganti
kampas rem. Untuk mempermudah cara menggantinya tipsmontir akan kasih panduan
cara mengganti kampas cakram depan dengan mudah
Kampas Rem Cakram Motor Berbunyi Berisik
Sebelum
melepas, perlu diketahui ada dua jenis sistem rem cakram yang dipakai pada
motor. Tipe single piston dan double piston. Pada edisi ini kita akan mengganti
kampas cakram tipe singgle piston punyanya yamaha mio gt
- Langkah pertama adalah melepas baut pengikat braket rem
Pada tipe ini kita diharuskan
melepas pin kampas rem dahulu. Pin ini ada dua buah, tapi yang anda lepas cukup
satu. Untuk melepas pin, pertama kita lepas dahulu snap ring atau kawat
pengunci dari pin tersebut.
- Lepas braket rem Caranya anda hanya tinggal menariknya Lalu sebelum nanti dipasang, batang ini juga harus di lumasi dengan pelumas (oli atau grease) agar pergerakan piston bisa lancar.
Kampas Rem Yang Sudah Tipis menyebabkkan suara
yang berisik karena gesekan logam kampas rem dengan disc brake atau piringannya
, Hal itu diakibatkan sering menunda mengganti kampas rem yang sudah tipis oleh
pengendara. Padahal rem ialah salah satu komponen penting yang dapat menunjang
keselamatan pengendaranya. Solusinya ganti kampas rem yang baru karena kampas
rem yang sudah tipis tidak dapat bertahan lama. Semakin lama tidak diganti
semakin besar peluang terjadinya kecelakaan.
- Sebelum memasukan kampas kedalam caliper, kita juga pelu mengkondisikan bagian caliper. Ketika kampas rem tipis, secara otomatis piston menjadi lebih menonjol. Ini adalah proses alami dari sistem hidrolik rem untuk melakuakan penyetelan celah rem otomatis.
Kalau kita
pasang kampas baru yang lebih tebal, maka kampas tidak akan bisa masuk. Oleh
karena itu kita harus menekan/memasukan piston didalam caliper agar
permukaannya rata dengan permukaan caliper.
Setelah proses penyesuaian telah dilakukan, langkah berikutnya adalah langkah pemasangan. Kita tinggal pasang kebalikkan pada waktu pembongkaran
- Langkah terakhir, adalah dengan melakukan pengetesan. Untuk kampas rem yang baru diganti, biasanya rem akan ngempos diawal. Ini dikarenakan celah antara kampas rem dan piringan sangat lebar.
Sehingga
seusai mengganti kampas rem, kita jangan langsung menggeber motor dijalan.
Pertama tekan rem hingga lebih dari tiga kali hingga rem terasa padat. Kalau
rem sudah terasa padat, artinya celah rem sudah diset secara otomatis dan motor
siap digunakan di jalan raya.
Untuk video lebih jelasnya tentang Kampas Rem Cakram Motor Berbunyi Berisik..?? Inilah Penyebab DanSolusinya bisa dilihat di channel youtube saya
Sekian
info mengenai KampasRem Cakram Motor Berbunyi Berisik..?? Inilah Penyebab Dan Solusinya Ingat
utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother
semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika
berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah
ini ... teimakasih ...
EmoticonEmoticon