Loading...

Minggu, 17 Februari 2019

Komponen – Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum

Hallo brother Komponen – Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum  - Karburator adalah komponen vital pada  kendaraan anda. Karburator memiliki fungsi penting pada mesin. Karburator memiliki fungsi yaitu mencampur campuran bahan bakar dan udara yang di buat embun yang dimasukan ke ruang pembakaran yang melewati manifold dan katup hisab.Selain itu, karburator juga digunakan untuk mengatur RPM mesin dan menghasilkan vakum di dalam intake.
Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum


Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum. Prinsip kerja karburator adalah dengan menggunakan perbedaan tekanan udara atau vakum dalam dua ruang. Dalam hal ini, ada dua ruang inti komponen karburator yaitu ruang pelampung (float chamber) sebagai wadah bensin dan venturi sebagai tempat keluar bensin.

Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum
 
Karburator terdiri atas bagian - bagian yang masing - masing mempunyai tugas tertentu dalam rangka memenuhi fungsi yang dibebankan pada karburator. Berikut ini akan kita bicarakan satu persatu bagian tersebut beserta fungsinya, yaitu :

a.  Ruang Bahan Bakar
Semua karburator memerlukan suplai bahan bakar yang selalu stabil. penyuplaian bahan bakar (dari tangki) akan dikendalikan oleh pelampung. Pelampung berfungsi untuk mengatur/ mengontrol pergerakan jarum pelampung bedasarkan jumlah bahan bakar yang terdapat didalam ruang bahan bakar. Jarum pelampung berfungsi untuk menutup dan membuka seluran bahan bakar dari tangki. 
Bila jumlah bahan bakar di ruang bahan bakar telah mencapai ketinggian tertentu, maka jarum pelampung akan menutup saluran dan sebaliknya, bila bahan bakar telah berkurang maka pelampung akan turun dan jarum pelampung akan membuka saluran bahan bakar dari tangki.

Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum

b.  Choke valve
Choke valve berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar, terutama pada saat engine dalam keadaan dingin. Untuk menghsilkan campuran yang kaya, pada saluran masuk dipasang sebuah piringan (choke) yang dapat menutup saluran melalui saluran utama. Pada saat choke valve ditutup, kevakuman yang terjadi disaluran udara masuk akan “memaksa” bahan bakar lebih banyak keluar dari ruang bahan bakar sehingga campuran menjadi kaya.
c.  Piston Valve (Thorttle Valve).
Secar umum piston valve mengatur besar kecilnya saluran venturi, tetapi kalau kita lihat lebih jauh lagi, piston valve mengatur jumlah gas bahan bakar yang masuk kedalam silinder engine.

Dilihat dari sisi ini maka fungsi piston valve adalah:
•       merubah putaran engine.
•       Mempertahankan kecepatan engine (kendaraan) pada beban yang berbeda.
d.  Main Jet.
Main jet berfungsi untuk menyuplai kebutuhan bahan bakar yang sesuai pada semua tingkat kecepatan engine putaran tinggi. Hal ini dimungkinkan oleh perubahan posisi piston valve. Semakin tinggi posisi piston valve, maka semakin tinggi jarum skep terangkat, karena bentuk jarum yang tirus, maka semakin besar celah antara main jet dengan jarum skep, maka semakin banyak bahan bakar yang akan keluar dari ruang bahan bakar.

e.  Slow Jet.
Saluran ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar kedalam silinder engine pada saat engine dalam kondisi putaran langsam. Pada kondisi ini pison valve dalam keadaan menutup rapat.
f.   Pilot Screw.
Secrup ini berfungsi untuk mengatur jumlah aliran udara yang masuk ke ruang silinder sehingga diperoleh campuran yang tepat pada saat engine putaran langsam.
g.  Membran Vakum
Biasa disebut karet vakum berfungsi untuk menarik throtle piston atau skep sebagai ganti dari kabel gas yang biasa digunakan pada sistem karburator konvensional.
h. Pegas Throtle Piston
Pegas ini bersfungsi untuk mengembalikan skep pada posisi semula atau menutup secara perlahan.


      Kelebihan dan kekurangan Karburator SU
1.      Kelebihan
·     Kelebihannnya adalah campuran bahan bakar dan udara tidak ada yang terbuang percuma, maksudnya karburator dapat menyesuikan kebutuhan campuran bahan bakar dan udara secara tepat yang di butuhkan ruang bakar mesin. Jadi meskipun grip gas di putar habis secara cepat, skep akan bergerak bergerak naik secara bertahab sesuai dengan putaran mesin. Oleh sebab itu motor – motor yang terkenal agak boros terhadap bahan bakar di pasangi karburator Vakum.
2.        Kekurangan
·    Kekurangannya adalah Karena skep karburator naiknya secara bertahap, motor jadinya kurang responsive (agak lelet). Dari segi perawatan karburator Vakum lebih merepotkan karena ada komponen membran yang bertugas menentukan ketinggian skep, apabila membran tersebut bocor atau sobek suplai bahan bakar akan kacau. Dan jarum skep karburator vakum di paten menyatu dengan skepnya sehingga tidak bisa di naik turunkan sesuai selera kita.

E.       Jenis dan merek motor yang menggunakan karburator SU
Jenis sepeda motor yang menggunakan karburator ini biasanya adalah motor dengan mesin 4T, dan merek motor yang menggunakannya misalnya, yamaha scorpio, suzuki thunder, dan kebanyakan motor matic seperti, mio, beat, vario yang belum menggunakan sistem injeksi.


Sekian info mengenai Komponen – Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum i ingat utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua . Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... terimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon