Hallo brother Komponen – Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum - Karburator adalah komponen vital pada kendaraan anda. Karburator
memiliki fungsi penting pada mesin. Karburator memiliki fungsi yaitu
mencampur campuran bahan bakar dan udara yang di buat embun yang
dimasukan ke ruang pembakaran yang melewati manifold dan katup hisab.Selain itu, karburator juga digunakan untuk mengatur RPM mesin dan menghasilkan vakum di dalam intake.
Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum. Prinsip kerja karburator adalah dengan menggunakan perbedaan tekanan
udara atau vakum dalam dua ruang. Dalam hal ini, ada dua ruang inti
komponen karburator yaitu ruang pelampung (float chamber) sebagai wadah bensin dan venturi sebagai tempat keluar bensin.
Komponen Dan
Fungsi Dari Karburator Vacum
Karburator terdiri atas bagian -
bagian yang masing - masing mempunyai tugas tertentu dalam rangka memenuhi
fungsi yang dibebankan pada karburator. Berikut ini akan kita bicarakan satu
persatu bagian tersebut beserta fungsinya, yaitu :
a. Ruang Bahan Bakar
Semua karburator memerlukan suplai bahan bakar yang
selalu stabil. penyuplaian bahan bakar (dari tangki) akan dikendalikan oleh
pelampung. Pelampung berfungsi untuk mengatur/ mengontrol pergerakan jarum
pelampung bedasarkan jumlah bahan bakar yang terdapat didalam ruang bahan
bakar. Jarum pelampung berfungsi untuk menutup dan membuka seluran bahan bakar
dari tangki.
Bila jumlah bahan bakar di ruang bahan bakar telah mencapai
ketinggian tertentu, maka jarum pelampung akan menutup saluran dan sebaliknya,
bila bahan bakar telah berkurang maka pelampung akan turun dan jarum pelampung
akan membuka saluran bahan bakar dari tangki.
b. Choke valve
Choke valve berfungsi untuk memperkaya campuran
bahan bakar, terutama pada saat engine dalam keadaan dingin. Untuk menghsilkan
campuran yang kaya, pada saluran masuk dipasang sebuah piringan (choke) yang
dapat menutup saluran melalui saluran utama. Pada saat choke valve ditutup,
kevakuman yang terjadi disaluran udara masuk akan “memaksa” bahan bakar lebih
banyak keluar dari ruang bahan bakar sehingga campuran menjadi kaya.
c. Piston Valve (Thorttle Valve).
Secar umum piston valve mengatur besar kecilnya
saluran venturi, tetapi kalau kita lihat lebih jauh lagi, piston valve mengatur
jumlah gas bahan bakar yang masuk kedalam silinder engine.
Dilihat dari sisi ini maka fungsi piston valve
adalah:
•
merubah putaran engine.
•
Mempertahankan kecepatan engine (kendaraan) pada beban yang berbeda.
d. Main
Jet.
Main jet berfungsi untuk menyuplai kebutuhan bahan
bakar yang sesuai pada semua tingkat kecepatan engine putaran tinggi. Hal ini dimungkinkan oleh perubahan posisi piston
valve. Semakin tinggi posisi piston valve, maka semakin tinggi jarum skep
terangkat, karena bentuk jarum yang tirus, maka semakin besar celah antara main
jet dengan jarum skep, maka semakin banyak bahan bakar yang akan keluar dari
ruang bahan bakar.
e. Slow Jet.
Saluran ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar
kedalam silinder engine pada saat engine dalam kondisi putaran langsam. Pada
kondisi ini pison valve dalam keadaan menutup rapat.
f. Pilot Screw.
Secrup ini berfungsi untuk mengatur jumlah aliran
udara yang masuk ke ruang silinder sehingga diperoleh campuran yang tepat pada
saat engine putaran langsam.
g. Membran
Vakum
Biasa disebut karet vakum berfungsi untuk menarik
throtle piston atau skep sebagai ganti dari kabel gas yang biasa digunakan pada
sistem karburator konvensional.
h. Pegas
Throtle Piston
Pegas ini bersfungsi untuk mengembalikan skep pada
posisi semula atau menutup secara perlahan.
Kelebihan dan kekurangan Karburator
SU
1.
Kelebihan
· Kelebihannnya adalah campuran bahan
bakar dan udara tidak ada yang terbuang percuma, maksudnya karburator dapat
menyesuikan kebutuhan campuran bahan bakar dan udara secara tepat yang di
butuhkan ruang bakar mesin. Jadi meskipun grip gas di putar habis secara cepat,
skep akan bergerak bergerak naik secara bertahab sesuai dengan putaran mesin.
Oleh sebab itu motor – motor yang terkenal agak boros terhadap bahan bakar di
pasangi karburator Vakum.
2.
Kekurangan
· Kekurangannya adalah Karena skep
karburator naiknya secara bertahap, motor jadinya kurang responsive (agak
lelet). Dari segi perawatan karburator Vakum lebih merepotkan karena ada
komponen membran yang bertugas menentukan ketinggian skep, apabila membran
tersebut bocor atau sobek suplai bahan bakar akan kacau. Dan jarum skep
karburator vakum di paten menyatu dengan skepnya sehingga tidak bisa di naik
turunkan sesuai selera kita.
E.
Jenis dan merek motor yang
menggunakan karburator SU
Jenis sepeda motor yang
menggunakan karburator ini biasanya adalah motor dengan mesin 4T, dan merek
motor yang menggunakannya misalnya, yamaha scorpio, suzuki thunder, dan
kebanyakan motor matic seperti, mio, beat, vario yang belum menggunakan sistem
injeksi.
Sekian info mengenai Komponen – Komponen Dan Fungsi Dari Karburator Vacum i ingat
utamakan selalu keselamatan , semoga berguna bagi para brother semua .
Kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . Jika berkenan
silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah
ini ... terimakasih ...
EmoticonEmoticon