Hallo brother Cara Kerja Dari Karburator Vakum - Saat ini banyak sekali motor yang menggunakan karburator sistem vakum
 atau  bahasa bulenya (Constant Velocity atau Constan Vacuum). 
Karburator vakum banyak digunakan pada motor di Indonesia, 
misalnya pada HONDA, YAMAHA, SUZUKI, KAWASAKI.
Cara Kerja Dari Karburator Vakum. Karburator
SU atau biasa disebut juga karburator vakum merupakan karburator yang throtle
pistonya terangkat atau terbuka dengan cara tekanan negatif atau biasa disebut vakuminasi
dalam ruang vakum yang terletak di atas throtle piston atau skep.Keunggulan dari karburator vakum adalah campuran bahan 
bakar dan udara lebih tepat jika dibandingkan karburator konvensional, sehingga lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.
Cara Kerja Dari Karburator Vakum
Dalam prinsip kerja karburator SU tidak jauh
beda dengan karburator konvesional lainya, hanya saja perbedaanya terletak pada
cara kerja dalam pembukaan throtle piston atau skep nya saja. Pembukaan throtle
piston atau biasa disebut skep adalah dengan sistem vakuminasi yang terjadi
pada ruang vakum yang berada tepat diatas skep dan terhubung langsung dengan
skep tersebut. 
Cara kerja pengaturan volume bahan bakar sama halnya denga karburator 
konvensional yang diatur oleh main jet pada putaran menengah dan tinggi 
dan diatur oleh pilot jet  untuk putaran mesin rendah. Yang membedakan 
antara karburator vakum dan karburator konvensional adalah cara naik 
turunnya throttle piston atau bahasa bengkelnya Skep. Jika pada 
karburtor konvensional skep ditarik langsung oleh kabel throttle, 
sedangkan pada karburator vakum throttle piston terangkat karena ada 
tekanan negatif (Vakum) pada ruang  vakum yang posisinya ada diatas 
karburator.
Nah throttle piston inilah yang menjadi venturi pada karburator, 
jika throttle valve semakin terbuka lebar maka throttle piston akan 
semakin naik dan udara semakin banyak terhisap. Seiring meningkatnya 
volume udara yang melewati venturi karena throttle piston semakin naik, 
maka tugas dari pilot jet akan digantikan main jet. 
Pada saat udara 
melewati venturi inilah terjadi pencampuran bahan bakar dan udara 
sehingga menjadi butiran - butiran kecil seperti kabut. Proses atomisasi
 bahan bakar dan udara inilah yang selanjutnya akan mengalami proses 
pembakaran di ruang bakar mesin. 
Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja Dari Karburator Vakum bisa dilihat di channel youtube saya
Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja Dari Karburator Vakum bisa dilihat di channel youtube saya
Sekian info mengenai Cara Kerja Dari Karburator Vakum Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau
 berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan 
silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah 
ini ... teimakasih ...
 
EmoticonEmoticon