Loading...

Minggu, 17 Februari 2019

Cara Kerja Dari Karburator Vakum

Hallo brother Cara Kerja Dari Karburator Vakum - Saat ini banyak sekali motor yang menggunakan karburator sistem vakum atau  bahasa bulenya (Constant Velocity atau Constan Vacuum). Karburator vakum banyak digunakan pada motor di Indonesia, misalnya pada HONDA, YAMAHA, SUZUKI, KAWASAKI.

Cara Kerja Dari Karburator Vakum. Karburator SU atau biasa disebut juga karburator vakum merupakan karburator yang throtle pistonya terangkat atau terbuka dengan cara tekanan negatif atau biasa disebut vakuminasi dalam ruang vakum yang terletak di atas throtle piston atau skep.Keunggulan dari karburator vakum adalah campuran bahan bakar dan udara lebih tepat jika dibandingkan karburator konvensional, sehingga lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.
Cara Kerja Dari Karburator Vakum
Dalam prinsip kerja karburator SU tidak jauh beda dengan karburator konvesional lainya, hanya saja perbedaanya terletak pada cara kerja dalam pembukaan throtle piston atau skep nya saja. Pembukaan throtle piston atau biasa disebut skep adalah dengan sistem vakuminasi yang terjadi pada ruang vakum yang berada tepat diatas skep dan terhubung langsung dengan skep tersebut. 
Cara kerja pengaturan volume bahan bakar sama halnya denga karburator konvensional yang diatur oleh main jet pada putaran menengah dan tinggi dan diatur oleh pilot jet  untuk putaran mesin rendah. Yang membedakan antara karburator vakum dan karburator konvensional adalah cara naik turunnya throttle piston atau bahasa bengkelnya Skep. Jika pada karburtor konvensional skep ditarik langsung oleh kabel throttle, sedangkan pada karburator vakum throttle piston terangkat karena ada tekanan negatif (Vakum) pada ruang  vakum yang posisinya ada diatas karburator.

Cara Kerja Dari Karburator Vakum

Nah throttle piston inilah yang menjadi venturi pada karburator, jika throttle valve semakin terbuka lebar maka throttle piston akan semakin naik dan udara semakin banyak terhisap. Seiring meningkatnya volume udara yang melewati venturi karena throttle piston semakin naik, maka tugas dari pilot jet akan digantikan main jet. 

Pada saat udara melewati venturi inilah terjadi pencampuran bahan bakar dan udara sehingga menjadi butiran - butiran kecil seperti kabut. Proses atomisasi bahan bakar dan udara inilah yang selanjutnya akan mengalami proses pembakaran di ruang bakar mesin. 


Untuk video lebih jelasnya tentang Cara Kerja Dari Karburator Vakum bisa dilihat di channel youtube saya 



Sekian info mengenai Cara Kerja Dari Karburator Vakum Ingat utamakanlah selalu keselamatan, semoga berguna bagi para brother semua. kalau berguna monggo dishare kerekan - rekan sekalian . jika berkenan silahkan tinggalkan komen dan kritik yang membangun pada kolom dibawah ini ... teimakasih ...

Anda ingin tidak sekedar wacana ? Trampil dan punya ilmuterapan yang melekat ?Tidak mau seperti pepatah "ILMU TANPA AMAL SEPERTI POHON TANPA BUAH ? " Karena tidak bisa praktek yang terbimbing ? Silahkan belajar langsung agardapat ilmu dan prakteknya dan terapkan . Hubungi: Tedymotor PATI


EmoticonEmoticon